Penyebab Hardisk yang susah terbaca di Pc

09:33
Hai sahabat semua,pernahkah anda mengalami tiba tiba harddisk anda tidak terbaca oleh system komputer anda,atau ketika anda beli hardisk baru namun pas mau kita instal Os malah hardisk tersebut tidak terdeteksi pada bios dan membuat kepala kita pusing juga yah,karena kok bisa ya,hardisk baru bisa jadi seperti itu,nah oleh sebab itu pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi seputar Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc

Diantara beberapa pengalaman yang sudah saya temui di lapangan saya ingin berbagi buat sobat semua,karena siapa tau anda saat ini mempunyai masalah yang sama seperti yang pernah saya hadapi juga,siapa tau bisa menjadi solusi bagi para sahabat semua.

Penyebab kondisi seperti itu di antaranya akan saya bagi menjadi beberapa penyebab yang kemungkinan besar seperti ini.
Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc
Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc

1.Kondisi Hardisk Rusak
Ini yang sering kita jumpai bahwa umur hardisk kita tidak bisa prediksi,mau baru atau sudah lama bisa jadi kondisi hardisk tersebut memang sudah rusak.

2.Hardisk terkena Virus
Ini bisa jadi penyebab hardisk anda susah sekali terdetek saat koneksi pada computer,bebera jenis virus yang berbahaya bisa mengakibatkan hardisk susah untuk di kenali karena di blok oleh virus tersebut.

3.Sering mati mendadak
Akibat sering mati mendadak bisa mnjadi Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc,di akibatkan karena hardisk menjadi shock yang di akibatkan oleh tegangan apalagi kalau tidak memakai Ups dan stabilizer
Baca Juga :
Mengetahui Manfaat safe Mode Pada Komputer
Mengenal Cara kerja system Restore Pada Windows

4.Pin Hardisk sering terkena tangan
Disadari atau tidak ketika kita membuka hardisk di usahakan menghindari pin pin dari hardisk ataupun board nya,karena pada saat di matikan tidak serta merta arus listrik di hardisk tersebut hilang semua,dan masih mengandung arus cukup kecil,dengan sentuhan tangan maka bisa timbul arus elektro statis yang mengakibatkan rusak nya Controler board di harddisk.
Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc
Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc

5.Power suplay tidak normal
Kondisi ini pernah saya alami ketika mengganti sebuah hardisk baru namun tetap saja hardisk tersebut tidak bisa di detek,namun pada pc lain saya coba bisa conek,setelah di telusuri penyebab nya adalah drop nya tegangan pada pin power suplay hardisk,setelah di perbaiki pada bagian catu tegangan maka harddisk kembali berjalan normal.
Baca Juga :
Cara memperbaiki Ram Laptop atau PC Rusak

Mengetahui Penyebab Tampilan Pc tidak tampil di layar monitor


6.Mainboard Harddisk Rusak
Main board controler atau papan yang berada pada bagian bawah harddisk sering sekali rusak,untuk kerusakan ringan kita bisa lakukan beberapa perbaikan dengan tool yang banyak beredar,namun kalau rusak sudah parah kita harus ganti mainboard nya dengan type dan juga jenis yang sama.
Oke sahabat semua itulah beberapa Penyebab Harddisk yang susah terbaca di Pc yang paling sering kita jumpai saat melakukan beberapa perbaikan tersebut,semoga bisa bermanfaat untuk anda yang mengalami permasalahan tersebut dan bida menambah pengetahuan kita ,sehingga kita lebih hati hati dalam merawat hardisk yang kita punya agar lebih awet dan tahan lama,selamat mencoba.....

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »