Mengetahui Fungsi Aux Pada Peralatan Audio

15:07
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali di blogkamarku ini,kali ini sahabat semua kita akan membahas sebuah kata atau fasilitas yang sering banget kita temui dalam peralatan audio seperti,pada tape CD atau DVD Player,pada peralatan Sound sytem ruangan atau lapangan,nah biasanya kita akan menemukan fasilitas audio yang bernama AUX,tapi mungkin sebagai sahabat masih awam dan tidak tau dengan pasti apa sih sebenar nya fungsi dari AUX ini, untuk itu saya akan mencoba menjelaskan nya sedikit di artikel ini.


Aux ini biasa nya pada umumnya ada jenis Aux Send atau Aux Return,Pada pesawat elektronik atau peralatan audio rumahan banyak yang mempunyai Fasilitas ini,namun coba kita kenali dulu karena fungsinya berbeda - beda lho,sebagai contoh Pada Mixer audio maka akan terdapat aux return,Sebagai gambaran dasar aux ini adalah tambahan fasilitas dari perangkaat audio untuk sebuah lin output,atau juga sebagai line input tambahan.
Mengetahui Fungsi Aux Pada Peralatan Audio
Mengetahui Fungsi Aux Pada Peralatan Audio

Pada Pesawat Amplyfire seperti jenis Toa,terdapat Aux input yaitu sebagai tambahan apabila kita ingin menambahkan suara dari sebuah Pesawat Tape deck atau vcd dan lain nya,dan ada juga yang menyertakan aux outputnya untuk kita ambil suara dari amply ini dan kita masukan pada sebuah mixer.

Begitupun pada sebuah tape audio mobile,biasanya di lengkapi dengan Fasilitas aux ini,untuk sebuah line input apabila kita ingin menambahkan sinyal suara lain yang kita input pada tape audio mobile ini,dan hasilnya biasanya kita bisa dengarkan secara langsung pada speaker audio mobile tercampur dengan sinyal suara lain nya.

Namun berbeda kalau kita melihat pada sebuah audio mixer sound sytem atau yang memiliki pengaturan lebih Komplex karena biasnya fasilitas aux ini terdapat hampir di setiap Line Chanel ,dan terdapat Aux Send dan juga Aux return, lalu apa fungsi nya pada mixer audio.

Sebenarnya sama saja dengan peralatan audio yang lain , cuma perbedaannya terdapat di setiap chanel sudah mempunyai aux send atau untuk output dan aux return atau input atau sinyal kembalinya.

Aux send pada Mixer audio
Aux send pada setiap chanel ini bertuhas mengirim sinyal keluaran seperti dalam penggunaan nya buat keperluan monitor di setiap chanel seperti gitar,Bass keyboard dan lain nya..
Maka aux send ini kita bisa inputkan pada jalur input pad cabinet Monitor,atau kita bisa mengambil untuk jalur input pada tambahan mixer utama apabila mixer yang pertama kita posisikan sebagai mixer monitor panggung.

Aux Return pada Mixer audio
Aux return ini adalah sebuah tambahan slot fasilitas Untuk rack prosesor tambahan yang tidak terdapat pada audio mixer,sebagai contoh untuk menambah bagus vocal yang di hasilkan kita ingin menambahkan prosesor seperti Limiter atau Compresor dan Effek seperti reverb chorus dan lain - lain,jadi line input kita ambila dari aux send di mixer dan kita inputkan ke audio prosesor dan hasil outnya dari audio prosesor kita inputkan pada mixer ke bagian aux return.

Nah pada setiap mixer biasanya aux ini terkadang tidak hanya satu tergantung sari mixer yang anda gunakan terkadang ada yag mempunyai lebih dari dua atau lain nya,dan di kontrol dengan panel aux send tersendiri.

Nah para sobat mudah - mudahan share kita kali ini memahami fungsi dari aux ini bisa bermanfaat untuk anda semua,dan selamat mencoba...salam sukses.

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »