Istilah dan penjelasannya di multimedia

21:24
Hallo para sahabat semua salam jumpa,apa kabar anda hari ini,pada kesempatan ini ,mungkin ada para sahabat yang masih awam beberapa sebutan yang sering kita lihat pada sebuah pc,atau laptop baik berupa hardware internal atau juga aksesoris tambahan lain nya,untuk itu anda bisa membaca Istilah dan penjelasannya di multimedia pada artikel kali ini,silahkan anda baca ya.

Istilah dan penjelasannya di multimedia
Istilah dan penjelasannya di multimedia

VIDEO CARD
API (Appucation Programming Interface) Sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi. Dengan adanya standar API, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasarkan arsitektur hardware tertentu.

Aliasing 
Suatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal yang dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul, monitor akan sulit untuk meteproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat

Core Clock 
Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya, semakin besar nilai frekuensi core clock, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz) dan biasa ditambahkan cakupan nilai seperti Mega (jutaan) dan Giga (miliaran).

D-Sub 
Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.

DVI-l 
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali ke digital.
Baca Juga :
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 01
PROCESSOR 

ALU
Arithmetic and Logical Unit, adalah bagian processor yang melakukan perhitungan dan matematis secara aktual.

CPU Socket 
Socket CPU tun slot CPU mempakan komponen mekanis yang menyediaktn koneksi mekanikal dan elektrikal antara perangkat (biasanya Micro Processor ) dan PCB (motherboard ). Penggunaan socket CPU memungkinkan penggantian CPU tanpa risiko kerusakan terhadap board, misalnya pemasangan pada board dengan disolder langsung

Data width
Lebar data dari sebuah unit ALU. Sebuah ALU) 8 Bit dapat melakukan operasi pada dua 8-Bit angka, sedangkan

ALU.) 32-bit 
dapat beroperasi pada angka 32-bit. Dalam hal melakukan eksekusi, sebuah ALU 8-bit harus mengeksekusi empat inatruksi untuk menambahkan dua 32-bir angka, sedangkan ALU 32. bit mampu melakukannya hanya dalam satu instruksi.

Overclocking 
Proses memaksa CPU untuk menjalankan pada kecepatan clock lebih tinggi daripada yang tercantum pada spesifikasi produsen. Overclocking CPU meningkatkan kinerja CPU meskipun dapat mengakibatkan ketidakstabilan sistem dan kerusakan pada CPU.

sekarang kita lanjut dengan Istilah dan penjelasannya di multimedia pada motherboard
MOTHERBOARD 

Chipset 
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Fungsinya berbeda di setiap komponen. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. Contoh chip yang sangat penting adalah CPU,Sementara, contoh chipset motherboard adalah BX. i810. dan i820.
Baca Juga :
Computer hd bermasalah lakukan ini agar tetap sehat
Kode Negara Internet dan nama domain nya masing – masing
FSB (Front Side Bus) 
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Selain itu, FSB digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen
lainnya yang ada di motherboard.

lDE Controller 
Salah satu fungsi chipset pada motherboard adalah mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya serta memanage-nya.

LGA1156 
LGA singkatan dari Land Grid Array, yaitu jenis socket yang digunakan CPU, khususnya Intel, yang mana pin berada di socket, bukan di processor lagi. Sementara, angka 1 156 menunjukkan jumlah kaki pin processor.

MicroATX 
Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard atau casing untuk menempatkan mother4 board.

PATA/ATA 
Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implemen' tasi komunikasi data secara paralel

dari disk drive dengan controller berbasiskan IDE.

SATA (Serial ATA) 
Evolusi dari Paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial.

NETWORKING 
connection  less Protocol 
Transmisi data yang terjadi antara dua host yang sebelumnya tidak terjadi setup connection sama sekali. Metode itu dapat menghemat bandwidth. Hanya saja, metode itu cenderung memungkinkan teriadinya error dibandingkan metode protocol connection.

Direct-attached storage 
Storage device, bisa dalam bentuk RAID, disk, atau tape, yang terhubung secara langsung dengan server pengakses device tersebut.

Host
Nama untuk mewakili komputer dalam jaringan, termasuk komputer user utau komputer server yang terhubung ke jaringan.

NAS
Network Attached Storage, adalah storage yang dikondisikan sedemikian rupa sehingga siap diakses dalam jaringan.

Storage Area Network 
Adalah jaringan unit-unit storage. Biasanya, jaringan dalam bentuk Fibre Channel dengan menggunakan Fibre Channel Switch.

LAN 
Local Area Network terdiri atas sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil, misalnya pada home network.

Modem 
MOdulator DEModulator. Modulator mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa (carrier) sehingga sinyal siap dikirimkan, sedangkan demodulator memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

NOTEBOOK

PC Card
Kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook sehingga notebook memiliki fungsi-fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, dan Sound. PC Card terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk di antara ketiganya hanya tingkat ketebalan tiap card.

SO-DIMM
Kependekan dari Small Outline DINIM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. SO-DINIM terbagi menjadi dua jenis, yaitu SO-DIMM dengan 72 pin dan SO-DIMM dengan 144 pin. SO~DIMM dengan 72 pin merupakan memory ber-interface 32-bit, sedangkan SO-DIMM dengan 144 pin merupakan memory yang ber-interface 64-bit.

TFT LCD 
Teknologi thin-film transustor yang digunakan pada liquid crystal display. Penggunaan layar TFT LCD juga termasuk bagian yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, TFT LDC dapat ditemukan pada projector, monitor LCD, bahkan sejak 2004, TFT LCD menggantikan CRT pada televisi.

Touchpad 
Adalah alat input yang biasanya digunakan pada komputer lapt0p, Fungsinya sebagai penggerak kul-.. sor pada monitor melalui stimulasi sentuhan jari pada touchpad, Touchpad digunakan sebagai pengganti mouse.

PRINTER 

Inkjet printer 
Unit printer atau untuk jenis unit all-in-one, yang menggunakan penembakan tinta cepat kering melalui lubang nozzle kecil dalam membentuk gambar atau karakter di kertas. Saat ini, printer inkjet menjadi standar printer untuk digunakan pada komputer personal (PC). Hal itu dikarenakan inkjet printer Paper Tray Wadah tempat menampung kertas kosong yang akan dicetak atau penampung kertas yang sudah dicetak/diprint.

Pictbridge
Teknologi printer yang dapat secara langsung menerjemahkan data gambar ke hasil cetakan pada kertas tanpa melalui PC.

Port Polling
Merupakan prosedur yang dijalankan oleh Windows ketika komputer di-booting dan ketika suatu print job dikirimkan dari aplikasi tertentu. Sistem operasi secara
otomatis akan melakukan cek dari
parallel port (jika menggunakan interface ini) maupun port-port lainnya untuk memastikan printer telah siap untuk menerimakan print job baru. Biasanya, port polling dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan kecepatan proses print.

PPM (Paper Per Minute) 
Kecepatan mencetak hasil pada kertas dalam hitungan per 60 detik. Biasanya, PPM ini digunakan oleh mesin-mesin cetak ataupun printer.

Print Cartridge 
Merupakan komponen utama printer yang terdiri atas print-head, penampung tinta, dan sistem elektronis yang menyalurkan tinta. Print-head Untuk printer inkjet, tempat nozzle dan elektronik pengatur tinta berada.


Active PFC 
Karakteristik catuan daya arus bolak-balik (AC) memiliki dua macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinear. Sewaktu-waktu PSU akan terbebani dengan high impulse, yang akan memengaruhi tegangan masukan (main voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive power ini dapat ditekan seminimal mungkin. Sementara itu, active PFC memungkinkan transformer PSU untuk mengonsumsi daya secara proporsxonal sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Di negara-negara maju, feature active PFC mulai direncanakan menjadi feature wajib untuk dapat memenuhi standardisasi Energy Star.

Power Factor 
Rasio perbandingan antara active power dengan total active dan reactive power. Pada kebanyakan PSU, nilai power factor adalah pada kisaran 0,65. Sementara itu, PSU dengan active PFC memiliki power factor antara O,97-0,99.

SPEAKER 

Coaxial
Adalah salah satu bentuk kabel yang digunakan sebagai interkoneksi antara peralatan elektronik dan mengirimkan data audio atau video. Kabel jenis ini memiliki karakteristik penggunaan satu buah pin di tengah sebagai pengirim data dan dikelilingi pelindung logam yang berperan sebagai ground. Selain mengirimkan data analog, coaxial juga dapat mengirimkan data digital.

Optical transmission 
Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil daripada sehelai rambut.Optical transmission dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer.
Cahaya yang ada dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias kaca lebih besar daripada indeks bias udara, sementara laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Driver atau Transducer
Adalah nama lain dari speaker, tetapi tidak termasuk boks maupun komponen elektronik lainnya seperti amplifier. Ukuran tiap driver biasanya ditentukan dari diameter membran speaker dengan satuan inci.

MONITOR 

CRT
Cathode Ray Tube, jenis momtor Yang menggunakan tabung besar sebagai display yangbiasanya Anda temukan pada umt TV konVensional.

LCD 
LiQuid Crystal Display, adalah lenis monitor terbaru yang menggunakan bahan cairan kristal untuk membentuk penampang display di monitor.

TFT 
Thin Film Transistor, suatu tipe teknologi monitor LCD yang mana tiap pixel terhubung langsung dena gan komponen transistor.

Pixel 
Kependekkan dari picture element. Pixel merupakan elemen terkecil yang membentuk gambar dalam monitor.
Colours Menunjukkan jumlah warna yang dapat ditampilkan oleh monitor.
Kemampuan monitor tertinggi saat ini mencapai 16,7 miliar warna.

Dithering 
Dithering adalah salah satu teknik untuk memprediksi warna tertentu berdasarkan percampuran wamawarna sekitarnya.

Response Time 
Menunjukkan seberapa cepat monitor bereaksi terhadap perubahan konten grafis di monitor. Semakin cepat bereaksi, maka monitor semakin baik.

HDD 
Acces time
Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data.

EIDE 
EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronics), juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAP! (Advanced Technology Attachment Packet Interface), istilah pada zaman PC IBM AT. EIDE berkecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standar ATA-133. Keterbatasan EIDE adalah panjang kabelnya yang maksimal 18 inci (450 mm).

NCQ 
NCQ (Native Command Queuing),
merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerja harddisk, NCQ juga mengoptimalkan umur mekanisme harddisk.

Porpendicular Rocording 
Perekaman data dalam harddisk dengan memosisikan arah magnetisme di permukaan platter secara vertikal, bukan horizontal seperti cara konvensional. Dengan perpendicular recording, ruang plater untuk menyimpan data makin kecil sehingga meningkatkan densitas data yang dapat ditampung.

Spindle 
Dalam harddisk, spindle mengarah pada poros tiang piringan tempat menampung data (platter).
oke sahabat semua semoga pembahasan mengenai Istilah dan penjelasannya di multimedia bisa bermanfaat untuk para sahabat semua,terimakasih sudah menyimak.

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »