Cara membuat PCB Dengan Metode Manual Cuter

14:42
Hallo Kawan  para sahabat semua kita jumpa lagi, dan salam hangat untuk para pengunjung semua yang selalu tetap Berkunjung di blog yang cukup sederhana ini,sekarang admin akan bercerita dan berbagi penglaman dalam membuat sebuah PCB, dan mungkin metode ini cukup jadul yah karena saya akan menceritakan sesuai yang pernah saya lakukan dalam membuat sebuah PCB.

Mungkin para sobat sudah pasti pernah mencoba berbagai cara  membuat sebuah layout PCB dalam merakit berbagai peralatan projek elektronik, Pasti anda sudah tidak asing kalau menggunakan cara yang dulu di pernah coba dengan menggambar secara manual layoutnya dengan sebuah spidol permanet,dan dibolongi atau di bor secara manual juga.

Cara membuat PCB Dengan Pisau atau Silet

Yap Metode Cara Bikin PCB Dengan Metode Manual Cuter ini juga hampir sama saja dan yang pasti menggunakan ketelitian dan kesabaran yang tinggi dalam membuatnya karena kita memang melakukan segala sesuatunya secara manual, oke langsung aja kita bahas cara membuat PCB dengan teknik Cuter secara manual ini, pertama tama kita harus siapkan layout yang akan kita bikin, bisa yang sudah ada di internet tinggal print, atau bisa menggambar secara manual di kertas stiker.

Bisa juga dengan membuat nya dengan aplikasi penggambar PCB atau juga dengan Corel seperti yang pernah saya coba,oke pertama siapkan layout seperti ini.

Cara membuat PCB Dengan Metode Manual Cuter
Cara Buat PCB Dengan Menggunakan  Metode Manual Cuter
Lalu kita siapkan kertas stiker atau kertas lable juga bisa,yang penting kita bisa gunakan dalam langkah selanjutnya ,yaitu hasil prinan tadi kita akan tempel pada bagian sisi tembaganya dengan menempelkan layout tersebut.

Untuk print nya jangan lupa di mirror kan dulu agar terbalik jadi pas kita pasang pada pcb penempatan nya sudah betul,dan tidak terbalik untuk posisinya,langkah selanjutnya Print Layoutnya

Kalau sudah, anda tinggal tempel pada PCB,Potong PCB Sesuai dengan ukuran yang akan kita buat dan langkah selanjutnya anda siapkan sebuah Pisau Cuter Kecil atau bisa Juga mempergunakan Silet tajam seperti menggunakan silet Tiger,karena kita bisa potong dengan rapuh atau bisa dibuat kecil dan lancip.

Selanjutnya adalah memotong jalur - jalur yang tidak kita perlukan, dalam hal ini kita akan memotong jalur jalur atau area putih nya dengan silet tersebut,dan dalam hal ini sangat perlu ketelitian dan kesabaran,karena jangan sampai salah dalam memotong nya, ingat jalur area yang hitam nya jangan sampai terpotong oleh Cuter atau silet.

Sebit atau angkat jalur - jalur putih yang sudah anda potong dengan menggunakan kuku, atau anda bisa menggunakan sebuah Pinset Kecil intuk melakukan pengangkatan pada jalur - jalur yang sangat sempit dan kecil,teliti lagi jangan sampai ada tembaga yang tertutup oleh bekas kertas stiker ini, atau bekas lem yang menempel,karena akan mempengaruhi dalam proses peleburannya, dana perhatikan untuk jalur - jalur yang sangat kecil,jangan sampai ada yang terhubung singkat.

Kalao di Rasa cukup maka anda tinggala meleburnya dengan larutan pelebur Feroclorida dan lihat hasil akhirnya,atau anda bisa ,menggunakan alternativ pelebur ini baca :

Tips Pengganti Pelarut PCB


Cara membuat PCB Dengan Print Cuting.


Cara membuat PCB Dengan Metode Manual Cuter
Cara membuat PCB Dengan Print
Nah pada metode yang ini, kita di bikin pusing dengan memotong  - motong jalur yang sangat memakan waktu dan kesabaran,namun sedikit agak mahal dalam ongkos pembuatan nya,karena kita harus membayar ke percetakan untuk biaya printing nya, anda bisa datang pada percetakan yang tersedia untuk membuat cuting stiker, dan anda tinggal kasih layout yang akan anda cuting.

Biasanya kalau membuat dengan 1 atau dua buah saja maka biaya yang di keluarkan akan cukup mahal,namun kalau membuat dengan skala yang cukup banyak maka biaya yang di anggarkan akan sedikit lebih irit dan murah, ini cocok untuk anda yang akan memproduksi dengan skala besar, atau buat bisnis anda.

Maka dengan hasil prinan ini kualitas yang dihasilkan akan cukup rapi,anda tinggal tempel pada bagian sisi PCB yang terdapat tembaganya, dan akan mudah kita lepaskan dan eratkan pada tembaga tersebut,namun jangan lupa untuk memirrorkan atau membalikan layoutnya dulu sebelum di print supaya tidak terbalik hasil nya.

Langkah selanjutnya anda tinggal meng etching atau melebur pcb yang tertutup dengan stiker cuter tersebut samapai dengan selesai, maka hasil nya pun akan sebanding dengan kualitas pcb yang beredar pada umum nya.

Nah para sahabat itulah tadi sedikit cerita saya yang pernah mencoba berbagai cara dalam membuat layout Pcb,dan pada artikel ini saya share dengan cara - cara yang sangat manual sekali,dan sediit cerita saja buat sobat semua,bahwa banyak sekali kok cara - cara yang bisa anda terapkan dalam membuat sebuah layout PCB yang ingin anda buat dan ini salah satunya, untuk cara - cara lain nya,anda juga bisa dapatkan di artikel yang lain pada blog ini, silahkan anda cari.
dan juga anda bisa mencoba membuat alternative pembuatan pcb dengan cara berikut :

10 Langkah membuat PCB Dengan HVS Biasa dengan Cepat


Terimakasih para sahabat semua sudah mampir dan membaca curhatan saya tentang Cara Bagaimana membuat PCB Dengan Cara Menggunakan Metode Manual Cuter yang sangat sederhan ini, mudah mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua ,tetap semangat tetap saling berbagi dan salam sukses untuk anda semua..Cherrrz....^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »