Mengetahui Penyebab Tampilan Pc tidak tampil di layar monitor

23:06
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali, oke kali ini kita akan membahas sebuah permasalahan yang mungkin bisa jadi pernah anda alami seperti yang pernah saya alami juga,dimana masalah ini terjadi pada PC atau Komputer desktop yang tiba - tiba tidak mau memunculkan gambar pada layar monitor.


Gejala ini di tandai dengan arus masuk pada motherboard dan power suplay juga bekerja dengan baik dengan memberikan tegangan nya pada papan motherboard,namun pada layar hanya menampilkan gambar gelap saja,tidak ada tanda - tanda kehidupan atau teks yang keluar,sebenarnya permasalahan ini bisa juga terjadi pada laptop atau notebook dan untuk mengatasinya anda bisa juga mengambil langkah - langkah seperti apa yang saya lakukan seperti berikut ini.
Mengetahui Penyebab Tampilan Pc tidak tampil di layar monitor
Mengetahui Penyebab Tampilan Pc tidak tampil di layar monitor

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, oke langkahnya seperti ini :

Pertama pastikan bahwa suplay power kita cek dengan multy meter untuk mengetahui tegangannya apakah normal dengan standarisasi tegangan yang di butuhkan motherboard,bisa saja terjadi pada salah satu pin dari power suplay ATX atau yang anda punya mengalami drop tegangan.

Kalau langkah tersebut sudah dilakukan dan normal saja,selanjutnya cek pheriperal yang lain seperti Kable VGA kemonitor atau kable HDMI yang anda punya,siapa tau tidak terkoneksi dengan sempurna atau mengalami putus di salah satu ujung nya.anda bisa menggunakan alat ukur seperti multymeter.

Cek slot VGA kalau anda menggunakan VGA External karena bisa jadi mengalami pergeseran atau dudukan nya tidak pas.

Coba reset BIOS dulu untuk mengclearkan semua pengaturan dari motherboard

Cabut dan pasang kembali Memory pada slot memory motherboard,apakah ada perubahan pada layar monitor,kalau memungkinkan coba ganti dulu dengan memori yang betul - betul dalam kondisi baik,karena hampir 70% yang saya alami untuk mengatasi keadan tersebut adalah di akibatkan oleh memrori komputer sudah lemah,kalau terdapat dua soket memori yang di gunakan pilih salah satu secara bergantian,atau anda buka dulu semuanya dan coba satu persatu

Dari pengalaman saya kebanyakan ini adalah kasus dari memori yang sudah tidak berfungsi karena mengalami short tegangan atau sudah lemah dan tidak bisa meneruskan perintah untuk menaikan perintah pada prosesor.

Nah silahkan anda praktekan kalau menghadapi kendala seperti,sebelum di bawa ke tempat service maka akan membuat anda lebih tau tentang kerusakan - kerusakan komputer dan bisa menghemat kantong anda untuk biaya service yang tentu saja lumayan lho.

Oke selamat mencoba sobat semua dan semoga berhasil.....salam sukses

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »