Tone Control Mono Dengan Ic 4558

15:23
Hallo sahabat dan sobat para pengunjung setia blogkamarku.com,salam jumpa kembali dan semoga hari anda selalu baik dan berbahagia selalu, melanjutkan pada postingan terdahulu yang mengulas tentang sebuah tone control dan fungsinya pada sebuah rangkaian elektronik, dan biasanya kita sering jumpai pada sebuah rangkaian audio sebagai pelengkap dalam amplifire.

Pada kesempatan kali ini saya akan share sebuah layout dari sebuah tone control sederhana dengan menggunakan sebuah ic populer yang masih banyak sekali beredar di pasaran, namun pada kesempatan ini layout PCB yang kita gunakan untuk pelengkap audio tersebut adalah berbentuk mono atau satu kanal saja.

Jadi kalau anda mau membuat Tone Control Mono Dengan Ic 4558 ini untuk perangkat audio yang berjenis stereo anda bisa membuat layout atau desain PCB tone Control ini dengan membuatnya 2 buah untuk kanal Left dan Right, sebelum masuk pada rangkain amplifire.



Pada sebuah rangkaian audio pada umum nya anda bisa membuat atau menambahkan beberapa rangkaian sebagai pelengkap pada rakitan audio kita, seperti menambahkan Giga bass atau galaxy - equalizer dan banyak juga rangkaian yang bisa anda tambahkan untuk menambah tone control ini menjadi lebih bagus dalam performa nya.

Untuk penampakan dan layout tone control mono ini kita lihat penampakan nya berikut ini.

Untuk catu daya dari tone control yang menggunakan komponen aktif ini yaitu sebuah Opamp 4558 sebuah Ic Populer, namun anda bisa melakukan uji coba dengan Ic persamaan lain nya, karena dari beberapa experimen yang pernah saya buat terkadang beberapa opamp mempunyai noise yang cukup tinggi, yang penting anda perhatikan persamaan dari ic tersebut apakah bisa kita terapkan pada tone control ini.

Untuk catu daya pendorong pada rangkaian tone control ini menggunakan catu daya Simetris yaitu + 12v dan -12v serta Ground,namun untuk komponen lain nya sangat mudah di cari di toko - toko komponen elektro karena menggunakan komponen yang banyak beredar di pasaran.

Rangkaian ini cukup sederhana karena hanya terdapat beberapa pengaturan saja dan terdapat potensio untuk pengaturan Volume - Bass adan Treble untuk nada tinggi nya, intuk jalur input pada rangkaian ini kita lihat bahwa jalur input bisa menggunakan input stereo dan pada jalur keluaran hanya terdapat satu kanal output.

Tone Control Mono Dengan Ic 4558
Tone Control Mono Dengan Ic 4558

Daftra Komponen PCB Tone Control ini adalah :

Ic - 4558
Potensio : 3 Buah 100k
Elko : 100 Uf 12volt  - 2 Buah
Elko : 10 Uf 12 Volt - 2 Buah
Dioda Zener : 12volt 2 Buah
Capasitor : 103Nf - 3 Buah
Capasitor : 47 nf
Resistor : anda bisa lihat penampakan nya pada layout Pcb nya

Oke sahabat dan sobat selamat berkreasi dan membuat Tone Control Mono Dengan Ic 4558 ini semoga sukses, dan silahkan di kotak komentar untuk menjalin silaturahmi kita,terima kasih sudah mampir dan tetap berkarya and Cherrrz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »