Tips Cara merekam Gitar akustik agar bagus

12:00

Hallo sahabat dan para pengunjung semua terima kasih untuk menyempatkan waktu berkunjung dan sudah mampir di blog saya ini,kembali kali ini saya akan ulas mengenai Tips dan juga tutorial yang kali ini masih berkaitan tentunnya dengan dunia audio dan seputar music,kali ini kita akan membahas  Tips Cara merekam Gitar akustik  agar bagus.

Oke para sobat apakah gitar yang anda rekam kualitas nya kurang bagus
apakah gitar akustik anda jelek ? Bukan masalah sobat !

Gitar akustik yang di rekam memang terkadang menjadi teka –teki  besar ya,karena terkadang ada yang kualitas gitar yang bisa namun hasil nya luar biasa,apa lagi kalau gitar yang kita gunakan bukanlah merk yang kualitas nya bagus yah mungkin bisa di bilang yang biasa saja, namun sebenarnya ini bukan jadi masalah yang paling penting adalah hasil akhir.
Tips Cara merekam Gitar akustik  agar bagus
Tips Cara merekam Gitar akustik  agar bagus


Dari beberapa trial dan error yang saya kerjakan atau sekedar share juga dengan kawan – kawan di beberapa Audio Recording banyak sekali teknik yang di gunakan atau cara yang di lakukan ,itu tergantung dari para Sound engeneer dari studio masing – masing, namun di sini saya akan bagi beberapa point penting yang harus anda tau untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Kenali Senjatamu.

Saya sempat menguji coba beberapa gitar yang akan di gunakan dalam sebuah projek,yang kualitas high end dan yang kualitas mid end, nah kebetulan ternyata yang kita punya mungkin tergolong kualitas mid end atau juga mungkin yang lebih rendah lagi.

Yang pasti jangan berkecil hati walau hanya punya senjata atau gitar yang kita punya berkualitas buruk,malah mungkin ini yang akan jadi tantangan kita untuk mendapatkan kualitas yang bagus karena kalau menggunakan gitar yang bagus maka kualitas pun sudah pasti bagus
Uji coba adalah merupakan suatu hal yang paling penting dalam mendapat hasil yang memuaskan ,kita akan mengetahui hal - hal kekurangan dari rekaman yang kita buat.

Saya coba menggunakan dua buah microphone Condenser yang kualitas nya lumayan lah ga buruk – buruk amat dan satu jalur langsung di direct dari output preamp gitar untuk menguji karakter sound yang di keluarkan.

Ketika saya dengar di sini ada beberapa kelemahan,yaitu tumpulnya suara senar pada senar 1,2 dan 3 karna di sini kita menggunakan senar jenis akustik yaitu nylon, dengan media penangkap sinyal suara jenis Pickup Piezo, dan hanya tersedia control  Volume 1 Knob dan tone pun sama hanya 1 knob
Sedangkan pada preamp tidak ada pasilitas equalizer tidak seperti guitar – gitar jenis sekarang yang preamp nya sudah di lengkapi Equalizer Konvensional 3 Band.

Kesimpulan Hasil Suara

Penyebab dari kurang bagusnya suara yang di dapat atau tumpul pada senar tertentu adalah

  1. Kualitas jenis kayu dari gitar yang kurang bagus
  2. Akustikal  Ruangan Yang kurang menunjang
  3. Dan bisa jadi gabungan dari kedua hal tersebut
Mengapa demikian ?
Karena kalau kita perhatikan Pickup gitar kita sudah bekerja dengan baik karena pada nada rendah sudah terdengar secara jelas dan bagus untuk focus merespon sinyal atau suara rendah,namun kita bisa dengar bahwa di nada rendah ada sedikit Noise nada atau”Presence”yang lumayan banyak.
Uji Coba dengan Pikup Aqustik.

Nah dengan hal ini kita bisa membedakan dengan uji coba yang saya bahas di atas,walau dengan setting yang sama namun hasilnya lebih bagus dan lebih normal pada telinga kita,jadi pemecahan nya kita bisa mencari ruangan yang lebih ideal atau tata akustik yang lebih baik.

Akustikal Ruangan
Pada hal ini kita kita tidak harus mempelajari teori dan fisika ruangan tapi cukuplah dengan istilah “ what you hear its what you get “Jadi intinya Fokus pada telinga anda dan hasil pendengaran anda apakah “Ambience” ruangan sudah Cukup bagus “gunakan waktu anda untuk banyak mendengar beberapa Lagu Aqustik gitar atau CD nya, ini akan melatih telingan anda agar lebih sensitive.

Oke sobat ini adalah posting saya tentang Tips Cara merekam Gitar akustik  agar bagus,yang akan saya bagi beberapa posting karena sebenarnya cukup banyak dan complex jadi tidak bisa saya jelaskan di dalam satu artikel saja,namun nanti kita sambung di pembahasan mengenai teknik miking pada rekaman akustik atau cara menempatkan mik,teknik kombinasi miking dan pickup dan juga bagaimana cara mixing yang lebih optimal di postingan selanjut nya.
Terima kasih sudah mampir dan selamat berkreasi buat sobat semua”keep happy and Cherrrz ^_^


Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »