Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio

13:54
Hallo sahabat dan sobat semua , salam jumpa dan mudah – mudahan kabar anda semua selalu dalam ke adaan sehat dan semangat selalu, oke para sobat melanjutkan tutorial kita di frutyloop studio maka sesudah kita mengenal apa saja yang terdapat pada frutyloop studio, kali ini kita akan mencoba belajar membuat sebuah komposisi music atau membuat sebuah lagu.


Yang pertma harus kita siapkan dalam langkah Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio adalah dengan mengetahui apa saja yang kita perlukan, namun pada tutorial ini saya tujukan untuk anda tingkat pemula seperti saya yang baru mengenal frutyloop bukan untuk tingkat menengah ataupun sudah mahir, karena anda pasti sudah hapal betul cara menggunakan nya.


Oke langkah yang kita perlukan dalam membangun sebuah lagu yaitu terdiri dari struktur tubuhnya dulu yangterdiri dari :

  1. DRUM
  2. BASS
  3. RHYTHM / PAD
  4. LEAD

Nah struktur dasar atau bagan bagaian dari tubuh sebuah lagu pada dasarnya adalah ke empat bagain tersebut , jadi dalam membuat sebuah lagu komposisi yang sederhana kita memerlukan empat instrument tersebut jadi langkah kita adalah dengan menyiapkan apa yang kita butuhkan.
Pertama yang kita siapkan yaitu instrument Drum.

Buka frutyloop sobat dan saya tekan kan boleh versi berapa saja yang sobat punya karena dasarnya adalah sama saja tidak terlalu jauh berbeda dengan versi – versi yang terbaru.
Pada tampilan ini kita di sediakan secara default ada beberapa chanel yang tersedia ,apakah kita akan merubah ataupun menggunakan instrument yang sudah di sediakan.

Oke kita pakai saja yang sudah di sediakan secara default ,dan  jangan lupa sebelum kita  lanjut jangan pernah lupa untuk menentukan dulu tempo yang akan kita pakai sesuai dengan jenis music yang akan di buat.

Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio
Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio
Langkah selanjutnya adalah dengan memberi atau rename nama pada setiap track instrument pada patern yang akan di buat agar mudah dalam langkah selanjutnya,lalu kita bisa mengganti sample pack yang kita inginkan sesuai kebutuhan.

Cara mengganti sample pack adalah dengan menambahkan atau juga mereplace yang sudah ada dengan cara drag and drop 
Kalau di rasa sudah cukup maka langkah selanjutnya adalah membuat sebuah patern atau komposisi dari drum ini, dengan cara memilih atau membuat pola dalam satu bar ketukan yang di bikin 
Jangan lupa atur gain atau volume kekerasan dari masing – masing track instrument drum tersebut agar tidak tumpang tindih dan lebih enak di dengar.

Kalau langkah ini sudah kita buat, maka kita melangkah ke tahap selanjutnya yaitu membuat sebuah instrument untuk bagian BASS.

Caranya adalah membuat satu track instrument baru dan rename dengan nama patern bass 1 dan anda bisa menambahkan custom warna agar lebih terlihat cantik dan mempermudah dalam pengeditan,anda bisa menggunakan virtual instrument yang tersedia secara default untuk tahap pembelajaran ini yaitu dengan menggunakan virtual instrument boobass yang ada pada fl studio ini, namun anda juga bisa menggunakan vst bass lain nya yang anda punya.


Atur dulu bagaian equalizer nya agar suara yang di hasilkan lebih bagus,kalau sudah kita akan membuat sebuah komposisi bass ini pada bagaian piano roll, caranya klik kanan pada instrument tersebut dan pilih piano roll.

Kalau sudah maka kita buat komposisi pola not bass ini sesuai yang aka nada buat dan tentunya membuat nada dasar dulu seperti dari chord C-G-E atau lain nya terserah anda, dan tulis dengan pentool untuk membuat not, apa bila anda tidak mempunyai midi kontroler dengan cara manual.
Namun kalau anda menggunakan midi kontroler anda tinggal merekam saja pola bass yang di buat dalam satu bar atau lebih terserah yang anda inginkan 

Kalau sudah cukup kita buat Pola nada bass nya, jangan lupa atur velocity nya atau kekerasan dan hentakan nada – nada bass tersebut agar terkesan lebih hidup dan tidak kaku

Silahkan anda dengarkan kembali hasil pembuatan pola bass apakah sudah cukup enak atau ada yang meski di koreksi lagi,padukan dengan suara atau pola drum yang tadi sudah kita buat apakah sudah enak di dengar atau  belum ,kalau sudah maka kita akan melangkah pada pada tahap selanjut nya di pembahasan kita mengenai Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio ini.

Langkah selanjut nya adalah kita akan menambahkan instrument RHYTHM atau pengiring dalam lagu sederhana yang kita buat di fl studio ini,dan langkah dalam menambahkan instrument ke dalam chanel track adalah sama saja seperti di atas yang kita lakukan dalam membuat pola atau patern bass,anda bisa coba dengan menambahkan sebuah Vst acoustic guitar atau juga sebuah piano.


Pada tutorial ini saya akan menambahkan sebuah Vst Piano atau oragan yang tersedia secara default pada fl studio ini agar lebih memudahkan,namun anda bisa berkreasi sendiri sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat pola chord pada bagain piano roll seperti tadi di atas,dan anda tambahkan chord sesuai dengan nada yang tadi anda bikin pada pola bass dan kita bikin sesuai dengan kebutuhan berapa bar yang kita perlukan.

Silahkan anda beri colour atau warna sesuai dengan masing masing instrument pada track agar lebih mudah dan tidak tertukar satu sama lainnya, kalau di rasa cukup, maka langkah selanjutnya adalah membuat pola lead, Caranya sepertinya tidak usaha saya ulang lagi karena sudah cukup jelas saya terangkan di atas bagaimana cara menambah sebuah instrument,anda bisa menambahkan instrument seperti lead guitar atau synth ,string dll, pada kali ini saya akan memasukan sebuah lead instrument default dari fl studio ini.


Bikin pola pada bagian piano roll dan buat sebuah komposisi not melodi atau lead, melodi atau not pemanis ini adalah sebuah pola yang mempertegas suatu komposisi, jadi anda tinggal mencari dan membuat melodi sebagus dan seindah mungkin karena kalau di ibaratkan lead ini adalah sebuah penyanyi dalam sebuah pertunjukan music,maka kita harus bagus dalam membuatnya dan akan membikin music yang kita buat jadi lebih hidup.

Selanjutnya adalah dengan menggabungkan semua elemt yang kita buat tadi, pertama dari loop atau patern drum,bass,rhythm,dan lead yang terakhir kita buat,dengarkan baik – baik apakah sudah merasa cukup atau belum, kalau belum silahkan lakukan pengeditan pada bagian instrument tersebut.

Kalau di rasa sudah cukup , maka langkah kita dalam Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio ini,bisa dikatakan sukses membuat sebuah lagu sederhana dan pembelajaran dalam tahap awal,dan pada dasarnya sebuah lagu itu tidak jauh berbeda yang pasti terdiri dari beberapa unsur bagian tubuh yang saya sebutkan tadi,adapun pelengkap dan beberapa instrument lain nya adalah sebagai pemanis, jadi kalau anda sudah paham dalam membuat sebuah lagu yang sederhana ini, maka bukan tidak mungkin anda akan menjadi seorang pembikin music yang handal.

Banyak berlatih akan membuat anda makin terbiasa dan mengasah kemampuan anda dalam membuat music,jadi teruslah berekperiment dan jangan cepat puas dengan yang sudah anda buat karena sesungguhnya masih banyak sekali hal – hal baru yang perlu kita pelajari.
Untuk mengetahui menu dan fungsinya silahkan anda simak video nya berikut ini



Oke sobat semoga artikel atau postingan kali ini tentang Cara membuat untuk lagu pemula di frutyloop studio ini bisa bermanfaat buat para sobat yang ingin mencoba atau belajar cara membuat lagu sederhana di aplikasi pembuat lagu Frutyloop studio,selamat mencoba dan silahkan anda bagikan artikel ini untuk sahabat dan teman anda siapa tau mereka lebih membutuhkan nya dari pada anda.

Mohon maaf apabila ada banyak sekali kekurangannya dalam postingan kali ini ,saya hanya seorang newbie yang ingin berbagi untuk sesame, kiranya bisa menambahkan apabila anda berkenan,dan silahkan berkomentar untuk menjalin tali silaturahmi, tetap Craeative dan tetap Happy Cheerzz ^_^



Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »