KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYSTEM MODULASI NYA

10:28
Hallo sahabat semua ,untuk anda para penggemar pesawat pemancar atau juga seorang breaker di jalur frek wency,tentu sudah hatam betul jalur 11 meteran bukan ,nah pada kesempatan kali ini sedikit kita ulas untuk menambah pengetahuan kita mengenai KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA.

Gelombang elektromagnetik dijalur 11 meter (27MHz) termasuk dalam kelompok gelombang pendek memiliki sifat dapat melewati lapisan-lapisan atmosfir bumi yang terdiri dari lapisan tr0phosphere (berjarak + 10 km dari permukaan bumi), lapisan stratOposphere (mencapai + 90 km dari permukaan bumi) dan yang terakhir lapisan ionosphere (dengan batas lebih dari 350 km di atas bumi). Selanjutnya gelombang frekuensi tinggi pada lapisan ionosphere di ketinggian tertentu dapat terjadi out off frekuensi sehingga gelombang 27MHz tersebut dipantulkan kembali kebumi.

KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA
KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA

Hubungan keseluruh penjuru dunia dapat saja terjadi saat tarap ionisasi tertinggi yaitu pada musim penghujan,Frekuensi 27 MHz merupakan salah satu frekuensi yang mudah mencapai penjuru dunia sehingga belahan dunia yang berlainan kutubnya dapat saja terjadi.

Untuk mendapat optimalisasi daya tangkap penerima untuk jalur ini sebaiknya ketinggian antena harus setengah panjang gelombangnya dari permukaan tanah. Namun akan lebih baik lagi jika penempatannya berada di atas bukit dengan arah antena menuju ke pusat pemancar.
Jalur ini khusus dipakai pada siang hari terutama pada musim penghujan yaitu selama siklus matahari berada dalam kondisi maksimum.

Musim kemarau hubungan DX sangat tidak menentu sehingga jarak jangkau gelombang elektromagnetik pada jalur 11 meter ini hanya dapat mencapai medium range (jarak menengah). Semua itu disebabkan oleh sebuah ionisasi yang disebut sporadical dan terletak pada 100 km sampai 200 km dari permukaan bumi, sehingga hubungan DX antara benua cepat berubah ubah.
Baca Juga :
Lay Out PCB Bosster Pemancar FM 25 Watt Untuk Pemancar komunitas
PCB Layout Driver Untuk Booster Pemancar Fm 25Watt
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh

Dijalur frekuensi tinggi ini juga terdapat istilah yang disebut desk zone.
Hubungan DX yang melintasi barat laut timur permukaan bumi temtama yang melewati daerah kutub merupakan yang tersukar ditembus, sedangkan hubungan DX yang terbaik adalah sepanjang lintasan utara-selatan.
KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA
Lalu beberapa pembagian modulasi nya anda bisa menyimak nya pada bagian bawah berikut ini.
KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA
KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA

PEMBAGIAN SISTEM MODULASI 

Sebelum membahas perakitan radio komunikasi jalur 11 meter sebelumnya kita perlu mengenal sistem pemodulasian sehingga jika terjadi suatu masalah pada transceiver (pemancar dan penerima), Anda dengan mudah dapat mengetahui bagian mana yang harus diperiksa dengan tepat. Pemodulasian komunikasi radio yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum adalah:

a. Modulasi DSBFC/AM 

b. Modulasi DSBSC 

c. Modulasi SSB 

d. Modulasi frekuensi (FM) 

e. Modulasi telepon 

Sistem modulasi yang akan dibahas oleh adalah sistem DSBPC; DSBSC, dan SSB. Yang dimaksud dengan modulasi di sini adalah proses pencampuran antara dua buah sinyal/gelombang, yaitu antara gelombang pembawa (carrier) dan gelombang audio/informasi.
Baca Juga :
Membuat Alat Ukur Sinyal Frekwensi Sederhana
Cara membuat power meter sederhana untuk pemancar
Sistem Modulasi DSBFC
Sistem modulasi DSBFC (double side band full caqier, jalur samping ganda pembawa penuh) ini umumnya diterapkan oleh radio-radio yang bekerja di jalur midle wave (MW) dan menerapkan modulasi amplituda (AM). Sinyal pembawa (canier) yang membutuhkan daya besar harus dipancarkan walaupun tanpa informasi (sinyal audio). Sinyal audio ini terdapat pada” sisi kiri dan sisi kanan sinyal pembawa. Sistem ini adalah yang akan dipakai oleh transceiver. Karena pembawa yang membutuhkan daya besar harus tetap dipancarkan meskipun tanpa infomasi. sistem DSBFC ini memang begitu efisien.

KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA
KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA
Sistem Modulasi DSBSC 
Sistem modulasi DSBSC (double side band supressed carrier, jalur samping ganda pembawa tertindas) memiliki beberapa kelebihan dibandingkan modulasi DSBFC. Pada sistem DSBSC, sinyal pembawa yang menyerap daya besar sudah ditindas/ditekan oleh rangkaian modulator balans, baik berupa rangkaian aktif maupun pasif. Keluaran informasi dari sistem DSBSC adalah sinyal audio yang memodulasi/membawa sinyal pembawa dan merupakan kebalikan dari sistem DSBFC, sehingga sistem ini cukup efisien.

Modulasr SSB (single side band, Jalur samping. Jalur sinyal informasi dimasukkan dan mempengaruhi tarafsamping tetap mantap/stabil sesuai dengan perintah infomasi. Informasi  ditumpangkan pada satu sisi jalur samping. Untuk menghasilkan mendapatkan sinyal SSB. sinyal DSBSC harus ditapis oleh sebuah modulator balans. Sistem SSB ini jauh lebih efisien dari kedua sistem pendahulunya.

Oke sahabat semua ,semoga pembahasan mengenai KARAKTERISTIK GELOMBANG 11 METER DAN SYTEM MODULASI NYA Bisa bermanfaat untuk para pengunjung dan sahabat semua,salam sukses.....

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »