studio musik Kini bisa di buat di kamar

15:51
studio musik Kini bisa di buat di kamar - Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamat datang di blog sederjana ini,kali ini kita akan membahas tentang seputar dunia audio dan musik production,yaitu tentang sebuah studio musik,pada aman dahulu mungkin untuk membuat sebuah studio musik untuk rekaman memerlukan biaya yang tidak cukup sedikit karena semua pendukung nya masih sangat susah kita dapatkan dan belum lagi harga yang sangat mahal untuk membeli peralatan penunjang dalam membikin sebuah studio rekaman yang bagus.

Namun pada perkembangan teknologi yang semakin maju dan evolusi di bidang teknologi yang semakin tidak terbendung,maka kendala dan kesulitan yang kita temui di beberapa tahun ke belakang sekarang tidak lagi menjadi sebuah penghalang untuk anda yang ingin membuat sebuah karya musik atau juga karya - karya lain nya,hanya berbekal sebuah gadget yang minimalis namun tentunya dengan hasil yang cukup baik.
studio musik Kini bisa di buat di kamar
studio musik Kini bisa di buat di kamar

Pada saat ini anda bisa dengan mudah membuat karya hanya dengan bermodal smartphone atau tablet saja,karena banyak sekali aplikasi pendukung yang sudah tersedia dan bisa anda unduh dengan mudah baik yang di gratiskan atau juga yang berbayar,banyak tersedia di aplikasi store dan tinggal memilih platform mana yang kira - kira cocok dengan Keingin anda.

Studio musik kini sudah tidak lagi menjadi sesuatu yang mahal,karena anda bisa saja membuat nya dalam sebuah ruangan yang sempit atau bisa juga memanfaatkan sebuah ruangan yang tidak terpakai,atau mungkin sebuah kamarpun bisa anda jadikan sebuah studio musik mini yang bisa menghasilkan karya - karya yang menarik dan di sukai orang banyak.

Untuk Membuat sebuah studio musik memang kita harus mengetahui beberapa pemahaman di bidang nya ,untuk itu anda bisa baca beberapa artikel seputar audio berikut ini Baca :

Mengetahui beberapa istilah dalam dunia audio


Tidak sedikit karya yang bisa menjadi populer berawal dari sebuah studio musik kamar yang sangat sederhana,beberap di antaranya yang sempat saya ketahui pada medio beberapa tahun lalu seperti karya - karya group Tofu,Endah & Rhesna,Kunto adji dan masih banyak sekali lain nya,sebab sekarang menjadi sebuah keharusan seorang musisi untuk memiliki sebuah studio musik mini untuk proses perekan karya - karya mereka dan mengabadikan nya secara realtime,agar ide - ide yang datang bisa terabadikan dengan cepat.

Sebenarnya tidak susah untuk membuat sebuah studio musik dan Kini bisa di buat di kamar saja namun tentunya kita memerlukan beberapa peralatan dan juga persiapan untuk membuatnya,diantaranya anda bisa mempersiapkan hal - hal berikut :

Sebuah Ruangan / Kamar

Ya sebuah tempat atau ruangan tentu kita perlukan sebagai tempat area kerja kita,tergantung dari para sahabat semua apakah ruangan kecil atau besar tidak menjadi masalah,tergantuk seberapa komplex studio musik yang akan anda buat,walau dengan ukuran 4 x 3 meter juga sudah mencukupi untuk memulai pembuatan studio musik dalam kamar ini.

Meja Kerja / Rack Peralatan

Siapkan sebuah meja untuk anda kerja,seperti utuk menyimpan layar Pc,atau untuk menyimpan sebuah laptop dan juga aksesoris lain nya seperti soundcard dan juga perlengkapan lain nya.

Instrument Musik / Virtual Instrument

Tergantung dari kebutuhan apakah anda akan membuat sebuah studio komplit dengan drum atau kita hanya cukup dengan sebuah gitar saja dan menggunakan bantuan dari virtual instrument untuk membuat berbagai instrument musik dengan bantuan software saja,karena pada saat ini virtual instrument sudah bisa menyerupai dan mirip denga instrument nyata yang ada,jadi bisa saja kita tidak membutuhkan nya.

Aksesoris Penunjang 

  1. Soundcard external atau internal - untuk input audio yang anda rekam seperti untuk keperluan merekam suara penyanyi atau dari sebuah gitar
  2. Laptop atau PC dengan speck yang lumayan tinggi karena kebanyakan aplikasi pengolah musik atau DAW memerlukan speck yang tinggi agar bisa berjalan dengan lancar,agar tidak berat dan sering hang ketika dalam pengerjaan
  3. Kabel untuk berbagai keperluan yang anda butuhkan seperti kabel mikrophone ,guitar input dan lain nya tergantung kebutuhan.
  4. Mikrophone - Siapkan sebuah mik yang cukup bagus,karena akan sangat berpengaruh pada hasil akhir audio anda ,tersedia banyak di pasaran dari yang cukup terjangkau dan yang premium
  5. Monitor atau Headphone - Gunakan speaker monitor atau headphoe yang bisa merespon frekwensi yang Plat agar memudahkan dalam pengeditan
  6. DAW - atau apalikasi untuk olah musik dan recording audio, anda bisa mencoba beberap seperti Adobe audition,FL Studio - Reason - Presonus - Nuendo - Cubase Pinnale dan lain nya, banyak kok tergantung kesukaan anda 
  7. Peredam - Jika di perlukan untuk meminimalisir suara yang di hasilkan agar tidak mengganggu keluar ruangan dan untuk kenyamanan take recording anda
  8. Harddisk external - Untuk menyimpan beberapa projek yang banyak dan cukup besar sebagai backup untuk antisipasi bila terjadi hal yang tidak di inginkan.
Maka dengan beberapa peralatan yang sudah di persiapkan seperti pada daftar di atas ,sahabat sudah bisa membuat studio musik hanya dalam sebuah kamar dan tidak memerlukan banyak peralatan yang cukup mahal dan memakan tempat,namun akan berbeda apabila anda ingin membuat sebuah studio yang memang di desain untuk keperluan take recording yang profesional dengan segudang peralatan yang harus anda punyai.

Oke sahabat terima ksaih sudah mampir di artikel studio musik Kini bisa di buat di kamar ini semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk para sahabat semua...salam sukses

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »