Membuat Pcb amplifire Mini TBA

13:21
Hallo sobat dan para pengunjung  , Selamat datang  dan salam hangat untuk anda semua nya,kembali kali ini saya akan berbagi sebuah layout PCB atau rangkaian Power untuk keperluan pendorong sinyal audio, dan pada artikel postingan ini saya akan share sebuah rangkaian mini audio amplifire yang sangat sederhana dan juga  mudah untuk kita buat, karena tidak memerlukan banyak komponen dan komponen yang di pergunakan dalam rangkaian nyapun sangat mudah kita dapatkan di toko elektronik  tentunya.

Oke sobat langsung kita lihat pada penampakan layout dan penempatan komponen nya berikut ini.

Pcb amplifire Mini TBA
Pcb amplifire Mini TBA
Pada rangkaian ini sudah dilengkapi dengan rangkaian tone Control atau pengatur nada yang sederhana yaitu terdapat pengaturan untuk nada bass dan juga treble.

Sedangkan pada tengah rangkaian ada sebuah Swicth atau saklar selektor untuk memilih jalur input audio untuk memilih mana yang akan kita pergunakan, dan kita bisa menambahkan rangkaian yang lain nya seperti Preamp Mik Untuk jalur masukan nya, atau kita bisa memilih jalur tape untuk input dari beberapa sinyal audio seperti dari Handphone,VCD atau dari laptop anda.

Walaupun amplifire ini berdaya cukup kecil, namun sebagai pembantu daya dorong audio yang mudah di buat rangkaian ini cukuplah untuk sekedar kita mendengarkan lagu - lagu favorit kita dengan lebih enak, terus kita bisa juga menambahkan  speaker yang kecil atau sedang dan di bikin dengan baik supaya kualitas audio yang di dengar akan lebih terdengar enak.
Anda bis juga membuat rangkaian Power alternative yang lain seperti Baca :

Membuat PCB Power Amplyfire Populer OCL


Rangkaian ini adalah sebuah rangkaian mono, jadi kalau anda ingin membuat rangkaian stereo anda harus membuatnya sepasang atau dua buah,

Untuk catu daya saya sarankan harus di regulasi dengan baik supaya menghindari dengung yang timbul kalau anda menggunakan power suplai dari adaptor,atau juga bisa menggunakan sebuah baterai kotak blitz yang 9 volt untuk mengujinya.


Pada kesempatan ini saya tidak sertakan layout skematik nya karena sudah saya tedapat penempatan posisi komponen nya, jadi sangat memudahkan dalam pemasangan nya dan merakit rangkaian ini, dan yang perlu anda perhatikan adalah dalam membuatnya perlu ketelitian dan jangan samapai terbalik untuk pemasangan komponen yang mempunyai polaritas.
Sebelumnya anda juga bisa mengenal beberapa Komponen elektronik lain nya baca :

Elektronika dasar mengenal Jenis – jenis Resistor


Untuk daftar Komponen yang kita perlukan adalah sebagai berikut :

Ic : TBA 820
Potensio : 3 Buah mono 10k atau 50k
Swicht 6 kaki 1 buah
Capasitor dan ukuran nya sudah tertera pada rangkaian di atas
Resistor dan ukuran nya juga sudah tertera pada rangkaian bodi PCB Amplifire mini di atas

Yang pasti langkah pertamanya adalah membuat sebuah layout pcb untuk penempatan komponen nya seperti pada gambar di atas, untuk cara membuat Pcb ada beberapa teknik dan cara yang akan saya posting pada artikel yang lain nya.

oke selamat mencoba dan semoga berhasil, Semoga artikel Postingan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat pengunjung semua, apabila ada pertanyaan dan tambahan juga lain nya, anda bisa mengisi kotak komentar pada koom di bawah ini......Thank and keep happy ..CHERRRz^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »