Tutorial Musik - Apa itu Midi File

13:35

Hallo sahabat dan sobat blog kamarku,creative media tutorial, salam jumpa dan selamat datang di blog ini yang tentunya selalu mengulas berbagai macam jenis tutorial yang akan saya bagikan untuk para pengunjung, dan pada kesempatan perjumpaan kita kali ini saya akan mengangkat artikel tentang Tutorial Musik - Apa itu Midi File
anda juga bisa melihat penjelasan nya lewat video yang sudah saya bikin pada chanel youtube saya berikut ini :



Ya.. sobat mungkin bagi anda yang sudah tidak asing dan selalu berkutat di bidang pembuatan musik atau para Komposer Midi file sudah tidak asing dan sudah tau betul ke gunaannya, namun disini saya akan berbagi buat sahabat yang belum mengetahui dan masih awam dengan istilah Format Midi dan file midi itu sendiri apa sih ?

Tutorial Musik - Apa itu Midi File
Tutorial Musik - Apa itu Midi File
Jadi yu kita sama - sama belajar dan memahami tentang midi ini.
Pasti ketika sobat mencari di pencarian google dengan kata pencarian Apa itu Midi File maka sobat akan banyak sekali menemukan banyak sekali penjelasan tentang midi.
Namun tidak ada salah nya hal itu juga kita bahas di posting ini karena di blog ini lebih banyak membahas tentang musik dan sebagai pelengkap dan pemahaman lebih untuk kita tau.

Baca Juga :

Cara Membuat automation Volume Pada Track instrument fl Studio




File Midi merupakan Format file yang berbentuk sangat kecil kalau kita bandingkan dengan format lain nya seperti format audio Wav - Mp3 - Ogg-Aiff dan lain nya, Format file midi ini biasanya berupa sebuah musik, karena file midi tidak dapat di gabung dengan format file audio pada umumnya

Pasti sobat sering mendengar istilah Midi ini dari dulu sampai sekarang masih sering kita dengar,
MIDI ini adalah Musical Instrument Digital Iterface, yaitu suatu perangkat musik instrument yang berbentuk digital, contoh file midi anda bisa lihat di bawah ini yang saya buka dengan aplikasi DOP.

Midi ini sudah lama di temukan dan di kembangkan sampai dengan sekarang, pada awal nya sekitar tahun 1980 an, dan midi ini merupakan koneksi antar perangkat untuk bisa berkomunikasi satu sama lain, untuk salaing menerima pesan dan perintah secara bersamaan.

Pada jaman sekarang Midi file ini menjadi standard file mentah yang banyak digunakan di dunia , karena dengan file midi ini kita di mudahkan untuk membuat suatu komposisi musik dan mengeditnya kembali, serta bisa langsung kita mainkan.

Orang yang sangat berjasa dalam perjalanan midi ini adalah Dave smith dari sequential circuit inc. yang di akui sebagi bapak Midi, Standard file midi adalah GM midi atau General midi, pada saat sekarang ini semua perangkat sudah di suport, seperti pada PC,Laptop,tablet dan lain - lain sudah bisa memainkan file midi tersebut.
Tutorial Musik - Apa itu Midi File
Tutorial Musik - Apa itu Midi File


Mengetahui GM Standard Midi #

Oke kita lanjut sobat di Pengenalan Apa itu Midi File
GM Standard atau general midi yang umum di gunakan adalah memiliki 16 track atau chanel dan jumlah instrument yang di suport samapai dengan 128 jenis alat musik yang bisa kita pilih
Namun pada perkembangan pada jaman sekarang denga revolusi teknologi banyak sekali pengembangan nya, misalkan denganadanya GM2 atau general midi 2 yang mendukung lebih dari 16 chanel yang bisa di mainkan.

Kelebihan dari file midi

  • File sangat kecil
  • Bisa melakukan modifikasi instrument 
  • Bisa melakukan modifikasi komposisi
  • Bisa melakukan beberapa parameter seperti Picth, bending dll
  • Bisa menambahkan effect langsung seperti reverb dan lainnya
  • Bisa menaik turunkan nada secara Cepat atau Transpose
  • Bisa di Costume denga Virtual Instrument
  • dan lain nya
Pada perkembangan file midi jaman sekarang ini, dalam dunia pembuatan musik memang sangat di butuhkan, pada beberapa waktu ke belakang midi biasanya di gunakan pada keyboard atau organ untuk mengiringi penyanyi atau vocal, namun pada saat ini hampir semua DAW menggunakan File Yang berbasis Midi ini, untuk interface nya, seperti pada Frutyloop studio - Nuendo - Presonuse  - Cubase - Reason - ableton dan lain nya.

Dengan Dukungan Virtual Instrument yang makin canggih dan makin mendekati suara real dari setiap instrument yang ada di muka bumi, maka penerapan file midi ini sangat di butuhkan sekali dalam berkreativitas pembuatan sebuah lagu.

Nah pada posting Tutorial Musik - Apa itu Midi File ini mungkin itu pemaparan sedikit saja tentang pengenalan kita tentang apa itu midi file, smoga pada postingan lain nya kita akan lanjutkan pembahasan - pembahasan masih seputar lingkup dalam dunia pembuatan musik.

Oke sobat terimakasih sudah mampir dan membaca artikel ini semoga bermanfaat buat sobat semua dan selamat berkreasi Keeep happy and Cheeerz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »