Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple

08:52
Hallo sahabat dan para pengunjung selamat datang,Aki Motor atau mobil yang sudah agak soak memang terkadang merepotkan karena biasanya kita harus ngecas aki tersebut karena arus nya sudah loyo,dan terkadang kita harus mencari tempat yang menyediakan pengecasan aki motor atau mobil kita agar kembali menjadi normal,Repot juga ya kalau keseringan.

Oleh karena itu sebenarnya kita juga bisa membuat sendiri kok casan motor atau mobil  ini dengan sangat mudah dan anda tepat sekali membaca artikel Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple ini,jadi silahkan anda ikuti dan baca lebih teliti ya apa bila anda ingin mencoba membuat casan untuk motor anda agar bisa berhasil.
Baca Juga :
Membuat Rangkaian LED Plip Plop yang sangat Mudah
Cara Membuat Crossover aktif 3 way

Pengalaman ini pun saya alami ketika saya sering iseng – iseng memperbaiki baterai atau accu yang sudah mati dan soak yang a khirnya bisa hidup lagi,namun tentunya membutuhkan sebuah alat atau rangkaian untuk mencharging agar arus listrik nya kembali terisi dan mencoba apakah sydah normal atau belum aki yang saya betulkan itu.

Dari sanalah saya mempunyai ide memanfaatkan beberapa komponen yang tidak terpakai atau bekas yang bergeletakan begitu saja,mending di manfaatkan untuk membuat casan aki saja,namun bisanya kita suka bingung kira – kira kalau tersedia Jenis  adaptornya jenis double atau engkel gimana ya, nah oleh karena itu saya sengaja bagikan rangkaian ini yang  bisa anda bikin untuk trafo berjenis CT atau engkel.

Oke penampakan  serta layout komponen juga nilai nya saya sudah sertakan jadi s ahabat semua tinggal mencatat aja,karena komponen nya cukup sederhana dan sedikit sekali kok Cuma adaptor – Dioda – elco – amper meter,nah untuk amper meter bisa anda pakai atau tidak terserah anda,kalau tidak akan di pakai jumper saja antara titik plus ke negative nya pada penempatan amper meter.
Baca Juga :
Membuat Rangkaian untuk gitar agar suara lebih jelas dan gahar
Oke Untuk menggunakan Trafo 1 atau 2 ampere anda bisa gunakan untuk kedua rangkaian ini,Cuma untuk waktu pengisian akan memakan waktu lebih lama sekitar 7 samapai 8 jaman dan saya sarankan memang lebih bagus untuk menggunakan trafo ber amper kecil untuk mengecas aki motor karena akan berdampak ke awaetan aki tersebut dan tidak akan mudah rusak.

Sedangkan kalau menggunakan Trafo yang berdaya 5 Ampere bisa di gunakan untuk mencharging aki mobil dan membutuhkan kira – kira rentang waktu sekitar 5 jaman sampai penuh, namun perlu di perhatikan bahwa anda harus selalu pantau karena rangkaian ini tidak di lengkapi dengan pengaman seperti di rangkaian yang lebih kompleks.
Baca Juga :
Membuat rangkaian pengaman untuk power amplifier
Anda bisa  mencoba Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple ini  menggunakan gambar yang sudah saya buat dan saya satukan untuk dua versi tersebut seperti pada gambar di bawah ini,yang menggunakan CT dan tidak.
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple

Untuk masking Komponen nya silahkan anda perhatikan pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple

Untuk Layout Jalurnya anda  bisa cetak dan buat PCB nya dengan berbagai cara yang sudah di ulas juga di blog ini silahkan anda cari,ini penampakan bawah nya.
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple

Hati hati jangan sampai terbalik pemasangan kutub – kutub nya,dan selalu perhatikan jangan sampai over atau terlalu penuh maka akan merusak dari aki itu sendiri,oke sahabat semoga Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua selamat mencoba.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »