Tutorial FL Studio – Membuat Patern loop

10:55

Hallo sahabat dan sobat blogkamarku.com salam jumpa dan selamat buat para pengunjung semua semoga hari anda selalu baik dan bahagia selalu, oke sahabat semua melanjutkan tutorial mengenai Aplikasi pembuat music atau software DAW yang sudah banyak sekali di kenal oleh kalangan para pembuat music yaitu Frutyloop studio, dan kali ini kita akan membahas tentang  Tutorial FL Studio – Membuat Patern loop.


Nah para sobat yang pernah membaca artikel postingan sebelumnya tentang mengenal interface pada frutyloop studio pasti nya sudah tahu fungsi dan kegunaan nya,nah melanjutkan tutorial dalam menggunakan Frutyloop ini , mungkin ini adalah sebagai pembelajaran dasar atau basick bukan untuk yang sudah mahir dalam menggunakan frutyloop studio, jadi buat anda yang baru belajar Fl studio mudah – mudahan bisa membantu dengan ulasan pada artikel ini.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop

Pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas bagaimana membuat sebuah pola atau patern loop di frutyloop, Sebuah loop bisa di bilang adalah sebuah pondasi dasar dari sebuah lagu, bisa jadi ketika anda membuat sebuah lagu anda bisa menemukan ide dari sebuah loop drum yang anda buat, apakah akan membuat sebuah lagu ber genre, House Musik, Trance, atau juga musik - musik Dj.

Kebanyakan para pengguna Frutyloop ini biasanya menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membuat lagu - lagu dj atau yang bergenre house dan Membuat ESM ( Elektronik Dance Musik ) Namun sebenarnya kita bisa membuat musik yang ber genre apa saja untuk kepentingan Pembuatan musik yang akan anda Buat.
Namun buat para sobat semua yang belum mengetahui apa saja sih yang harus kita ketahui di frutyloop ini jangan lupa



Baca :TUTORIAL FL STUDIO – MENGENAL INTERFACE FRUTY LOOP STUDIO

Oke sobat semua melanjutkan pembahasan kita tentang Cara Membuat Patern loop kita langsung saja pada prakteknya yu kita simak.

Pertama buka Frutyloop sobat, silahkan mau versi berapa saja tidak jadi masalah langkah nya sama saja seperti pada gambar berikut ini.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop

Pada tampilan Default dari Fl Studio ini kita lihat bahwa kita di sediakan yaitu empat cahanel yaitu 
  1. Kick
  2. Clap
  3. Hat
  4. Snare
Selanjutnya adalah kita membuat patern yang akan kita buat dengan cara pertama kita buat dulu nama Patern nya seperti pada gambar, lalu kita tambahkan chanel instrument dengan cara menambah atau juga mereplace yang sudah ada pada fl studio ini.
Bagi sobat yang belum kenal dengan Aplikasi ini

Baca :TUTORIAL FL STUDIO – MENGENAL FROTY LOOP STUDIO


Pertama baut nama File Patern dengan cara Pilih First Empty dan kasih nama sesuai ke inginan sobat lalu simpan dengan cara pijit tombol Enter pada keyboard.
Untuk menambahkan instrument kita tinggal pilih pack yang di sediakan secara default seperti pada gambar dan klik kanan dan pilih Open in a New Chanel.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop

Untuk cara mereplace atau mengganti instrument yang sudah ada, caranya adalah klik aktivkan dulu chanel yang mau di ganti suaranya atau instrument nya, lalu pilih bank Pack instrumentnya lalu klik kanan pada suara yang di pilih lalu klik send to selected Chanel.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop


Nah selanjutnya Tutorial FL Studio ini adalah membuat merangkai sebuah loop dengan cara tentukan dulu pada tempo yang akan di buat, lalu aktivkan menu metronome.
Lalu buatlah tanda pada track per chanel instrument, biasanya adalah berjarak 4 - 2 - 1 dan lain nya tergantung kebutuhan dan loop yang akan di buat, sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop

Nah kalau di rasa sudah cukup enak atau sudah pas loop buatan , kita tinggal save saja pada komputer kita , caranya adalah dengan meng export file tadi menjadi sebuah file loop yang bisa kita pakai pada projeck berikutnya, anda bisa melakukan export file dengan beberapa jenis audio yang tersedia seperti Wav - mp3 - ogg Vorbis terserah mau pilih yang mana, dan silahkan save, maka loop yang tadi kita bikin akan di rendering menjadi sebuah file audio loop.
Kalau anda kesulitan silahkan lihat pada gambar di bawah ini.
Membuat Patern loop
Membuat Patern loop

Oke sahabat coba kita load pada projek yang barusan kita buat loop nya apakah sudah ada atau bisa kita bisa masukan pada projek
Silahkan anda ikuti caranya seperti pada gambar di bawah.

Oke sahabat dan sobat semoga artikel ini bisa membantu sahabat semua dan semoga bermanfaat buat anda semua, silahkan tinggalkan komentar anda atau anda bagikan artikel ini siapa tau teman anda lebih membutuhkan nya, selamat berkreasi dan tetap Happy and always smile Cherrrz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »