pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh

11:07
Hallo salam jumpa dan selamat datang kembali para sahabat semua.
semoga kabar anda selalu sehat dan semangat,oke pada kesempatan kali ini saya kembali ingin berbagi sebuah postingan artikel mengenai seputar projek pemancar radio,dan kali ini adalah yang akan kita buat sebuah Booster pada pemancar radio frekwency yang beroprasi pada jalur FM ( Freqwency Modulation ).

Rangkaian Booster adalah sebuah rangkaian yang bertugas sebagai Pendorong pada bagian pemancar FM yang kita punya agar mempunyai daya watt atau keluaran menjadi lebih besar,serta mempunyai jangkauan menjadi lebih jauh lagi,maka dengan rangkaian booster pemancar yang tadinya berdaya watt sekitar 1 watt kita bisa lipat gandakan menjadi 25 watt - 50 watt dll tergantung bagian booster nya,semakin besar booster yang anda punya maka semakin besar daya yang di keluarkan.

Kali ini saya akan berbagi sebuah pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh yang bisa anda terapkan pada pemancar fm yang anda punya,dan anda bisa rakit sendiri sebuah pemancar radio fm yang sederhana saja untuk uji coba buat kalangan sekolah,sendiri atau sekedar hobby dengan menggunakan beberapa rangkaian pemancar fm yang pernah saya ulas sebelum nya di blog ini diantaranya anda bisa buka di bawah ini.

Baca Juga :
Pemancar fm PCB Tuner Rajawali
Pemancar radio fm PCB dan layout nya
Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA
Rangkaian ini bisa anda susun sesudah driver final dan pada bagian outputnya anda bisa masukan atau rangkai di gabung dengan rangkaian ini sebagai booster penguat,jadi susunan nya biasanya sesudah rangkaian OSCILATOR - BUFFER AMPLIFIRE - DRIVER AMPLIFIRE - BOOSTER - ANTENNA.

Namun membuat pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh ini memang kita harus mengeluarkan budget yang lumayan besar ,mengingat bahwa saat ini harga final transistor nya bisa selangit,sebagai gambaran untuk transistor 1971 saja harganya bisa ratusan ribu apalagi 1946,tapi anda bisa juga memanfaatkan komponen second yang lumayan miring harganya,namun tentu masih berfungsi secara normal.

Oke sahabat untuk membuat nya anda bisa menggunakan panduan gambar yang sudah saya buat dan anda tinggal mengikutinya ,serta anda bisa membuat nya pada PCB dengan cara - cara yang pernah saya ulas tentang bagaimana membuat sebuah PCB baik dengan menggunakan metode manual atau bisa juga dengan tekhnik lain nya ,diantaranya

Baca Juga :
10 Langkah membuat PCB Dengan HVS Biasa dengan Cepat
Tips Pengganti Pelarut PCB


Untuk penampakan layout pada PCB serta penempatan komponen nya silahkan anda simak pada gambar bagian atas berikut ini ,silahkan perhatikan dengan cermat pada nilai setiap komponen nya.
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh


untuk jalur penghubung antar komponen anda bisa menggunakan gambar berikut,penampakan jalur tembaga PCB yang menghubungkan setiap Komponen,Saran ( Penting ) buatlah jalu PCB Bagian tembaga ini menghadap atas,atau komponen di tempatkan langsung pada jalur,tidak seperti pada umum nya yang menggunakan jalur tembaga pada bagian bawah,namun kita menggunakan nya sebagai bagian atas,silahkan cek gambar nya.
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh

Gambar berikut adalah penempatan komponen nya agar tidak salah dalam penempatan.
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh

Silahkan gunakan power suplay yang cukup besar dan teregulasi dengan baik agar menghindari dengung dan stabil untuk daya pancar nya,minimal 5 Ampere ,dan mempunyai tegangan catu 13,8v atau 12 volt.
Baca Juga :
Membuat Rangkaian Power Suplay 3 sampai 30 Amper Sederhana
Nah sahabat semua Silahkan di coba sendiri pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh ini untuk membuat sebuah studio mini fm ,atau untuk kalangan komunitas ,dan semoga Berhasil
salam sukses........

Artikel Terkait

Previous
Next Post »