Pemancar radio fm PCB dan layout nya

20:54
Hallo sahabat dan sobat para pengunjung yang sudah mampir di blog kamarku ini dan salam sejahtera buat anda dan semoga sehat selalu dan tentunya dengan kabar yang selalu baik,oke sahabat dan sobat kali ini kembali saya ingin bernostalgia dan juga berbagi buat sobat semua tentang sebuah rangkayan yang lumayan cukup lama beredar di kalangan para hobiest elektro,mungkin pada era 90an banyak sekali kita jumpai di kalangan masyarakat.


Sahabat mungkin sudah tau apa dari fungsi pemancar itu,yaitu untuk memancarkan sebuah sinyal frekwensi agar lebih jauh kita dengar,oleh karena itu saya bagikan sebuah desain Pemancar radio fm PCB dan layout nya dari beberapa produsen yang pada tahun - tahun kebelakang populer dan pcb nya kita akan sangat mudah jumpai pada toko elektronik yang menjual alat - alat elektro di daerah anda.

Namun sebelum kita ulas lebih jauh kita kupas sedikit tentang apa sih jalur frekwensi fm yang akan kita gunakan mengudara dengan pemancar yang akan kita buat ini.
Pemancar radio fm PCB dan layout nya
Pemancar radio fm PCB dan layout nya



Frekwensi Radio FM

FM atau sering juga di sebut frekwensi modulatio,adalah sebuah sinyal frekwensi yang masuk pada jalur frekwensi FHV ( atau very high Frekwensi ) yang pada khalayak yang umum kita lihat pada radio penerima yang bredar di pasaran adalah berkisar diantara frekwensi 88 - 108 MHz jadi rentang frekwensi yang dapat di terima oleh penerima radio itu pada kisaran 88 Mega hertz sampai 108 Megahertz, namun sebenarnya masih bisa kita turunkan dengan cara mentuning radio tersebut apabila untuk keperluan alat komunikasi pada frekwensi di bawah 88Mhz.

Dengan mentuning sebuah radio untuk penerima di jalur fm ini adalah supaya kita bisa menghindari dari kepadatan frekwensi dari station radio yang memang sangat penuh pada area di sekitar 88 sampai 108 ini.

Kelebihan dari frekwensi fm ini adalah dengan lebar pita frekwensi yang lebar, dan juga fied yang tinggi sehingga frekwensi fm ini sangat kebal terhadap gangguan cuaca seperti hujan dan gangguan pada udara,karena nya berbeda dengan frekwensi yang di gunakan di AM,MW,atau SW.

Kelebihan lain nya yang di punyai pada frekwensi ini adalah kualitas audio yang di pancarkan atau di hasilkan juga sangat bagus ,mungkin bisa setarap dengan kualitas CD Audio,dan kita bisa memancarkan sebuah sinyal audio berbentuk stereo dengan kualitas yang cukup bagus.

Nah bagaimana sobat apakah anda cukup tertarik membuat sebuah pemancar yang cukup praktis dan tidak terlalu banyak menggunakan komponen,saran saya coba kita membuat sebuah Pemancar radio fm PCB dan layout nya pada pembahasan ini,selain komponen yang tentunya masih mudah kita peroleh di pasaran.

Mungkin beberapa toko komponen atau elektro di kota anda juga masih menyediakan dan jual Pcb nya, namun belakangan ini sangat sulit saya jumpai,oleh karena itu di blog ini saya akan mengulas beberapa PCB yang berada di koleksi saya yang mungkin sudah termasuk jadul dan jarang di temui, saya akan redisain dan akan bagikan buat sobat semua.

Pemancar radio fm Ronica dan Saturn

Nah sobat silahkan lihat, atau bisa simpan desain layout yang saya redisain dari produk saturn dan juga di sertai layout nya juga nilai komponen yang tertera,jadi lebih memudahkan para sobat semua dalam pembuatannya, jadi walau tanpa skema pun tidak akan kesulitan tinggal mengikutinya saja,mungkin di postingan yang lain saya akan lengkapi skema nya.
Silahkan lihat penampakan nya.

Pemancar radio fm PCB dan layout nya
Pemancar radio fm PCB d
Dan ini adalah gambar untuk memperjelas layout nya.
Pemancar radio fm PCB dan layout nya
Pemancar radio fm PCB 
Nah pada pemancar yang kita buat ini sebenarnya sudah lumayan cukup untuk menjakau antar kampung,dan di gunakan sebagai statiun radio fm lokal atau komunitas jarak dekat,namun kalau ingin daya jangkau yang lebih jauh lagi kita bisa menambahkan dengan booster yang dapat mendorong output power yang lebih besar seperti dengan menggunakan 1970 atau 1971, dan nanti kita bahas di postingan yang lain tentang boster fm ini.

Gunakan catu daya 5 ampere yang teregulasi dengan baik,dan silahkan masukan sinyal audio pada jalur input, bisa sumbernya seperti VCD,MP3 Player tape atau Komputer dan laptop anda,pada sinyal masukan,dan hubungkan jalur antena ke antena dengan menggunakan kable RG 58 juga bisa dan pasang ke antena yang anda punya.

PCB ini tanpa enkoder jadi hanya sebuah Oscilator saja dan Juga Buffer yang menggunakan Transistor C930 jadi hasil suara yang di hasilkan masih mode mono.

Kekurangan :

Frekwensi yang cukup mudah bergeser dengan pengaruh suhu,jadi harus banyak setel ulang atau trim,dan daya yang di hasilkan tidak terlalu besar

Namun lepas dari kekurangan rangkaian ini cukup mengasikan lho buat kita belajar membuat sebuah radio pemancar dan buat hiburan di lingkungan kita,jangan lupa beri pendingin juga pada transitor kalau terlalu panas.

Oke sobat selamat ber Creativitas dan terima kasih sudah mampir, silahkan bagikan artikel Pemancar radio fm PCB dan layout nya ini buat sahabat atau teman anda , siapa tau mereka tertarik dan ingin mencoba membuatnya,salam sukses and Cherrrz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »