Pemancar fm PCB Tuner Rajawali

14:18
Hallo sahabatdan sobat semua salam jumpa kembali dan selamat datang di blogkamarku, blog yang menyajikan berbagai macam tutorial , namun kali ini saya tidak akan membahas berbagai tutorial penggunaan aplikasi atau software, namun kita akan belajar membuat sebuah Pemancar radio yang beroprasi pada jalur frekwensi modulation atau FM yang biasa nya ber oprasi di area frekwensi 88 - 108 MHz .

Pada projek kali ini kita akan memanfaatkan sebuah tuner yang biasanya banyak sekali di jual di pasaran,dn biasanya di gunakan untuk sistem penerima radio,yup tuner memang berfungsi sebagai oscilator frekwensi buat jalur fm baik itu untuk sistem penerimaan atau juga untuk sistem pancaran.

Kali ini kita akan coba membuat Pemancar fm PCB Tuner Rajawali, yang mungkin sempat pada beberapa masa jaman 90 atau 80an ngetrend di kalangan masyarakat untuk sarana berkomunukasi antara sesama atau ajang bersosialisasi antara breaker satu daerah dan lain nya.
Ini adalah lay out nya.
Pemancar fm PCB Tuner Rajawali
Pemancar fm PCB Tuner Rajawali

Untuk meredam kerinduan dan juga memanfaatkan tersisanya beberapa bekas tuner penerima radio yang ada di laci meja kerja saya ,akhirnya saya berkeinginan untuk meredesain dari pemancar rajawali ini,dan saya gambar ulang agar memudahkan dalam pembuatan nya,dan juga sebagai media penyimpanan file yang sewaktu - waktu bisa saja saya perlukan dan maka dari itu saya coba dokumentasikan dalam blog ini.



Dengan berbekal beberapa komponen yang sekarang sebenarnya masih gampang kita jumpai di pasaran dan bisa saja kita memanfaatkan tuner - tuner bekas radio penerima yang tidak terpakai,dan pembuatan nya cukup simple dan menggunakan 3 buah transistor saja dan menggunakan transitor final C2053 Sebagai penguat akhirnya.
Layout lain nya.
Pemancar fm PCB Tuner Rajawali
Pemancar fm PCB Tuner Rajawali

Untuk jangkauan daya pancar sebenarnya lumayanlah untuk beberapa ratus meter radius yang ter Covernya namun apabila ingin meningkatkan daya pancar sampai beberapa watt dan menjangkau beberapa kilo , sahabat bisa menambahkan sebuah Booster Pada akhir Pemancar ini sebagai pendorong.

Kita memanfaatkan Oscilator pada tuner ini sebagai oscilator untuk pemancar, dan kalau kita lihat dari hasil uji coba memang dengan menggunakan sebuah tuner sebagai oscilator pemancar Frekwensi lebih stabil di bandingkan dengan menggunakan oscilator koker, dan lebih memudahkan kita dalam tune frekwensi yang kita pilih sebagai frekwensi pancaran radio yang kita bikin.

Perhatikan pinout dari tuner yang kita gunakan , dan kalau bisa pilih beberapa tuner yang memiliki kualitas bagus atau yang mempunyai tampilan dengan warna kuning, atau kalau tidak ada boleh menggunakan yang putih juga ga apa - apa namun beberapa kualitas nya kurang bagus.

Jangan terburu - buru dalam membangun  Pemancar fm PCB Tuner Rajawali ini , kalau bisa cek secara bertahap dari mulai rangkaian oscilator nya apakah sudah bekerja, terus lanjut pada rangkayan buffer dan lain nya sampai pada rangkayan final C20153 ,Gunakan Dumy load atau juga wat meter untuk mengetahui daya pancar yang maximal,sedangkan untuk daya pantul dan hasil maksimal gunakan SWR Meter untuk setingan yang baik.

Untuk hasil suara stereo anda bisa menggunakan enkoder dulu sebelum masuk pada bagian oscilatornya,anda bisa cari di blog ini untuk rangkayan enkodernya,karena pada rangkaian ini belum di lengkapi dengan enkoder, atau bisa juga di gunakan dengan mode mono untuk sekedar uji coba, anda bisa coba masukan sinyal audio input dari beberapa sinyal suara seperti Tape atau VCD mungkin juga Komputer.

Nah sobat selamat berkreasi dan semoga bisa bermanfaat layout pcb nya, bagi anda yang ingin mencoba membuat pemancar radio yang cukup simple ini , dan silahkan bagikan buat kawan anda siapa tau lebih membutuhkan nya di bandingkan dengan anda, selamat mencoba dan keep Creative and Happy........^_^



Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »