Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading

09:52
Hallo sahabat semua salam jumpa,terkadang kita selalu di buat kesal apabila di saat kita ingin memutar sebuah film kesayangan atau lagu favorit anda pada sebuah  Dvd Player,ekh tiba – tiba kok ga bisa play dan hanya keluar penerangan pada panel display dengan tulisan Loading terus
Kesel juga yah kalau seandainya kita harus menunggu sampai berjam  - jam bahkan itupun belum tentu film yang kita putar bisa di play dengan baik.

nah ini pasti menandakan bahwa DVD Player yang kita punya mempunyai masalah yang lumayan serius,wah harus jajan lagi nih bawa ketempat service dan harus ganti ini itu,tapi tenang saja sahabat semua mungkin prediksi anda bisa salah dan anda bisa melakukan beberapa perbaikan yang tentunya bisa anda coba dan lakukan sendiri tanpa harus di bawa ketempat service apabila menghadapi masalah seperti ini.

Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading
Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading Sorce : wikipesia.org

Oleh karena itu ada baik nya anda bisa mencoba Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading yang bisa anda lakukan dan menghemat pengeluaran sekaligus mengasah skill anda tentang tekhnik perbaikan elektronik,jadi sebenar nya langkah apa saja yang kita perlukan apabila menghadapi permasalahan seperti ini,yu kita ikuti langkah demi langkah nya,dan semoga bisa mengatasi permasalahan yang kita hadapi ini.

Baca Juga :

Cara memperbaiki speaker aktif yang mati


Langkah pertama Coba Hidupkan tanpa di beri Caset atau DVD

Yah coba anda hidupkan tombol power tanpa di isi dengan kepingan dvd ,coba tunggu beberapa saat apakah muncul di panel depan dengan Tulisan No Disc,Yap sebenarnya cara kerja dvd ini hampir sama dengan CD atau VCD Player ,aatau juga CD Rom pada sebuah PC,Apa bila tulisan sudah muncul maka kita lakukan tahap selanjutnya.

Langkah kedua Coba anda Beri Caset atau kepingan DVD

Apakah ada Putaran Mekanik terdengan dan dvd berputar sebagaimana mestinya,dalam posisi ini tentu ada baiknya anda membuka dulu casing DVD tersebut agas bisa kita analisa dengan Jelas

Langkah ketiga Perhatikan Apakah Optik DVD Menyala atau tidak

Pada saat tidak di beri Caset Biasanya Optik akan bergerak dan di tandai juga dengan sinar laser pada optic tersebut hidup dan biasanya berwarna merah,yang berguna untuk mencuplik informasi data yang akan di loading Jadi Perintah selanjutnya.

Baca Juga :

Beberap jenis konektor audio yang sering di jumpai


Langkah Ke Empat Perhatikan apakah mekanik Bermasalah

Lihat apakah mekanik masih bagus atau tidak,apakah ada yang aus atau Macet,yang bisa menyebabkan kurang baiknya penempatan Caset atau tidak normal pada Posisi Bawaan nya

Langkah Ke Lima Perhatikan Kondisi Caset DVD Baik atau Buruk

Nah bisa jadi kalau kondisi loading terus di akibatkan oleh caset yang sudah terlalu rusak dan jelek sehingga si optic susah untuk membacanya,cobalah dengan Caset yang masih bagus,dan ini sebenarnya anda bisa lakukan juga pada player yang berjenis VCD atau lain nya.

Langkah Ke Enam Perbaikan

Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading sebenarnya anda bisa coba,dengan berdsarkan analisa di atas kalau optic masih bekerja dengan baik maka penyebab kebanyakan DVD Eror atau loading terus di akibatkan Optik Tidak Fokus Pada titik didihnya,atau bisa jadi optic sudah lemah dan ada kemungkinan setingan tidak tepat serta matinya Optik karena termakan Usia karena pemakaian dan sebab lain nya.

Baca Juga :

Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif


Untuk mengatasi nya dengan kasus semacam ini,coba anda  amati pada bagian komponen optic dan biasanya yang paling Bawah terdapat sebuah Potensio Trimpot kecil dan anda bisa seting atau adjust Optik tersebuh supaya bisa membaca kembali dan membuat optic jadi Presisi dengan data yang ia baca.

Setingan Normal atau standar bisa berubah oleh beberapa hal seperti terkena getaran dari mekanik atau karena sudah lemah,coba anda putar trimpot tersebut secara sedikit – sedikit dan pelan,perlu kejelian untuk melakukan nya.

Selanjutnya bersihkan permukaan Optik Dengan Cotton Bud atau Korek kuping dengan secara Perlahan dan searah jarum jam dan lakukan dengan sangat hati – hati,bersihkan juga debu debu yang mengganggu dengan bantuan hairdrayer atau Compresor,kalau tidak juga ga apa – apa yang penting Kita Bersihkan pada area optic dan lainnya.

Coba a nda Masukan lagi Caset nya sambil di seting di bagian trimpot sampai dvd Bisa di loading dengan Cepat,kalau cara itu berhasil berarti optic tidak mati,namun kalau optic tidak ada tanda – tanda kehidupan berarti anda harus menyiapkan dana untuk membeli Optik Baru.

Nah Para sobat Biasanya dengan hanya membersihkan dan mengatur ulang seting Optik sudah bisa mengatasi Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading itu,namun saya tidak menjamin bahwa semua kenda itu bisa selesai,hanya di antara beberapa saja yang sudah saya coba dan berhasil, tidak semua berawal dari kerusakan optic juga,tapi ada beberapa penyebab seperti itu di sebabkan komponen lain.

Oke sahabat semoga artikel Cara mengatasi DVD Player Susah Baca atau loading ini bisa membantu dan silahkan anda praktekan semoga berhasil dan salam sukses….^_^




Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »