Apa itu Virus Malware bentuk dan jenisnya

12:37
Hallo para sahabat semua,pernahkah anda mengalami sebuah gangguan pada laptop atau komputer yang di akibatkan oleh sebuah virus,tentunya banyak sekali varian virus yang ada pada saat ini,namun tentu saja yang sering browsing atau sering banget menyerang adalah jenis virus malware nah untuk itun dalam artikel ini yu kita buka lebih jauh mengenai Apa itu Virus Malware dan bentuk nya.
Apa itu Virus Malware bentuk dan jenisnya
Apa itu Virus Malware bentuk dan jenisnya

MENGUNGKAP WAJAH MALMWARE
Istilah, definisi, dan terminologi yang berbeda tentang malwal mempersulit kita dalam menentukan apa itu malware.

Bootleg, situs dan program ile sharing, drive USB flash, kartu memory, jaringan, lampiran e-mail, instant messenger, Internet jika kita menggunakan salah satunya, ada kemungkinan kita terkena malware. Karena setiap orang yang menggunakan komputer pada akhirnya pasti menggunakan salah satu hal tersebut, hampir semua orang yang menggunakan komputer berada di bawah ancaman infeksi malware. Malware seperti virus adware, trojan horse, dan
spyware sekarang bisa dengan mudah masuk ke komputer karena semua konektivitas dan popularitas perangkat penyimpanan portabel.

Pengaruh Malware pada Sistem Malware dapat membahayakan sistem dan memiliki kemampuan untuk campur tangan dalam keamanan sistem. Dibandingkan dengan infeksi malware, ancaman yang ditimbulkan oleh virus biasa tidak adaapanya.

Malware juga memberikan jalan bagi banyak program berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam sistem. Hal-hal membahayakan itu membuat permintaan akan program antimalware meningkat dan menjadi sangat populer serta penting saat ini. Malware juga dikatakan sebagai wabah karena memengaruhi sebagian besar komputer. Setelah komputer terinfeksi malware, semua komputer lain yang berinteraksi langsung atau tidak langsung dengannya bisa terinfeksi juga. Komputer yang terinfeksi akan mengalami penurunan performa. Dalam kasus adware, korban akan terus menerus direcoki oleh iklan POP UP Yang mengganggu.
Apa itu Virus Malware bentuk dan jenisnya
Apa itu Virus Malware bentuk dan jenisnya

Bagaimana Malware Masuk Kali Pertama ke Sistem Kita? Ada banyak cara malware masuk ke sistem kita dan kita harus memahaminya. Sumber utamanya adalah e-mail, website, iklan pop-up, instant messenger, serta situs dan program File sharing.

Perlu diingat bahwa men-download file dari situs yang tidak aman dan situs ilegal bisa membuat sistem mudah terinfeksi. Banyak situs yang menawarkan download gratis, seperti download lagu mp3 dan program, dan embel-embel “gratis” itu mendorong banyak orang untuk mengunjungi situs tersebut dan men-down. load file. Situs itu juga memungkinkan user untuk membuat account sendiri untuk men-download file.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa file yang di-download sebenarnya berasal dari komputer lain dan karena itu bisa terinfeksi. Itulah yang membuat malware menyebar ke seluruh dunia. Orang-orang berbagi file yang terinfeksi
dan file itu menyebar dengan cepat.

Wajah-Wajah Malware 

Mari kita definisikan dulu beberapa istilah yang akan kita"“gunakan di sini. Malware (malicious software) adalah software yang khusus dikembangkan untuk menyusup atau merusak sistem komputer tanpa sepengetahuan atau izin pemilik. Malcode (malicious programming code) adalah kode pemrograman yang diperkenalkan pada tahap pengembangan software dan umumnya disebut sebagai malware payload.
Antimalware adalah program yang memerangi malware, entah itu perlindungan real-time atau pengecekan dan penghapusan malware. Antivirus dan aplikasi antispyware dan malware scanner adalah contoh antimalware.

Penting untuk diingat bahwa seperti rekan virus, tujuan nomor satu malware adalah reproduksi. Tujuan tambahannya adalah merusak sistem komputer,“ merusak data, atau mencuri informasi rahasia.
Sekarang, mari kita lihat wajahwaiah malware.

Virus Komputer Tidak Terkenal 
Virus komputer adalah malware yang mampu menginfeksi komputer, tetapi bergantung pada cara lain untuk menyebarkan diri. Virus yang sebenarnya dapat menyebar dari komputer ke komputer lain hanya dengan menempelkan diri ke beberapa file executable yang lewat di antara mereka. Contoh virus tersebut adalah virus yang tersembunyi dalam file PDF yang dilampirkan pada e-mail.

Kebanyakan virus terdiri atas replicator (ketika program target diaktifkan, virus juga aktif dan prioritas pertama malcode virus adalah menyebarkan diri), concealer (virus komputer bisa menggunakan salah satu metode untuk bersembunyi dari antimalware), dan payload (malcode payload virus dapat
dimaksudkan untuk melakukan apa saja, mulai mematikan fungsi komputer sampai menghancurkan data)

Contoh virus komputer yang beredar
di luar adalah W32.Sens.A, W32.Sality.
AM, dan W32.Dizan.F. Kebanyakan

software antivirus akan menghapus virus begitu aplikasi memiliki file signature nya.

Worm Komputer yang Populer 
Worm komputer lebih canggih daripada virus karena mampu mereplikasi tanpa campur tangan user. Jika malware menggunakan jaringan (Internet) untuk menyebarkan diri, malware itu cenderung terkategori sebagai worm daripada
virus. Komponen utama worm adalah tool penetrasi (malcode yang memanfaatkan kerentanan pada komputer korban untuk mendapatkan akses), installer (tool penetrasi untuk meloloskan worm dari mekanisme pertahanan awal.

Pada saat ini terjadi, installer mengambil alih dan mentransfer bagian utama malcode ke korban), tool pencari (setelah menetap, worm menggunakan beberapa metode untuk menemukan komputer yang lain pada jaringan, termasuk alamat e-mail, daftar host, dan query DNS), scanner (worm menggunakan scanner untuk menentukan apakah komputer target yang baru ditemukan bisa dimasuki atau tidak), payload (malcode yang berada pada komputer korban. Itu bisa berupa apa saia, mulai aplikasi akses remote sampai key logger yang digunakan untuk menangkap nama user dan password).
Baca Juga :
Gejala komputer terkena malware
Istilah dan penjelasannya di multimedia
Worm adalah kategori malware yang paling produktif, dimulai dengan worm Morris pada 1988 dan berlanjut sampai saat ini dengan worm Confic. Namun demikian, sebagian besar worm komputer dapat dihilangkan dengan malware scanner.

Backdoor yang Tidak Diketahui Backdoor mirip dengan program akses remote yang digunakan banyak orang sepanjang waktu. Mereka dianggap malware ketika diinstal tanpa izin (memang itu yang diinginkan si penyerang) dengan mengeksploitasi kelemahan komputer target. Metode lain adalah mengelabui user untuk menginstal backdoor. Setelah terinstal, backdoor memungkinkan penyerang untuk mengontrol komputer yang diserang dari jauh.

SubSeven, NetBus, Deep Throat, Back Orifice, dan BioNET merupakan backdoor yang telah mendapatkan ketenaran. Malware scanner biasanya bisa menghapus backdoor.

Trojan Horse Dalam bukunya yang berjudul Malware, Fighting Malicious Code, Ed Skoudis dan Lenny Zelter mendefinisikan trojan horse sebagai program yang tampaknya memiliki beberapa fungsi yang berguna atau jinak, tetapi menutupi fungsi jahat yang tersembunyi.

Trojan horse menutupi payload selama instalasi dan eksekusi program supaya antimalware tidak mengenali malcode. Beberapa teknik penyembunyian di antaranya adalah mengganti nama malware menyerupai file yang biasanya ada, merusak antimalware yang diinstal supaya tidak merespons ketika antimalware menemukan malware, dan menggunakan kode polymorphic untuk mengubah signature malware sebelum software menerima file signature baru.

Contoh utama trojan horse adalah Vundo. Ia menciptakan iklan, menurunkan performa sistem, dan mengganggu browsing web. Biasanya, untuk mendeteksi dan menghapusnya diperlukan malware scanner yang diinsral pada LiveCD.
Baca Juga :
Computer hd bermasalah lakukan ini agar tetap sehat
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 01
Mengetahui Sejarah CD Compact Disk Digital Dan Kelebihan nya 02

Adware/Spyware 
Adware adalah software yang menampilkan iklan-iklan pop-up tanpa izin Anda. Adware biasanya terinstal sebagai komponen software gratis. Selain menjengkelkan, adware dapat menurunkan performa komputer secara signifikan.Sementara itu, spyware adalah software yang mengumpulkan informasi dari komputer tanpa sepengetahuan pemiliknya. Pada umum-nya, software gratis berisi spyware sebagai payload. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk membaca user agreement.

Sebagian besar program antispyware akan segera menemukan adware/spyware yang tidak diinginkan dan menghapusnya dari komputer. Bukan ide yang buruk juga untuk menghapus file temp, cookie, dan riwayat browsing dari program browser web secara teratur sebagai langkah pencegahan.

Rootkit 
Semua malware yang telah disinggung mempunyai karakteristik yang khas sehingga setiap tipe mudah untuk didefinisikan. Sayangnya, itu tidak berlaku untuk rootkit.

Pengembang malware telah menemukan cara untuk menggabungkan fitur terbaik dari berbagai jenis malware untuk meningkatkan peluang keberhasilan mereka. Contohnya adalah rootkit yang menggabungkan trojan horse dan backdoor ke dalam satu paket. Jika keduanya digabungkan, penyerang bisa mendapatkan akses ke komputer tanpa menimbulkan kecurigaan apa pun.

Rootkit adalah salah satu ancaman penting. Rootkit memiliki dua fungsi utama, yaitu kontrol/perintah dari Jauh (backdoor) dan menguping software.
Rootkit memungkinkan seseorang untuk mengendalikan komputer secara administratif yang artinya mengeksekusi file, mengakses log, monitoring aktivitas pengguna, dan bahkan mengubah konfigurasi komputer. Oleh karena itu, secara teori sekuriti program VNC bisa dikatakan rootkit. Kemungkinan itu mengejutkan banyak orang karena mereka menganggap rootkit adalah semata-mata malware dan nyatanya mereka memang tidak selalu jahat. Salah satu contoh rootkit yang terkenal adalah upaya Sony BMG untuk mencegah pelanggaran hak cipta. Sony BMG tidak memberi tahu siapa pun bahwa ia menempatkan software DRM pada komputer ketika CD tertentu dimainkan. Teknik penyembunyian rootkit yang digunakan Sony begitu baik sehingga tidak satu pun antivirus atau aplikasi antispyware yang mendeteksinya.

Kode Mobile 

Kode mobile menjadi cara yang paling efektif untuk menginstal malware pada komputer. Kode mobile adalah software yang diperoleh dari remote server, ditransfer melalui jaringan, lalu di-download dan dijalankan pada sistem lokal. Contoh kode mobile adalah JavaScript, VBScript, kontrol ActiveX, dan animasi Flash. Gagasan utama di balik kode mobile adalah konten aktif yang mudah untuk dikenali. Itu adalah konten halaman dinamis yang membuat browsing web menjadi interaktif..

Yang membuat kode mobile berbahaya adalah instalasi tanpa izin pemilik atau menyesatkan user tentang kegunaan software. Kode mobile biasanya serangan pertama dari serangkaian serangan, mirip dengan tool penetrasi yang digunakan oleh trojan horse. Setelah itu, penyerang dapat menginstal malware tambahan. Cara terbaik untuk memerangi kode mobile adalah meng-update sistem operasi dan semua software tambahan.

Ancaman Gabungan 

Malware dianggap sebagai ancaman gabungan ketika berusaha untuk memaksimalkan perusakan dan memperbanyak diri dengan menggabungkan beberapa malcode. Ancaman gabungan perlu mendapat perhatian khusus karena dapat
mengeksploitasi beberapa kelemahan atau bahkan menciptakan kerentanan, menggunakan metode alternatif untuk replikasi, dan mengotomatisasi eksekuSi kode sehingga tidak perlu interaksi user.

Contoh ancaman gabungan adalah dapat mengirim e-mail HTML berisi trojan horse bersama lampiran PDF yang mengandung jenis trojan horse berbeda. Beberapa ancaman gabungan yang lebih terkenal adalah Nimda, CodeRed, dan Bugbear. Untuk menghapus ancaman gabungan dari komputer, diperlukan beberapa antimalware serta malware scanner pada LiveCD.

Mengurangi Bahaya Malware 

Apakah mungkin untuk mengurangi bahaya yang disebabkan malware? Berikut adalah beberapa pertimbangan mengenai hal tersebut. Malware tidak akan hilang dalam waktu dekat, terutama karena banyaknya uang yang bisa didapat dari penggunaannya. Karena semua aplikasi antimalware bersifat reaktif, mereka cen' derung gagal. Pengembang yang mencipv takan sistem operasi dan software tidak boleh memberikan toleransi terhadap kerentanan software. Setiap pengguna komputer perlu lebih banyak belajar cara bereaksi terhadap lingkungan malware yang selalu berubah. Terakhir,pastikan sistem operasi dan software up to date. 

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »