power supply 5 Volt DC

15:01
Hallo sobat dan sahabat blogkamarku.com semua, semoga kabar baik selalu menyertai anda dan bagi anda para pengunjung yang tidak sengaja mampir di blog ini , saya ucapkan salam silaturahmi dan salam kenal buat semua,Oke sahabat semua pada kesempatan yang baik ini kita akan mencoba membuat sebuah rangkayan power suplay untuk kebutuhan sebuah projek yang mungkin kita buat, dan membutuhkan sebuah catu daya yang menghasilkan power supply 5 Volt DC




Namun sebelum nya kita bahas dulu apa sih Power suplay itu ?

Power supply adalah sebuah catu daya yang di butuhkan sebuah rangkayan untuk bisa hidup dan menjalankan kinerjanya dengan baik,dan biasanya power suplay ini adalah sebuah rangkayan yang di buat sesuai dengan kebutuhan pemakaian nya, Fungsi dasarnya adalah pada beberapa pesawat elektronik yang sering kita jumpai adalah merubah sebuah frekwensi dari jala - jala listrik atau arus AC ( Alternating Curent ) dan di rubah menjadi arus DC atau Direct Curent yang lebih stabil, atau menurunkan Voltase dari jala listrik yang besar seperti 220volt.

Namun power suplay bisa juga step up atau menaikan sebuah tegangan,contoh dari daya kecil 12 v menjadi 220 volt, atau juga sebalik nya dari arus besar menjadi lebih kecil,misalkan dari 12v menjadi 5 volt DC, 

Jadi tergantung kebutuhan dari rangkaian itu tersendiri berapa volt yang dia butuhkan, akibat dari sebuah rangkain yang kita berikan voltage yang berlebih, maka rangkayan tersebut bisa over heat atau juga bisa sampai meledakan komponen nya, jadi harus hati - hati dalam pemasangan dan harus ssuai dengan kebutuhan yang di perlukan.


power supply 5 Volt DC
power supply 5 Volt DC
Rangkaian yang akan kita buat ini adalah sebuah power supply berdaya 5volt DC yang mungkin bisa memenuhi beberapa kebutuhan yang memerluka daya 5volt, seperti pada MP3 Player atau peralatan desktop anda.

Yuk kita lihat penampakan PCB dan layout yang  sudah saya buat berikut ini.

Rangkaian nya Cukup sederhana, dan hanya di bangun dari beberapa komponen saja, dioda dan sebuah IC Regulator 7805 ,Pada jalur masukan nya kita bisa kasih 12volt dan di turunkan menjadi 5volt sesuai dengan kebutuhan rangkaian yang memang membutuhkan daya sebesar 5vdc.

Anda bisa membuat rangkaian di atas dan mencetak PCB Dengan cara Print atau sablon  juga bisa, atau dengan metode transfer dan juga bisa di rangkai pada sebuah PCB Martix atau bolong  - bolong dan di rangkai secara manual saja.

power supply 5 Volt DC
power supply 5 Volt DC
Namun kalau anda para sahabat membutuhkan rangkaian alternative yang lumayan cukup simple dan lebih sederhana lagi ,anda bisa mencoba alternative yang lain nya seperti di bawah ini.

Yup rangkaian di atas malah lebih sederhana lagi dan hanya memakai sebuah dioda dan beberapa komponen pelengkap saja, namun masih menggunakan IC Regulator 7805 yang sama seperti pada gambar rangkain yang di atas nya.

Cukup mudah membangun rangkain ini dan anda bisa terapkan pada kendaraan motor anda , seperti untuk menambahkan sebuah musik player untuk menemani perjalanan dalam kendaraan bermotor anda.
Jadi silahkan anda berkresi dan selamat mencoba power supply 5 Volt DC ini semoga berhasil.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, silahkan bagikan untuk kawan dan sahabat anda mudah - mudahan berguna buat semua  dan tetap creative and Goodluck Keep Happy Cheeerz ...^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »