Cara mengetahu apakah Power suplay Komputer anda Rusak

15:16
Hallo sobat blogkamarku,jumpa kembali di blog ini dan kali ini saya ingin berbagi untuk sahabat semua yang mempunyai sebuah kendala pada PC anda,nah biasanya kita kita selalu bertanya kalau di hadapkan pada sebuah kondisi di saat ketika menghadapi pc di rumah atau tempat kita kerja tidak mau hidup,dan tidak menampakan tanda  - tanda kehidupan dalam PC itu.


Sebenarnya kondisi ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal,namun diantaranya adalah bisa juga di akibatkan oleh kondisi power suplay pada PC atau komputer anda mengalami penurunan atau bisa juga memang tidak berfungsi sama sekali,di akaibatkan oleh jaringan listrik yang kurang baik,konslet atau bisa juga karena termakan usia.
Cara mengetahu apakah Power suplay Komputer anda Rusak
Cara mengetahu apakah Power suplay Komputer anda Rusak

Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara mencoba mereset Bios yang ada pada Pc anda dan coba tekan tombol power suplaynya apakah ada tanda tanda arus masuk dan biasanya di tandai dengan lampu indikator atau led yang ada di bagian panel depan Casing menyala,atau kipas di bagian power suplay bagian belakan berputar.

Namun kalau sudah kita coba dengan cara tadi hasilnya nihil anda bisa melakukan pengecekan lebih lanjut pada bagian power suplay nya,dengan cara mencabut dulu semua pengkabelan yang menuju papan motherboard.

Power suplay komputer banyak sekali jenisnya,tergantung apa yang anda gunakan saat ini,namun anda bisa coba langkah langkah yang pernah saya lakukan pada power suplay jenis ATX yang mempunyai 20 pin dan juga yang 24 Pin.

Dan memang jenis ini yang banyak sekali di pakai di jenis - jenis Komputer atau PC Perkantoran dan Rumahan,Caranya coba anda lepas semua konektor pin yang dari PS menuju Ke Mother Board Komputer,lepas dulu semua,lalu anda cari pada pin conektor tersebut kable yang berwarna hijau,biasanya terdapat pada pertengahan pin tersebut,lalu anda potong sebuah penghantar seperti Kable yang cukup pendek atau bisa juga menggunakan sebuah timah atau tinol.

Hubungkan pin hijau tadi dengan Pin Kable yang berwarna hitam pada sebelahnya,dan coba anda sambungkan kable Ac ke colokan listriknya,apabila PS nya masih bagus maka kipas pada bagian belakang PS ini akan berputar secara normal atau tidak, jika perputaran dirasa kurang normal berarti PS ini mengalami penurunan.

Untuk memastikan apakah daya keluarnya mengalami penurunan,anda bisa mengecek pada jalur pinout nya dengan sebuah multy meter atau alat ukur yang anda punya,dan apabila menunjukan pengukuran seperti di bawah ini berati PS anda Normal

Pin Merah Menunjukan  + 5 V
Pin Putih Menunjukan – 5 V
Pin Hitam Sebagai Ground ( 0 v )
Pin Kuning Menunjukan + 12 V
Pin Biru Menunjukan – 12 V
Pin Ungu  + 5 V ( stand by )
Pin Oranye untuk + 3 , 3 V
Pin Hijau Swicth DC ON
Pin Coklat Sebagai signal pada Komputer

Jadi daripada anda berasumsi dulu bahwa komputer anda rusak atau mati total mending kita periksa dulu betul - betul,atau anda mungkin mempunyai power suplay bekas yang mungkin bisa anda manfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat, Nah sobat selamat memperbaiki dan semoga berhasil sampai jumpa di postingan yang lain nya...

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »