Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02

11:00
Oke sahabat semua kita klanjutkan artikel ini dari pembahasan artikel sebelum nya yaitu :
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 01
Sekarang kita bahas hal lain nya yang masih berhubungan dengan CD ini.
Kelebihan Compact Disc (CD)

Teknik pembuatan CD jauh lebih sulit dan kompleks dibanding teknik pembuatan PH (piringan hitam) biasa. Tetapi, sangat banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dari pemakaian CD ini.

Secara umum, CD memberikan banyak kemudahan seperti :

Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02
# Bentuknya kecil, ringan, sangat mudah dibawa tanpa takut rusak atau pecah (ada kotak pelindung) serta mudah disimpan.

# Compact Disc tidak memerlukan kerja manual tambahan seperti tracking adjustment, perletakan tonearm, serta mikanya besar melampau teknik analog manapun, distorsi yang sangat kecil, dan flutter yang amat sulit diukur karena kecilnya, pemisahan kanal kiri dan kanan yang nyata, dan tanggapan frekuensi yang datar (flat).

# Tidak ada desis pita. Piringan konvensional (yang dibuat melalui perekaman pita analog) semuanya mengandung desis pita yang sangat terdengar khususnya pada lagu yang lembut. Sementara perekaman digital, sebaliknya hanya bergantung pada deretan angka 0 dan 1 ; dan pada saat kapanpun, pertanyaan yang harus dijawab hanyalah ’ya’ atau ”tidak” saja. Akibatnya, desis pita yang melekat menjadi hilang sama sekali.
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02

# Tidak ada desis permukaan. Infomasi dibaca dari disk oleh berkas laser, tanpa kontak mekanis apapun. Desis sedikit sebagai latar belakang yang disebabkan oleh penapakan stylus intan pada permukaan piringan LP yang tidak cukup halus sudah menjadi masa lalu. Kalaupun masih ada desis kecil, maka hal itu disebabkan oleh gangguan termis dalam' rangkaian penguat dan seterusnya, pasti bukan dari CD.

Baca Juga :
fungsi audio processor pada sound system
Mengatasi suara speaker smartphone yang pecah dan sember
# Jangkauan dinamik lebar. Kalau 'ruang” diantara bagian-bagian paling lembut dan paling nyaring pada LP konvensional adalah sekitar 50-60 dB, disk digital CD mempunyai jangkauan dinamik 90 dB. (Ingat bahwa kelebihan 6 dB berarti dua kali, sehingga perbedaannya mencapai suatu faktor lebih dari seratus)

# Cacat rendah. Berbagai jenis cacat
yang merayap ke dalam isyarat dalam tahap-tahap perekaman pita, mastering piringan dan manufaktur piringan sebagian besar terhapus oleh teknologi digital.
Koreksi kesalahan secara otomatis. Kesalahan-kesalahan seperti terlempar keluar akibat kotoran pada piringan dapat dikoreksi dalam batas-batas tertentu, secara otomatis penuh oleh sarana elektronik murni.

# Ketahanan terhadap debu, goresan kecil, dsb. CD itu tidak semudah LP terkena sidik jari, goresan kecil pada permukaan dan debu. Karena kontaminasi semacam itu akan berada pada permukaan, sedang infomasi berada di bawah permukaan, laser yang membaca informasi dengan sendirinya mengabaikan ketidakaturan kecil pada pemukaan. CD ini masuh juga dimasukkan dalam kotak plastik yang didesain bagus untuk safety. Asalkan tidak rusak berat, CD bisa bertahan (secara teori) untuk selamanya.

# Pengoperasian yang mudah. Tidak ada pita kaset yang harus digulung maju atau mundur. Bagi penggemar musik klasik, lagu-lagu yang berurutan dan diprogramkan secara khusus bisa berguna hanya dalam kasus-kasus yang luar biasa, namun demikian, mudahnya dan amannya pengoperasian sangat menarik untuk musik apapun yang dipilih. Fasilitas-fasilitas memori, ulang dan pencarian yang fleksibel.

Baca Juga :
Cara mengetahui Driver untuk semua Laptop
Cara mengatasi LCD Mati Total Dengan Mudah
Kita dapat mendaftar sejumlah trek dalam urutan yang bagaimanapun dalam memori CD-player, lalu mulai main dengan menekan tombol. Dapat juga diprogramkan untuk mengulang trektrek individual-trek yang berurutan, seluruh disk, atau bagian yang bisa dipilih sekehendak hati kita. Fungsi penampilan yang serba guna. CD tidak hanya mengandung musik, tetapi juga banyak sekali informasi tambahan seperti nomor trek, waktu main total, waktu yang telah lewat dan waktu yang sisa, posisi dalam trek yang sekarang, dan banyak lagi kelebihan lainnya. 

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »