Membuat Rangkaian Power amplifire 18 watt Hifi

15:41
Salam jumpa kembali para pengunjung semua, buat anda yang baru saja singgah di blogkamarku.com, nah kali ini kita akan membuat sebuah amply yang cukup sederhana dan tentunya cukup mudah untuk kita buat.

Power amplifire dengan daya Cukup lumayan,bisa kita pakai pada sebuah ruangan yang tidak terlalu besar karena hanya  Berdaya sekitar 18 watt saja  kita sudah mempunyai power stereo  rangkaian power hifi pada layout pcb pada gambar ini.

Rangkaian Power amplifire 18 watt Hifi Stereo
Rangkaian Power amplifire 18 watt Hifi Stereo

Dengan menggunakan sebuah Opamp dengan type LA4440 dan sudah di lengkapi dengan rangkaian tone control yang sederhana tanpa komponen aktif ,dan tidak menggunakan komponen berjenis Ic ataupun transistor dan hanya mengandalkan komponen resistor dan capasitor seperti pada rangkaian tone control Baxandal maka kualitas yang di hasilkan audio ini cenderung lebih Hifi.

Selain itu pada rangkaian yang di buat ini sudah tersedia Sebuah switch sebagai saklar tambahan meng aktivkan Fungsi Loudnes,supaya suara yang keluar lebih bertenaga dan nendang.

dulu amplifire ini cukup populer pada masa - masa era beberapa tahun kebelakang dan beberapa produsen pcb pun memproduksinya seperti pcb ronica dan saturn,karena pada saat ini pcb rangkaian ini cukup jarang juga, seperti pada daerah saya, maka saya pun ingin mencoba mendesain ulang untuk perbendaharaan atau sebagai hoby jika suatu saat kita ingin membuat rangkaian ini tidak susah dalam mencarai nya.

Untuk Catu daya power ini menggunakan yang ada pada blog ini atau yang sudah para sobat punyai dan di regulasi dengan baik,sedangkan untuk speaker nya anda bisa menggunakan yang umum suka di pakai pada aktive speaker bisa 4 samapai dengan 6 inch.

Dari hasil yang pernah saya buat untuk sebuah aktive speaker cukup baik kok untuk Cover sebuah ruangan yang tidak terlalu besar namun untuk nada bass atau low nya agak kurang begitu baik dan cenderung pada frekwensi Midle dan high,maka untuk hasil yang lebih memuaskan anda bisa menambahkan sebuah rangkaian low pass filter atau subwoofer agar lebih nendang.

Skematik nya saya tidak posting karena agar lebih memudahkan maka saya sudah cantumkan pada body pcb nya dengan nilai ukuran - ukuran dari komponen yang kita butuhkan agar lebih mudah dalam menempatkan nya.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat daftar komponen berikut ini :

Ic : LA 4440
Potensio :
50k 2 buah
50k Ct 1 Buah
100k 1 buah
Switch DPDT 1 Buah
Diaoda IN 4002 : 2 Buah

Capasitor & nilai resistor serta ukuran nya Bisa di lihat pada gambar di atas.

Nah sobat semua selamat mencoba dan semoga berhasil, ingat ketelitian dalam merakit dan tentuya kesabaran akan membuat hasil akhir akan lebih baik, so terus berkarya ya, apa bila ada pertanyaan seputar rangkaian di atas atau mungkin hal lain nya, anda bisa  menghubingi lewat email juga bisa anda isi  kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

terimakasih sudah mampir dan membaca Rangkaian Power amplifire 18 watt Hifi Stereo ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan kita ketemu di pembahasan yang lain tetap semangat dan jangan menyerah .......Cherrrrz ^_^

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »