PCB FM RECIEVER MONO

14:18
Hallo sahabat dan pengunjung , salam jumpa dan semoga sehat selalu,pada kesempatan yang baik ini kembali saya akan membagikan sebuah layout dari sebuah penerima Radio yang bekerja pada jalur fm,dan juga dalam pembuatan nya tidak terlalu sulit karena komponen yang akan kita butuhkan dalam membuat sebuah penerima fm ini kita bisa memanfaatkan dari beberapa komponen barang tidak terpakai atau anda bisa mencari di beberapa toko elktronik dan masih banyak tersedia.

Layout pada PCB penerima radio jalur fm ini saya gambar ulang dari sebuah PCB Ronica yang sempat populer di beberapa tahun lalu, di karenakan pada saat sekarang ini beberapa komponen dan juga PCB - PCB Yang sempat populer dan mudah kita temukan di para penjual atau toko - toko, sekarang sudah lumayan langka dan jarang, maka dari itu saya desain ulang sebagai arsip dan juga sebagai koleksi juga buat sobat semua yang mungkin membutuhkan nya.



Balik lagi pada PCB FM RECIEVER MONO ini rangkaian nya cukup sedikit dan anda sudah bisa mendengarkan pancaran dari beberapa stasiun radio di daerah para sobat, dengan bantuan sebuah Variable Condensator untuk memilih frekwensi yang anda kehendaki.

Selain itu pada rangkaian ini juga sudah di lengkapi dengan sebuah Power yang berdaya kecil untuk mendorong sinyal audio agar bisa anda dengarkan melalui sebuah pengeras suara.

Untuk Layout dan susunan komponen apa saja yang kita perlukan silahkan cek layout PCB nya berikut ini :
PCB FM RECIEVER MONO
PCB FM RECIEVER MONO

Untuk bagian power nya di dorong oleh penguat dari IC TBA 820 Namun tidak di sertai dengan tone control , sedangkan utuk memilih - milih frekwensi di gunakan Sebuah Varco dan sebuah Variable resistor sebagai Fine tuning untuk ketepatan dalam memilih frekwensi dan lebih menepatkan lagi

Daftar Komponen yang di perlukan dalam membuat Penerima Fm ini adalah sebagai berikut :

Potensio :
B 10K/ B50K

IC : TBA 820

VARCO : 14 - 250 PF
TRANSISTOR 5 BUAH : Untuk type anda bisa lihat pada gambar dan juga persamaan nya kalu seandai nya beberapa type sulit anda gunakan

Resistor dan capasitor serta beberapa komponen pelengkap lain nya , bisa anda lihat pada layout nya yang sudah saya tulis nilai dan persamaan nya untuk memudahkan anda dalam pembuatan nya.

Dalam membuat PCB FM RECIEVER MONO ini agar berhasil dengan baik, silahkan teliti langkah demi langkah dalam pembuatan nya, jangan sampai ada yang tertukar, perhatikan juga dalam membuat lilitan atau spul yang ada pada rangkaian ini dengan lebih teliti.

Anda bisa menyimpan rangkaian ini pada sebuah kotak aplifire atau kotak yang terbuat dari kayu,dan bisa juga untuk mengganti rangkaian radio yang telah rusak, untuk pelengkapnya anda bisa membangun sebuah power suplay untuk catu daya yang di butuhkan, dan antena anda bisa experiment sendiri, bisa dari sebuah antena teleskop biasa atau mungkin se utas kable yang di panjangkan agar dalam penerimaan lebih sensitif dalam menerima siaran sebuah statiun radio.

Oke deh selamat membuat sebuah radio penerima fm para sobat semua , semoga berhasil dan apa bila ada yang ingin di tanyakan silahkan anda komentar pada kolom komentar atau anda bisa subscribe by email untuk berlangganan artikel pada blog ini, dan silahkan untuk share artikel ini pada sobat lain nya siapa tau mereka lebih membutuhkan informasi ini lebih dari anda.

terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa pada postingan lain nya selamat berkreasi and Cheerrrr....^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »