cara memperbaiki remote tv Yang Rusak

22:39
cara memperbaiki remote tv Yang Rusak  - Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamat datang buat para pengunjung salam sukses selalu buat anda,apakah sobat pernah mengalami kekesalan yang di akibatkan oleh sebuah remot tv yang tidak berfungsi sebagai mana mestinya,bayangkan saja ketika kita sedang asyik - asyik nya menonton sebuah acara tv pas datang iklan mau kita pindahkan ke saluran lain namun remote tv nya tidak dapat kita gunakan alias rusak.

Eit tenang sobat jangan langsung membanting dan membuang remote tersebut karena bisa saja hal demikian di akibatkan hal - hal sepele yang sering terjadi pada remote tv pada umumnya,atau mungkin sobat mempunyai remote - remote tv bekas yang sudah di vonis tidak jalan dan rusak lalu di simpan di gudang atau di laci - laci meja yang kemungkinan akan di buang karena sudah tidak bisa di gunakan.

Namun sobat jangan dulu melakukan membuang remote - remote tv yang sudah tidak jalan karena ada kemungkinan bahwa remote tersebut masih bisa kita perbaiki dan mudah - mudahan bisa berjalan normal seperti sedia kala,jadi kita tidak usah membeli sebuah remote baru,kan lumayan untuk menghemat uang,karena untuk membeli sebuah remote baru atau remote universal lumayan kok harganya,mending kita buat jajan.

cara memperbaiki remote tv Yang Rusak
cara memperbaiki remote tv Yang Rusak 


Sebenarnya kerusakan pada remote tv bisa di akibatkan beberapa factor yang mempengaruhinya, bisa dari Komponen yang terdapat di dalam nya, Baca juga :

Elektronika dasar mengetahui apa itu capasitor

Yang membentuk dasar dari rangkain remote ini,namun untuk memudahkan para sobat semua,seperti pengalaman saya yang pernah di lakukan untuk memcoba memperbaiki remote tv yang rusak ini kita bisa melakukan beberapa hal perbaikan pada komponen remote ini dengan cara kita bisa menyiapkan beberapa perlatan untuk keperluan perbaikan ini, diantara nya :

  1. Remote Yang Masih Lumayan Baik Secara Fisik
  2. Avo Meter / Untuk mengecek kondisi komponen elektronik
  3. Kain lap lembut Bersih
  4. Thinner / alcohol
  5. Penghapus pencil
  6. Handphone / atau penerima radio SW
  7. Amplas / Jika diperlukan
  8. Koponen Cadangan
  9. Solder dan timah
  10. Obeng dan peralatan penunjang lain nya
Wah Banyak sekali yah kok harus menyiapkan peralatan sebanyak itu hanya untuk memperbaiki remote doang,tenang sob nanti saya akan jelaskan fungsinya,dan tentunya kita bisa coba dengan berbagai cara dan analisa dulu kerusakan nya biar kita tau penyakitnya dan agar remote ini bisa kita perbaiki dengan baik,so kita ikuti saja langkah - langkah nya.

Langkah # Pertama

Lihat Kondisi Remotenya apakah sudah terdapat kerusakan fisik yang parah atau belum,kalau sudah parah saya sarankan beli saja remote universal yang baru,maka akan percuma saja kita perbaiki kalau jalur atau PCB nya sudah ancur dan casing nya sudah tidak beraturan lagi,jadi Pastikan Kondisi fisik masih Ok.


Langkah # Kedua

Coba Bri catu daya atau kasih baterai pada remote tersebut dengan baterai yang masih bagus dan lihat dudukan baterainya apakah sudah berkarat atau belum,apabila berkarat,coba ampalas dan bersihkan,karena bisa juga tidak fungsi di sebabkan koneksi baterai yang tidak nyambung atau terhalang karat.


Langkah # Ketiga

Coba kita cek dengan cara memijit tombol remote tersebut dan tentunya sudah kita beri batere yang bagus,coba cek dengan menggunakan kamera handphone di arahkan pada lampu remote nya,seperti pada saat kita mau memphoto objek,apabila saat di pijit mengeluarkan sinar merah atau biru itu tandanya kondisi remot bagus atau bisa berfungsi,atau anda bisa menggunakan sebuah radio penerima SW dan coba setel pada kondisi on pada jalur SW tersebut,lalu anda arahkan dan pijit tombol remot,apabila ada sinyal yang keluar maka akan terdengar dan si penerima akan terpengaruh sinyal pancaran remote tersebut.


Langkah # Ke Empat

Apabila masih tidak nyala coba kita buka Casing remote nya dengan obeng,dan angkat papan pcb nya lalu bersihkan papan,terutama pada pad tombol remote dengan lap yang di basahi alkohol atau thiner,lalu coba anda pasang kenbali dan coba cek dengan langkah di atas.


Langkah # Ke Lima

Gosok dengan penghapus jalur - jalur konektor aga bisa membersihkan lapisan lemak ,pada beberapa kasus dengan cara ini ada yang membuahkan hasil.


Langkah # Ke Enam

Cek dengan Avo Meter setiap komponen yang ada pada remote untuk mengetahui Kondisinya,pada jalur Power,Lampu Remote dan pada bagian lain nya dengan teliti,kalau di temukan rusak ganti dengan komponen baru yang sama bagian remote tersebut.


Langkah # Ke Tujuh

Pada banyak kasus yang saya alami dan pengalam dalam memperbaiki remote banyal terjadi kerusakan pada kristal 455khz nya yang berwarna kuning berkaki 3 dan lampu LED infrared nya,Coba anda ganti dengan yang baru biasa nya langsung kembali normal dan bisa kita gunakan kembali.

Nah sahabat itulah beberapa pengalaman saya dalam cara memperbaiki remote tv Yang Rusak atau juga remote - remote lain nya,semoga bisa bermanfaat untuk para sobat semua dan semoga sukses ya memperbaiki remote nya.....sala sukses....






Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »