Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

15:26
Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif - Hallo sahabat,Masih tentunya kita lanjutkan artikel dari yang sebelumnya tentang pembahasan seputar dunia audio,dan kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif,yang sering kita jumpai pada peralatan audio,dan mungkin beberapa dari para sahabat masih bingung dengan istilah ini karena pada tampilan dan penampakan speaker ini tidak jauh berbeda.

Pada kesempatan kali ini yuk kita coba mencari Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif agar sahabat semua bisa membedakan dan lebih mengerti akan arti dari kedua jenis speaker tersebut aga kita di buat tidak kebingungan untuk membedakan nya,sebenarnya sih sangat simple dan mudah kita kenali,namun tidak sedikit yang masih awam dalam mengetahui nya.
Untuk itu yuk kita bahas mengenai speaker ini,namun buat para sobat sebelum nya bisa baca :

Ciri – Ciri Jenis speaker yang bagus

Speaker Aktif

Wah kalau itu saya tau ,itukan sering kita lihat di rumah rumah,baik untuk setel music dari vcd,dvd atau untuk berlatih karaoke itukan speaker aktif juga!, ya anda betul juga sih tidak salah dengan hal itu,namun penjabarannya adalah speaker active adalah sebuah cabinet atau box speaker yang di dalam nya sudah satu paket berisi power amplifier dan aksesoris lain nya seperti woofer ,tweter dan lain nya dalam satu paket box speaker,pada contoh penerapan nya kita bisa lihat pada aktif speaker yang tadi di rumah – rumah,monitor panggung,speaker side fill panggung dan lain nya.

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif
Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Jadi semua sudah terpaket dalam satu box,dan audio amplifirenya tidak secara terpisah,jadi satu speker sudah terdapat amplifier mono atau stereo dan kita hanya membutuhkan power untuk listrik saja,dengan metode ini maka akan meringkas beberapa pengeluaran seperti Box ampli atau acsesoris lain nya dan lebih ringkas untuk di bawa kemana – mana.


 Speaker Pasif

Jenis Speaker Pasif biasanya banyak di terapkan untuk tata suara yang lebih besar atau lebih complex,karena menerapkan kebalikan dari speaker aktif,yaitu membutuhkan beberapa amplifier secara terisah dari box speaker,dalam penerapan skala kecil kita bisa melihat pada sytem home theater,dari sebuah amplifier maka akan di distribusikan sinyal yang sudah di kuatkan power amplifier pada beberapa box speaker tergantung kebutuhan range atau sinyal produksinya,contoh side fill,surround,center dan lain nya.
Untuk tata suara atau soundsytem lapangan banyak menerapkan metode ini,karena biasanya membutuhkan daya yang sangat besar,dan tidak bisa di cover oleh system aktif speaker yang daya outputnya berdaya sedang,dengan metode Pasif ini, kita bisa menukar beberapa amplyfire yang kita punya apakah lebih rendah atau lebih besar daya outputnya.

Selain itu kita juga bisa leluasa menggunakan prosesor audio yang kita insert sebelum masuk pada power amp dan di distribusikan pada setiap speaker yang ada,Jumlah speaker pun kita bisa tambah atau kurang sesuai daya watt yang kita punya pada ampli.

Untuk penggunaan sound lapangan kita bisa lihat system line array atau untuk panggung besar seperti tata suara konser,speaker akan di tata pada samping rigging dan didistribusikan power dari Front Of House Mixer dan Power ke setiap Chanel Pada area panggung.
Nah para sahabat semoga artikel mengenai Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif bisa menjadi sebuah informasi bermanfaat untuk anda semua ,salam sukses untuk kita semua…..





Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »