mengetahui apa itu tone Control pada rangkaian elektronik

14:24
Hallo sahabat dan sobat blogkamarku , salam jumpa kembali dan selamat datang buat para pengunjung semua di blogkamarku.com. semoga anda semua dalam ke adaan sehat dan bahagia selalu, oke sobat pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share pada sobat semua tentang suatu pembahasan yang mungkin bagi sobat yang bergelut dalam bidang dunia elektronik sudah tidak asing dan familiar dengan sebutan tone control itu, namun di sini kita akan coba membahasnya agar kita lebih memahami fungsi rangkaian yang satu ini.

Biasanya dalam sebuah rangkaian yang komplex seperti pada amplifire atau pada rangkaian audio apa pun itu seperti pada sebuah pesawat penerima radio atau pesawat televisi pasti terdapat sebuah rangkaian tone kontrol ini, atau bisa kita artikan sebagai pengatur nada,pada sinyal suara yang di keluarkan pada peralatan elektronik.

mengetahui apa itu tone Control pada rangkaian elektronik
mengetahui apa itu tone Control pada rangkaian elektronik


untuk itu coba kita cari tahu dan coba mengetahui apa itu tone Control pada rangkaian elektronik ini,rangkaian tone kontrol atau pengatur nada ini dalah sebuah rangkaian aktive yang bertugas untuk mengatur nada - nada yang nantinya di keluarkan pada sinyal speaker dan kita akan mendengar hasil akhirnya.

Tone kontrol ini biasanya terdiri dari beberapa rangkayan seperti Low pass filter, High pass filter dan juga band pass filter yang pada akhirnya akan di umpankan pada sebuah penguat akhir atau sering di sebut amplifire dan menuju speaker.

Jadi pada dasar nya susunannya dalah seperti ini

1.Sinyal input
Sinyal input ini adalah sebuah sinyal yang di peroleh dari sumber suara, seperti yang umum kita jumpai bisa berasal dari Tape,VCD,DVD MP3 Player radio dan lain nya.

2.Pre amp

Bagian pre amp ini adalah sebuah proses penguatan awal dari sumber suara atau signal suara yang mungkin sangat kecil sekali,dan pada bagian ini akan lebih di kuatkan untuk mendapatkan suara yang lebih baik atau signal yang lebih besar.

3.Filter atau Tone Control

Pada bagian ini maka sinyal suara yang berasal dari preamp akan di filter dan akan di olah sesuai dengan kebutuhan dari pengguna, yang tentu tugas nya adalah menyortir signal seperti lowpas filter ,high pass filter atau yang umum kita sering lihat pada beberapa rangkaian modul elektronik pada pengaturan nada BASS - MIDLE - HIGH  pada sebuah amplifire

4.Penguat Daya atau Power amplifire

ini adalah sebuah rangkaian final atau yang terakhir dalam sebauh perangkat audio agar sinyal suara bisa kita dengarkan dengan baik,atau banyak orang yang menyebutnya dengan power apmlifire, dan tentunya besaran dari sebuah sinyal audio akan di tingkatkan menjadi ber kali lipat sesuai dengan kebutuhan dari berapa besar daya yang kita butuhkan.

Pada sebuah rangkayan tone control ini ada beberapa macam, diantaranya ada yang di bangun oleh sebuah Ic atau Op amp dan ada pula yang di bangun oleh beberapa rangkaian transistor.

namun ada pula sebuah tone control ini terdiri dari beberapa resistor saja dan kapasitor dan biasanya ini di terapkan pada sebuah tone control pasive yang biasanya kita jumpai pada beberapa rangkaian pada masa lalu.

tone control ini pada penerapan nya mungkin kalau kita perhatikan memang tidak jauh berbeda atau hampir sama cara kerjanya dengan beberapa rangkaian seperti parametik equalizer karna fungsi nya hampir sama dan perbedaan nya mungkin kalau pada equalizer biasanya di bagi bagi lagi dengan kebutuhan frekwensi yang di butuhkan.

Penerapan tone control ini sangat banyak kita jumpai pada rangkaian audio pada masakini baik berbentuk digital ataupu versi analog.

Oke sahabat itulah mungkin sedikit ulasan tentang mengetahui apa itu tone Control pada rangkaian elektronik yang mudah - mudahan banyak membantu bagi sahabat yang belum mengetahui apa fungsi dan penempatan nya, selamat mencoba membangun sebuah tone control dan semoga berhasil dan tetap semangat and Cheeeerz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »