Rangkaian Modulator untuk pemancar 80 Meter Band

22:00
Hallo sahabat dan sobat semua, apa kabar, mudah - mudahan selalu baik ya.
Dan selamat datang kenbali di blogkamarku ini buat anda yang sempat singgah dan juga salam jumpa buat sahabat yang baru saja berkunjung di sini, salam silaturahmi tentunya buat anda semua, moga pada perjumpaan kita kali ini sahabat lagi dalam keadaan sehat dan selalu bahagia.

Oke sobat kembali pada postingan kali kita masih akan berkutat seputar dunia frekwensi ,khusus nya untuk daya pancar 11 meteran atau pada frekwensi 3,5 Mhz, tentunya pada jalur frekwensi ini banyak sekali di pakai para amatir radio untuk ber eksperimen dalam membuat sebuah station radio atau perangkat yang bagus dan selalu melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan performanya.

Pada sebuah perangkat komunikasi radio,khususnya pada pesawat 80 meteran sebenarnya terdapat beberapa bagian atau rangkayan yang membentuk sebuah perangkat frekwensi, seperti rangkaian power suplay - Oscilator - modulator - Buffer - Bosster dan lain nya, sebenarnya masih banyak lagi ,namun disini kita ketahui yang umum saja banyak di pakai penyebutan nya.



Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang Rangkaian Modulator untuk pemancar 80 Meter Band, nah sebenarnya apa sih fungsi dari rangkaian modulator ini ? Yu kita sedikit ketahui, soal nya saya bukan seorang ahli dalam dunia frekwensi,hanya seorang yang hobby aja, jadi kita bahas nya sesuai dengan kemampua saya saja ya ok.

Rangkaian modulator pada jenis pemancar 80 meterband ini adalah sebagai atau berfungsi sebagai Preamp atau penguat sinyal suara masukan,seperti contohnya kita akan menggunakan suara keluaran dari sebuah PC atau tape dan mp3 player , kita akan umpankan pada pemancar,sebelum masuk pada sebuah rangkaian oscilator maka akan di perkuat dulu pada bagian modulator untuk memperbesar sinyal suaranya.

dan pada posting sebelumnya saya sempat posting sebuah pemancar radio 80 meterband, maka saya akan lengkapi untuk membuatnya atau untuk pendorong sinya audio, maka anda memerlukan sebuah rangkaian pendorong audio atau umum nya di sebut modulator.

Modulator ini,mungkin sudah jarang kita temui,karena sekarang PCB nya sudah sangat sulit dan bisa di bilang sebuah rangkaian jadul yang saya redisain atau gambar ulang untuk para sobat semua,ini adalah hasil redisain dari sebuah PCB Ronica jaman baheula, yang sempat ngetop, nah supaya tidak penasaran silahkan lihat penampakan nya berikut ini.
Rangkaian Modulator untuk pemancar 80 Meter Band
Rangkaian Modulator untuk pemancar 80 Meter Band

Untuk layout di atas anda bisa pelajari,atau mungkin ingin membuatnya untuk experiment dan juga mencoba hasil dari rangkaian tersebut,Memang pada saat ini kesulitan dalam membangun sebuah pemancar 80  Meter band ini adalah sangat sulitnya komponen yang tersedia,namun bukan berati tidak ada lho,hadi tetap berusaha mencarinya.

Seperti susahnya Varco Besi,Spul SW atau trafo 426 tapi di beberap blog atau web ada yang memang sengaja menyediakan nya untuk anda para hobiest,Rangkaian Modulator untuk pemancar 80 Meter Band ini cukup mudah kok di buat dan yang paling penting dalam pembuatan nya adalah ketelitian dan juga kesabaran untuk hasil terbaik nya.

Anda Bisa menggunakan sebuah microphone dinamik atau Condenser, namun untuk di pergunakan pada microphone condenser,pada titik + dan MK atau mik disatukan

Oke sobat semoga banyak bermanfaat untuk anda semua yang mungkin lagi membangun sebuah radio pemancar,dan selamat mencoba - semoga berhasil, juga terima kasih sudah mampir di blog ini,dan tentunya kita ketemu pada postingan lain nya ....thank seee you Cheeerz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »