Tips seni mixing Drum

12:28

Hallo sahabat semua salam jumpa kembali di blogkamarku,media creative tutorial yang selalu mengulas tutorial multi media,internet dan lain nya, kali ini kita akan membahas tentang dunia mixing pada pruduction audio atau pada recording musik dan kali ini kita akan membahas tentang Tips seni mixing Drum

Dalam me mixing drum memang gampang gampang susah ya, karna kadang kita selalu menemukan kekurangan kekurangan pada hasil akhir yang kita peroleh,namun ada suatu konsep sederhana buat anda para sound engeneering yang akan saya bagi, dan ini adalah hasil saya berdiskusi dengan beberapa sound engeneer yang memang sudah tidak di ragukan lagi jam terbang nya.
Tips seni mixing Drum
Tips seni mixing Drum

Konsep sederhana yang kita bahas adalah " Jika si pemain drum sudah dapat mengatur level permainan nya sendiri dengan baik , maka dengan sebuah mikrophone kita dapat menangkap sound drum nya dengan baik"



Tentang mixing drum

Banyak sekali orang beranggapan bahwa dengan sebuah peralatan yang mahal atau canggih, misalkan kita menggunakan mixer yang canggih,akan bisa membuat sound dari drum akan menjadi lebih enak,,yang pasti adalah dengan menggunakan peralatan atau mixer yang canggih akan membuat permainan atau sound yang di hasilkan enak,akan menjadi lebih enak lagi, itu adalah yang benar

Jadi permasalahan nya apa ya ?
Bisa jadi pemain nya yang enggak tau aturan atau se enak nya saja, atau mungkin tune drum yang belum maximal dan bisa jadi drum anda sudah rusak dan lain lain.
Konsep sederhana yang bisa anda lakukan adalah coba posisikan semua chanel pada mixer anda pada posisi plat,jangan melakukan pewarnaan dulu,silahkan anda dengarkan hasil nya dari monitor,apakah suara yang di hasilkan bagus atau tidak,apa bila ada yang kurang bisa jadi drum anda yang punya masalah seperti kulit snar baru atau tune kurang enak,pada tahap ini di uji coba dengan hasil suara sampi maximal.

Coba Dengarkan Referensi Sound Drum Lewat CD atau Lain nya

Banyak sekali contoh suara drum yang sudah jadi yang beredar pada saat ini,ini jadi sangat memudahkan utuk anda mencari referensi yang akan kita gunakan,bisa sebuah loop atau mungkin drum kit yang akan kita coba clone hasil suaranya.
Sesuaikan referensi anda pada Band atau genre yang akan main atau take record anda, semisal kalau aliran nya rock,coba cari referensi sound dari group band rock,dan begitu juga dengan genre yang lain nya.

Catatan Buat anda yang menangani live Band
Buatlah Catatan kecil setingan - setingan yang sudah anda buat pada sebuah buku atau kertas ,sesuaikan dengan genre lagu yang sudah kita setting sebelum nya, ini sangat berguna kalau di saat itu ada beberapa aliran band yang akan tampil.

Sound Chek Drum

Langkah awal adalah bagaiman kita menempatkan drum di posisi yang baik,artinya si pemain drum dapat berkomunikasi dengan mudah dengan pemain lain nya yang ada di panggung,dan yang paling penting dalam penempatan posisi drum adalah penempatan nya harus bisa di lihat oleh para penonton
Biasa nya di gunakan alas drum yang di gunakan untuk menahan drum agar tidak mudah bergeser atau juga bantalan drum supaya terlihat lebih tinggi karena di tempatkan agak ke belakang.

Namun hal ini adalah sebagai tindakan pencegahan juga untuk meredam suara bass drum agar tidak merambat pada peralatan musik lain nya agar tidak mengganggu satu sama lain yang di akibatkan rambatan suara melalui lantai.

ada juga yang memasang penyekat yang tembus pandang pada sebuah panggung kecil agar tidak ada harmonik suara yang saling mengganggu satu sama lain nya,

Setelah posisi drum aman maka tuninglah dengan baik,dan tempatkan mikrophone di tempat yang paling efektif untuk semua komponen drum anda,posisikan seluruh chanel drum di headrom dan equalizer per chanel dalam ke adaan off.

Mixing lah melalui FOH, lho kenapa mesti Foh dulu, karena kita menghadirkan buat penonton dulu toh dia yang membayar,baru kemudian kalo sudah enak buat penonton,maka kita seting pada monitor para pemain, namun kondisi ini bisa di balik juga tergantung anda akan menerapkan yang mana.

dengarkan dan lakukan pengaturan pada setiap instrument drum seperti hi-hat Cymbal Floor dan bass terdengar baik, lalu lakukan balancing dengan pengaturan di PAN-POT Pada mixer anda dan silahkan anda bisa Coloring pada beberapa instrument yang kurang, seperti penambahan EQ dan lain nya.


Semakin banyak anda berlatih maka anda akan semakin mahir dan memahami karakter - karakter setingan dari setiap Drumer band atau genre - genre musik yang anda tangani,maka anda akan menjadi Sound man yang profesional dan makin banyak di cari oleh orang - orang yang membutuhkan jasa anda.

oke sobat terima kasih sudah mampir dan membaca postingan saya kali ini, selamat berlatih buat sahabat semua dan terima kasih "keep Happy and always smile " Cheeeeerz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »