layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya

17:54
Hallo sahabat semua kali ini saya akan berbagi sebuah cara membuat layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya di artikel berikut ini,dari metode manual dan beberapa metode lain nya

Menggambar Pola-Jalur PCB dengan Spidol Tahan Air 

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan pola ini
PCB (printed circuit board, papan rangkaian tercetak) adalah, PCB polos sebelum digambar harus dibersihkan dengan thinner atau. sabun untuk menghilangkan lemak yang melekat.
layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya
layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya

Setelah dikeringkan, pola-jalur digambar pada PCB polos dengan bantuan spidol permanent atau yang tahan air
Apa bila sudah beres, maka penggambaran dengan spidol dianggap selesai. Pembuatan pola-jalur PCB memang peranan yang cukup penting, karena itu teliti kembali gambarnya apakah ada yang salah pada desain yang dibuat.

Menggambar Pola-Jalur PCB dengan Sistem Afdruk/Cetak 

Selain dengan spidol tahan air, pembuatan pola-jalur PCB juga dapat dilakUkan dengan cara afdruk atau cetak. Hasilnya akan lebih bagus terutama jika Anda telah menguasai caranya. Proses pembuatan PCB“ dengan cara afdruk adalah sebagai berikut:
Baca Juga :
Cara membuat Komponen Masking Pada PCB dengan sangat Mudah
Mengatasi suara speaker smartphone yang pecah dan sember
Seperti di atas, PCB dibersihkan dahulu dari lemak dengan sabun atau thinner.
Setelah dikeringkan, semprot permukaan, PCB polos dengan'larutan' Positif 20 (larutan kimia yang dikemas dalam kaleng dan banyak dijual di toko-toko elektronika). Penyemprotan dilakukan di kamar gelap (tidak boleh terkena cahaya matahari dan lampu neon), tetapi dapat diterangi lampu pijar biasa berdaya 5 watt secara tidak langsung. Biarkan beberapa lama agar lapisan Positif 20 ini kering.

Sebelum penyemprotan, Anda harus menyediakan film (klise positif). Tempelkan film positif tersebut di atas PCB yang telah disemprot rata oleh positif 2.0. Letakkan kaca bening di atas film tersebut agar film tidak bergeser dan merapat ke PCB.

Setelah siap, PCB yang dilapisi filem positif dan kaca bening ini dijemur di bawah sinar matahari. Penjemuran terbaik dapat dilakukan saat matahari bersinar cerah selama 3-5 menit.
Masukkan PCB yang telah selesai dijemur ke dalam larutan NaOH selama beberapa” menit.
Gambar yang Anda inginkan akan terlihat jelas. (jangan dilap). Sampai di Sini proses afdruk/cetak seles .

Menghilangkan Tembaga yang Tidak Diperlukan 
layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya
layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya

Setelah pola-jalur tergambar pada PCB polos, baik dengan Spidol upun memakai cara afdruk, bagian PCB yang tidak diinginkan harus kita hilangkan. Cara menghilangkan tembaga yang tidak diinginkan nya sebagai berikut, larutkan stengah bungkus (:50 gram) bubuk ferry chlorida (FeCLa) 100 ml (iii gelas) air dalam mangkuk plastik! Jangan g penampung dari bahan logam. Biarkan sampai beberapa menit sampai tembaga hilangTutup/ jauhkan larutan }
Setelah PCB dilarutkan dengan FeCl3, siapkan bor mini dengan. diameter mata bor 0,7-1 mm. Karena kita melubangi dengan sistem manual,
Baca Juga :
Cara Mengatasi Laptop sering Mati sendiri saat di pakai
Cara memperbaiki aki kering soak atau mati dengan mudah
sebaiknya pola-jalur PCB menghadap ke atas. Untuk menghindari kesalahan letak lubang yang dapat menyebabkan patahnya kaki lF' atau kumparan lainnya, sebaiknya pemboran ini dilakukan dengan hati-hati dan dibuat agar pas dengan jarak antar-kaki lFT yang sebenarnya.
itulah para sahabat beberapa cara membuat layout pcb Bisa di buat dengan mudah baca caranya yang tadi sudah kita ulas bersama.

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »