Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason

13:08
Desain sound bass Dengan Synthesizer
Hallo sahabat,apakah kita cukup kesulitan dalam membuat sebuah suara atau sound bass sesuai dengan apa yang kita ingin kan,tenang pada saat sekarang,walau kita tidak punya bass yang mahal atau bagus ,anda bisa membuat nya dengan bantuan software bernama Reason,dan anda bisa baca artikel ini yaitu Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason

Bayangkan ketika kita hanya memiliki perangkat paling sederhana. Sebuah komputer PC, interlace tanpa input MIDI. Kita tidak punya gitar bass, tidak punya MIDI controller atau alternate controller lainnya. Sementara ada pekerjaan yang harus dikerjakan dengan deadline beberapa iam. Bagaimana kita dapat menghasilkan suara bass pada musik sederhana?

Dalam dunia home recording, ada saja pekerjaan yang menuntut kita untuk mengerjakannya secara cepat dengan kualitas suara yang bagus. Masalah keterbatasan biaya yang bermuara pada minimnya perangkat hardware maupun instrumen studio rumahan adalah hal yang klise. Tapi kita tidak boleh putus asa.
Musisi yang tidak memiliki instrumen bass atau cuma memiliki gitar bass buruk dengan suara yang buruk, tidak usah bingung. Problem menghasilkan suara bass yang baik juga ada, walau kamu punya gitar yang baik. Merekam bass tanpa pre-amp adalah salah satu
penyebabnya.
Baca Juga :
fungsi audio processor pada sound system
Mixer Audio untuk Sound sytem Lapangan yang Murah namun Gahar

Dan memang sangat sukar sekali mencari hasil rekaman suara bass dengan kualitas ideal seperti yang kita inginkan, apalagi untuk disejajarkan dengan kualitas rekaman asing. "Kita pasti ingin suara bass yang tebal, dinamik yang luas, dan tone yang jelas. Di sini kita me pemecahannya dengan synthesizer untuk pengisian bass
pada musik ilustrasi, jingle iklan atau demo tape Anda.
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason

software
Untuk memecahkan masalah ini, Anda bisa memilih banyak software, tapi sekarang ini saya mengusulkan 2 software pro yang biasa saya gunakan, yaitu Reason (Properellhead ) dan Finale. Reason kita gunakan sebagai pengolah data MIDl menjadi voice bass dan kita akan menggunakan fitur “Subtractive Synthesizer” yang berbasis sintesis yang dimilikinya untuk mengolah suara. Sedangkan Finale berfungsi mengkonversi data wave ke MIDl agar bisa diolah di dalam software Reason.
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason
Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason

DATA MIDI 

Di sini kita tidak akan membahas MIDI secara luas, karenanya kita hanya bahas sedikit mengenai Standard MIDI Files (SMF’s).
idealnya, kita menggunakan sequencer untuk recording, editing, dan memainkan tampilan MIDl. Nah, permasalahannya file yang direkam di satu sequencer pada umumnya tidak dapat digunakan di sequencer Iainnya. “Tiap-tiap sequencer menggunakan format sendiri secara bersamaan yang berarti incompatible dengan format file sequencer lainnya. Sekarang masalah ini telah dipecahkan dengan pengembangan ke dalam official MIDI spec, yaitu Standard MIDI File (SMF’s). Data format ini dapat dibuka di sequencer apa saja yang support terhadap Standar file format ini. Kita dapat berbagi sequencer, dan dapat digunakan di komputer apa saja.
Baca Juga :
aplikasi pemotong mp3 untuk pc Adobe audition
Cara membuat Suara Chipmunk di adobe audition Cs6
Fungsi Finale adalah membuat data. Mungkin bagi yang belum akrab dengan software Finale, mereka agak kader menggunakannya. Karena seolah harus mampu menulis notasi. Padahal cukup buka menu “Help”, Anda akan menemui instruksi menulis cepat dengan hasil nada yang tepat, serta nilai not yang akurat.
Kita juga dapat mengatur dinamika permainan dengan software ini. Setelah data nadanada permainan kita masukkan, kemudian kita simpan dalam format SMF tadi. Tutup Finale dan buka Reason. Kemudian klik menu “Create”, dan pilih fitur “Subtractor Synthesizer”.

SYNTHESIZER 

Fungsi synthesizer adalah menciptakan atau mensintesis waveforms dengan pembangkit elektronik dan mengkombinasi ataupun memanipulasi harmonik dengan berbagai cara. Synthesizer sekarang ini memiliki sinewave oscillator terpisah, sirkuit elektroniknyalah yang akan memproduksi arus elektrik pengganti, dan dalam bentuk sinewave.
Ketika beberapa output oscillator digabungkan, hasilnya adalah waveform yang kompleks. Proses ini disebut Addin tive Synthesis (karena harmonic komponen digabungkan bersamaan). Oscillator ini memungkinkan kita untuk memproduksi waveform yang kompleks dengan beberapa harmonic komponen yang berbeda, seperti square, waveform, sawtooth. Sinewave sendiri tidak memiliki harmonic komponen.
Kalau belum paham banget mengenai kerja synthesizer, mungkin Anda dapat mencari lebih lengkap di buku tentang digital recording.

FITUR SUBTRACTOR 

Synthesizer pada Reason ini memiliki 99 voice polyphony (jumlah not yang dapat dimainkan synth secara bersamaan). Sedangkan jumlah oscillator-nya 2 untuk tiaptiap 32 waveform. Bingung ya?
Begini detailnya, polyphony yang ditentukan berdasarkan jumlah total osciltator pada synth berpengaruh juga pada patch yang akan diolah.
Patch di sini sinonim dengan voice. Contoh, sebuah patch yang menggunakan 2 oscillator untuk tiap not, akan menurunkan jumlah not yang dapat dimainkan serempak hingga setengahnya.
Baca Juga :

speaker aktif terbaik Harga Cuma di bawah 500 Ribuan

Jadi jumlah polyphony berhubungan dengan jumlah oscillator. Kebanyakan instrumen punya 64 suara polyphony dan satu patch menggunakan 2 oscillator untuk tiap not, maka jumlah maksimum not yang dapat dimainkan serempak adalah 32Ada banyak fitur seperti Low Fren quency Oscillator, Frequency Modulation, Three Envelope Generators atau Extensive Velocity Control. Fitur khususnya yaitu Oscillator Phase Offset Modulation yang berguna untuk menciptakan bermacammacam waveforms. Dual Filter yaitu multimode filter yang dapat dikombinasikan dan dihubungkan satu sama lain. Lowpass Filter yang mampu memberikan efek filter yang kompleks.

PARAMETER UTAMA
Adapun parameter yang benar-benar mempengaruhi kualitas suara adalah kedua oscillatomya yang bekerja sebagai pembangkit suara. Sedangkan yang kedua digunakan untuk membentuk suara. Keduanya digunakan untuk menentukan waveform, pitch, harmonic. dan timbre. Jadi langkah pertama setelah kita memilih suara bass pada patch adalah pemilihan waveionn oscillator ini.

Parameter penting berikutnya adalah Filterg yang digunakan sebagai alat untuk membentuk timbre keseluruhan. Subtractor memiliki 2 filter. Yang pertama

bertindak sebagai multimode mter dan dapat dipilih hingga lima jenis. Sedangkan yang kedua digunakan sebagai lowpass filter. Kita dapat pula mengkombinasikan keduanya agar dapat menghasilkan tilter efek yang luas.

Parameter yang tak kalah pentingnya untuk pengolahan suara bass adalah Envelopes. Guna Envelope Generator inl adalah untuk mengontrol beberapa parameter suara terpenting, seperti: pitch, vol-ume, filter frequency, dan sebagainya. Parameter standar envelope generator Synthesizer adalah “Attack”. “Decay". 'Suslain“, dan 'Release'. Subtractor punya 3 jenis Envelope Generator.
Yang pertama berfungsi untuk volume. kedua sebagai tilter frequency dan terakhir sebagai modulation envelope yang tipe modulationnya dapat dipilih. Berikutnya kita bahas sedikit ketiga envelope generator tersebut.

AMPLITUDE ENVELOPE 

Kegunaan envelope generator ini adalah menyesuaikan perubahan volume suara atas waktu pada saat not berbunyi hingga not tersebut release. Bentuk dasar sebuah amplitudo diciptakan di sini, baik itu panjang, pendek ataupun lembut. Empat parameternya adalah “Attack“, “Decay”, ‘Sustain’, dan “Release”.

FILTER ENVELOPE 

Filter Envelope akan mempengaruhi filter 1 ( ingat ada 2 filter yang dimiliki
Subtractor ), dengan filter ini kita dapat mengontrol bagaimana perubahan frekuensi filter terhadap waktu. Empat parameternya juga terdiri dari “Attack”, “Decay”, “Sustain”, dan “Release”.

MIDI ENVELOPE 

Kelebihan envelope generator ini adalah memiliki 5 pilihan kegunaan.
Ose 1 berfungsi mengontrol pitch pada Osc 1, apabila kita memilih Mod.
Envelope. Dec 2 sama seperti Osc 1. Bila Osc mix dipilih, kita dapat mengontrol Ose "4 dan 2 (asalkan keduanya diaktifkan). “Frequency Modulation” dipilih untuk mengontrol jumlah parameter FM. Bila kita memilih “Phase”, maka Mod Envelope akan mengontrol Phase Offset Parameter untuk kedua oscillator. Phase Offset Modulation harus kita aktifkan (Subtractor atau Multiplication ) agar filter ini berguna.

TIPS PENTING 
Sekarang kamu dapat mengutak-atik beberapa parameter yang disebut di atas untuk menghasilkan suara gitar bass seperti yang kamu inginkan.Untuk hasil terbaik, kamu juga dapat menggunakan
“Scream Sound Destruction“ yang dapat berfungsi sebagai pre-amp virtual pada Reason. Jangan terburu buru dan tetap cari perbandingan. Dan satu tips terakhir adalah kumpulkan uang untuk beli bass dan pre-amp atau beli MIDl controller. Masalah dasarnya akan hilang.

Belum tentu sound yang akan dihasilkan bass barumu itu akan sebaik suara yang dihasilkan synthesizer (sebaliknya juga). intinya, mendapatkan sound bass yang ideal itu memang rumit. Jadi tetaplah tabah mengutak-atik. dan selamat mencoba Cara Desain sound bass Dengan Synthesizer di Reason ini semoga berhasil......

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »