MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK

09:08
Hallo sahabat semua para pengunjung setia Blogkamarku,pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sebuah hal yang sangat penting bagi anda yang bergelut dalam bidang Web Develover atau juga yang ingin terjun dalam bidang ecomerce dan yang berkaitan dengan dunia internet,yaitu bagaimana kita menentukan dan memilih serta MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK
MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK
MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK


Dengan sedikit perencanaan Anda dapat menemukan provider web hosting yang cocok untuk membantu bisnis online Anda. Dengan banyaknya provider web hosting, mudah sekali kita melakukan kesalahan dengan menganggap mereka semua sama. ”Saya hanya perlu tempat untuk meletakkan website saya,” begitu mungkin pikir Anda. Namun, keberhasilan bisnis Anda tidak hanya tentang menjadi online. Performa juga merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan, yang dapat memperlancar atau menghambat keberhasilan website Anda. Kita akan lihat faktor-faktor utama.

yang perlu dipertimbangkan ketika mencari provider web hosting. Selain itu, ada pertanyaan yang harus dijawab, dan hal hal yang perlu diperhatikan jika Anda sudah memiliki sebuah website, tapi ingin pindah ke provider web hosting.
Tentukan Tujuan bisnis Sebelum mencari provider web hosting, evaluasi dulu rencana bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan hari ini dan juga besok.

Ini juga membantu dalam menentukan tolak ukur pertumbuhan bisnis, dan kapan harus meng-upgrade solusi web hosting Anda. Jika belum melakukannya, Anda harus menyusun rencana bisnis. Sebuah rencana bisnis akan membantu Anda untuk menetapkan tolak ukur bisnis secara keseluruhan, dan membantu menentukan kriteria provider web hosting yang dibutuhkan. Rencana bisnis Anda minimal harus mencakup visi, misi, ringkasan, estimasi biaya dan proyeksi keuangan, serta rencana bagaimana untuk mencapai tujuan Anda. Elemen penting lainnya termasuk gambaran produk dan harga, faktor Apakah Provider Bisa berkembang Bersama bisnis Anda?
Baca Juga :
Cara setting domain blogspot rumahweb
Cara Daftar dan Buat Blog Gratis di Blogger
apa itu top level domain - TLD

Oke sahabat kita lanjutkan pembahasan mengenai MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK ini,Tidak realistis jika berpikir bahwa ketika Anda menjalankan website, akan langsung menghasilkan penjualan dan menarik ribuan pengunjung (traffic hits), kecuali jika Anda telah melakukan beberapa pemasaran pra-peluncuran serius! Sebaliknya, Anda harus memikirkan taktik apa yang akan digunakan untuk mengarahkan traffic ke website Anda, dan bagaimana hal tersebut meningkatkan traffic dan penjualan. Berapa banyak pengunjung yang Anda harapkan dalam bulan pertama, tahun pertama, lima tahun ke depan? Di sinilah rencana bisnis Anda berperan, dan mengetahui jawaban atas pertanyaanpertanyaan tersebut akan membantu memilih provider web hosting yang dapat berkembang bersama Anda.
MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK
MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK


Anda dapat mulai dengan shared hosting yang lebih dari cukup untuk peluncuran website awal. Namun, ketika mulai mengembangkan bisnis, perlu adanya jalur upgrade. Ketika shared hosting tidak lagi memadai, Anda mungkin perlu pindah ke virtual atau dedicated server untuk mendukung tuntutan teknologi dari bisnis online Anda. Beberapa hal yang perlu ditanyakan, di antaranya berapa banyak traffic yang harus Anda dukung (misalnya 1.000 pengunjung per hari)? Fungsi yang saya butuhkan (database untuk mengambil dan menyimpan infomasi, video animas flash atau file multimedia lain, shopping cart, sistem manajemen konten sepem WordPress, Joomla atau Drupal untuk mempermudah pengeditan website dan pemeliharaan)

Baca Juga :
8 hal yang harus di lakukan dalam membuat blog
Cara membuat halaman sitemap di blog
contoh antivirus palsu dan cara mengatasinya

Jika perlu lebih banyak ruang harddisk atau server, apakah Anda harus migrasi ke account baru atau dapat menambahkan resource secara langsung ke account eksisting? Apakah Anda harus memperbarui halaman web, script atau file pendukung, jika hendak menambahkan resource atau upgrade? Apakah migrasi website memerlukan account baru? Apakah website Anda masih bisa diakses selama migrasi?

Provider web hosting harus memper mudah proses perluasan hosting ketika Anda sedang berkembang. Provider yang mempermudah proses upgrade adalah provider yang memperbolehkan Anda untuk menambahkan resource ketika dibutuhkan, bukan membuat acccount baru. Migrasi mungkin tidak sepenuhnya dapat dihindari jika bisnis Anda terus berkembang, tetapi Anda tidak perlu setiap kali harus bermigrasi lokal atau Global?

MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK
MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK

Internet memungkinkan bisnis kecil untuk menerima trafick website secara global. Pertimbangkan apakah Anda berencana untuk melayani pelanggan di daerah Anda saja, di seluruh negeri, atau di seluruh dunia. Lokasi geografis dari website Anda dan pengunjungnya akan mempengaruhi performa website Anda. Dunia barat telah lama menggunakan koneksi Internet kecepatan tinggi. Namun, banyak negara yang masih menggunakan koneksi dial-up (56K). Jika Anda mempunyai shopping cart yang kompleks atau website Anda berisi banyak gambar atau multimedia, akan memakan waktu lebih lama untuk ditampilkan.

Jika fokus Anda adalah pelanggan di daerah Anda saja atau negara Anda, itu mungkin tidak masalah. Tetapi jika Anda berniat untuk melakukan bisnis secara global, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Pilih provider web hosting yang juga global di beberapa negara. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan satu account hosting untuk melayani beberapa wilayah di seluruh dunia, Pilih web hosting yang dapat diperluas seiring dengan perkembangan bisnis Anda. Anda mungkin hanya perlu sedikit resource pada awalnya, tapi pastikan provider Anda dapat langsung menyesuaikan paket hosting Anda bila tiba Waktunya untuk menambah resource seiring dengan meningkamya permintaan dan trafik Misalkan Anda dibanjiri dengan permintaan produk dari pelanggan di seluruh dunia.

Namun, website Anda tidak bisa menangani peningkatan traffic dari begitu banyak pengunjung, sehingga performa mulai lambat. Provider web hosting Anda tidak dapat menawarkan resource lebih atau cara untuk memperluas resource hosting secara cepat, sebelum membuat account hosting baru yang dapat menyebabkan downtime.

Anda yang tadinya sibuk dan sukses, menjadi panik dan khawatir karena menerima e-mail keluhan dan panggilan telepon dari pelanggan potensial yang tidak dapat membeli atau melihat produk di website, atau bahkan membuka halaman website Anda. Situasi ini bisa terjadi pada diri Anda, jika tidak memperhitungkan pertumbuhan di dalam perencanaan web hosting.

Pada akhirnya, memilih paket hosting biaya murah atau provider yang kurang bonafide mungkin bukan pilihan yang paling efisien. Kurangnya performa website secara langsung mempengaruhi bisnis Anda, dan merek dagang. Calon pelanggan dan klien akan terpengaruh secara positif oleh bisnis Anda jika Website berjalan lancar, yang kemudian menumbuhkan kepercayaan terhadap produk dan jasa Anda. Jika gambar ditampilkan dengan cepat, dan link berfungsi dan bisa diakses, bisnis Anda akan semakin berkembang. Anda perlu keandalan, kecepatan dan kenyamanan, e-mail yang tersedia setiap saat, dan pada skala global.

Tool Apa yang Tersedia untuk Membantu Anda?
Perusahaan besar mungkin memiliki tim internal yang berfokus pada desain website, pengembangan, pemeliharaan, dan monitoring performa. Perusahaan kecil-menengah memberikan pekerjaan tersebut ke pihak outsourcing atau mencoba melakukannya sendiri.

Jika Anda masuk ke dalam kategori yang terakhir, penting untuk mempertimbangkan tools apa saja yang ditawarkan oleh provider web hosting. Tools dapat membantu Anda dalam berbagai aspek pengelolaan website, seperti desain website dan update, optimasi search engine dan online marketing, e-mail marketing, blogging dan podcasting, e-commerce, dan monitoring trafiic.

Jika perlu cara sederhana untuk membangun dan memasarkan bisnis online Anda, pastikan apakah tools tersebut tersedia dan berapa biayanya (jika ada) jika ingin menambahkannya ke paket hosting. Beberapa provider juga menawarkan desain sesuai permintaan atau jasa pemeliharaan dimana tim
mereka melakukan tugas-tugas tersebut untuk Anda, dengan biaya tambahan.

Apakah Provider Menjamin layanannya?
Bagaimana bisnis online Anda jika website Anda down? Jika website Anda tidak bisa diakses, itu berarti tidak ada pengunjung, tidak ada trafic, tidak ada penjualan. Jika fungsi utama dari website Anda adalah untuk menjual produk dan jasa, downtime merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan hilangnya pendapatan. Meskipun jika website Anda hanya sebagai sumber informasi singkat, downtime akan memberikan persepsi negatif tentang bisnis Anda.

Banyak provider akan menawarkan SLA (Service Level Agreement) untuk menjamin ketersediaan, uptime, dan performa. Garansi uptime biasanya dinyatakan dalam persentase (semakin tinggi, semakin baik). Gunakan formula berikut untuk menghitung maksimum jumlah downtime yang dialami website Anda berdasarkan persentase uptime yang tercantum dalam SLA: Total jumlah Menit Dalam Satu Bulan x (100 % dijamin) / 100 : Maksimum jumlah Downtime.

Sebagai contoh, misalnya 30 hari dalam sebulan x 24 jam dalam sehari x 60 menit dalam sejam x (100-99,9%) / 100 : 43,2 menit. Angka ini tidak menunjukkan lamanya website Anda akan down dalam satu bulan, melainkan sebagai tolak ukur jaminan provider Anda atas layanannya.

CHECKLIST PROVIDER HOSTING 
Ruang harddisk yang besar untuk menampilkan grafik, foto dan multimedia.
Penyesuaian atau penambahan resource sesuai perkembangan bisnis. Bandwidth/transfer data yang tinggi.
Layanan keamanan dan monitoring. Tool pembuatan website dan marketing. Jaminan layanan dan kepuasan (SLA).
Support 24 x 7 melalui telepon dan email, atau email dan chat, Backup data/website secara otomatis.
Alamat IP dedicated.
Fasilitas data center yang canggih atau tersebar di belahan dunia lainnya
Control panel untuk mengelola account Anda.
Jaringan dimiliki oleh provider atau disewa dari pihak lain.
Pengurusan nama domain untuk membantu Anda mencari nama domain
Redudansi jaringan
Jika downtime terjadi, cari provider yang akan mengembalikan setidaknya sebagian dari biaya hosting Anda. Beberapa provider mungkin juga menawarkan jaminan uang kembali, yang berarti jika tidak puas dengan layanan yang diberikan, Anda dapat melakukan pembatalan 30 atau 60 hari setelah perjanjian, dan menerima kembali sebagian (jika tidak semua) dari uang Anda.

Bagaimana Jika Terjadi Masalah? 

Tidak ada yang suka menghabiskan banyak waktu mengkhawatirkan apa yang dapat terjadi. Tetapi penting untuk dipertimbangkan bagaimana provider web hosting dapat membantu Anda menghindari kejadian negatif seperti downtime atau penurunan performa,

dan bagaimana mereka akan mendukung Anda jika itu terjadi. Penting untuk mengetahui jenis dukungan apa yang akan diterima dari provider web hosting, terutama jika Anda bukan seorang ahli. Seberapa dalam pengetahuan staf support? Apakah tersedia support melalui telepon dan e-mail, atau apakah ada biaya untuk berbicara dengan staf support? Dimana lokasi geografis staf support? Jam berapa mereka ada? Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting, terutama ketika ada yang salah. Keamanan juga semakin penting seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang mengandalkan website untuk melakukan penjualan, dan hubungan dengan pelanggan. Pilihlah provider web hosting yang melakukan monitoring rutin terhadap jaringan dan ancaman keamanan, sebelum mereka mencapai website Anda.

Bagaimana dengan backup data? 
Anda tidak dapat memprediksi serangan virus, denial of service attack, atau bencana alam. Jika terjadi hal buruk yang melumpuhkan atau mempengaruhi website, Anda perlu salinan cadangan untuk memulihkan website. Pilihlah provider web hosting yang menawarkan backup data sebagai bagian dari paket hosting Anda. Tanyakan seberapa sering backup dilakukan, dan kalau bisa, ada beberapa tingkat backup untuk meminimalisasi hilangnya data.

Terimakasih para sahabat semua yang sudah mampir dan membaca postingan kali ini mengenai MENCARI PROVIDER WEB HOSTING TERBAIK dan semoga bisa bermanfaat untuk para sahabat semua ...salam sukses....

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »