mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB

09:22
Hallo sahabat semua,Salama Jumpa Kembali.....
Pada Kesempatan kali ini kita akan meriview sebuah mixing consol atau audio mixer 16 chanel yang punya kemampuan mumpuni untuk pelengkap peralatan tempur anda para sahabat semua yaitu sebuah mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB
Nah untuk lebih jelasnya kita bedah dulu apa saja kelebihan dari mixer audio ini

ALESIS MULTIMIX 16 USB
mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB
mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB

Mixer Serbaguna dengan Frtur USB
Merekam musik dengan komputer, dewasa ini sudah bisa dilakukan oleh hampir semua pengguna komputer Apalagi karena perangkat dan teknologi pendukungnya kiansempuna, seperti Mixer USB buatan Alesis ini.

Untuk membuat sebuah kompuer menjadi studio rekaman, kita hanya membutuhkan paling tidak sebuah perangkat tambahan saja. Alat itulah yang sekarang akrab kita kenal dengan nama converter.
Converter ini juga makin berkembang dengan penampilan yang semakin sederhana, namun berkemampuan kian baik. Sehingga kalau dahulu kita harus melakukan instalasi yang relatif sulit bagi yang awam komputer, maka dengan koneksi USB, hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

Cukup dengan menghubungkan komputer dan converter melalui kabel USB, maka semuanya segera beres. Komputer berbasis Windows akan segera mendeteksi secara otomatis hardware yang kita sambungkan. Gampang, Wajar kalau USB ini akhirnya secara kelakar disebut sebagai singkatan dari Uaduh Simpel Banget.


MIXER DAN USB

Alesis sendiri adalah sebuah pabrikan yang sudah sangat populer di dunia. Satu langkah fenomenalnya adalah ketika mereka meluncurkan ADAT yang merupakan awal dari mesin rekam digital. Era rekaman digital pun dimulai sejak saat itu. Hingga kini Alesis masih terus menyempurnakanproduk rekam digitalnya. Akhirnya ADAT yang awalnya menggunakan media pita, kini sudah menggunakan media hard disk. Langkah terbaru dari Alesis adalah mixer dengan fitur USB.

Kali ini Alesis menggabungkan mixer dengan perangkat converter USB. Ini akan menjadi hal yang teramat menarik, terutama bagi kalangan home recording, kareha tidak lagi harus memasang dua perangkat ke komputer. Sebelumnya, walaupun sudah memiliki converter USB, kita masih tetap membutuhkan paling tidak sebuah preamp untuk membuat mikrofon bisa bekerja optimal, karena sebuah mikrofon condenser akan membutuhkan suplly tenaga 48 Volt DC dari sang preamp. Dengan Alesis, hal itu tidak perlu terjadi karena Multimix 16 USB ini sudah menyediakan tidak kurang dari 8 preamp mikrofon, bahkan masih ditambah lagi dengan ekualiser 3 band untuk ke 16 chanelnya. Lalu, apalagi yang disediakan Alesis pada Multimix 16 ini?
Baca Juga :
Cara service mixer audio Mati total
fungsi audio processor pada sound system
Mixer Audio untuk Sound sytem Lapangan yang Murah namun Gahar

ALESlS MULTIMIX USB 

Alesis tidak hanya membuat Multimix 16 chanel saja. tapi juga 12 channel, bahkan 8 chanel. Untuk Multimix 16 USB ini, sudah terdapat 8 chanel preamp yang
dilengkapi dengan ekualiser 3 band, Aux Pre dan Post, Pan, serta tombol PFL/Solo dan tombol mute. Selain 8 chanel preamp untuk mikrofon, masih disediakan lagi 4 chanel stereo dengan fasilitas yang sama persis dengan ke 8 chanel lainnya. Selain itu, kita masih disuguhi lagi 100 efek digital built yang bisa langsung diakses melalui knob auxnya. Pada seksi master out-nya, kita memang hanya disediakan sebuah fader Main Mix dan sebuah lagi ALT 3.4 yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan Bus atau Group.

Singkatnya, apa yang ditampilkan oleh Alesis pada Multimix 16 USB ini adalah layaknya sebuah mixer dengan semua kelayakan fasilitasnya, dan masih ditambah lagi dengan fitur digital out 44.1 kHz dan USB. .

SOFTWARE 
Ketika membeli Multimix 16 USB, Anda juga akan mendapatkan sebuah software rekam Cubase LX buatan Steinberg dan beberapa plugins versi demo dari Native Instrumen.
Melakukan instalasi software maupun hardware Multimix ini sangatlah mudah, bahkan bila Anda bukan ahli komputer sekalipun. Cukup baca petunjuk singkatnya, lalu pasang mixer Alesis Multimix 16 USB, nyalakan, kemudian hubungkan dengan komputer dengan kabel USB, baru kemudian nyalakan komputer. Kemudian install software Cubase LX dengan fasilitas wizardnya. Dan Anda sudah siap untuk merekam,itulah kelebihan dari mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB ini.

TES MIXER
Kami siapkan beberapa buah mikrofon dinamik dan condenser. Yang dinamik adalah sebuah SM58, SM57 dan Audix. Sedangkan yang'condenser adalah Rode. Kami siapkan juga sebuah bass Fender Jazz Bass, sebuah gitar Hamer California, efek Behringer V-Amp2 dan POD xt. Untuk kabelnya, pilihan kami jatuh pada Evidence Audio.

Perekaman dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan hasil rekam yang cukup baik. Kita tidak perlu melakukan routing yang terlalu rumit, karena segala yang akan kita rekam dikirimkan oleh sang mixer melalui Main Mix. Tidak ada latency atau keterlambatan rekam dan playback. Sedangkan untuk playback, Multimix ini menerimanya melalui 2 TK (2Track In) sehingga kita masih bisa melakukan routing lagi, apakah 2TK itu akan di-routing ke Headphone/Control Room, atau ke Main ' Mix.

Kualitas preamp dan ekualisernya terbilang cukup baik. Mikrofon condenser Rode bisa bekerja dengan sempurna melalui dukungan Phantom Powernya. Pencarian headroom melalui kenop gain-nya juga mudah. Mixer ini sudah dilengkapi dengan PFL (Pre Fade Listening), sehingga begitu sinyal memasuki Alesis Multimix ini. kita bisa langsung mencocokkan headroomnya dengan menekan tombol PFL. Lalu lampu LED indicator pada section Main Mix akan menunjukkan seberapa gain-nya. Kami coba merekam dengan menggunakan mikrofon melalui Multimix ini, baik merekam vocal maupun mixing kabinet gitar. Hasilnya sama-sama baik. Suara vokal bisa tersimak cukup natural dan open tanpa harus memutar kenop EQ. Sedikit melakukan boosting pada frekuensi tinggi melalui kenop EQ juga cukup aman dari resiko bertambahnya noise, sehingga kita tidak perlu khawatir ketika akan merekam mixing kabinet dengan ampli head Hi-gain.
Baca Juga :

Mengetahui Peralatan Sound system Lapangan Untuk Konser Besar


KESIMPULAN
Saat ini, Alesis Multimix 16 USB mungkin termasuk perangkat yang paling ekonomis untuk sebuah Home Recording, karena menggabung converter dengan mixer yang di dalamnya tersedia 8 preamp mikrofon berkualitas baik, 3 band EQ dan 100 efek digital. ini sebuah mixer yang sebenarnya, yang sangat bisa kita manfaatkan pada situasi live, baik pada pertunjukan organ tunggal, speech, ataupun sebagai sub mixer bagi kebutuhan panggung. Untuk kebutuhan live, ke 100 efek digital yang ada pada Multimix 16 USB ini akan sangat banyak membantu.

untuk para sahabat yang ingin tau spesifikasi dari mixer audio 16 channel ALESIS MULTIMIX 16 USB ini bisa di lihat pada tulisan di bawah ini.

SPESIFIKASI 
8 Input Mikrofon Higain XLR dan jack 1/4‘
balance) dengan Phantom Power. 4 input stereo balance 1/4' line. ' 100 preset Efek
Digital Onboard (Reverb. Delay, Chorus. Flanging. Pitch. dan Multi-efek). ' 2 aux sends (aux 1 switcable Pre/Post. Aux 2 post-fader dan bisa di-send ke Eksternal Efek, 2 stereo aux returns. 2track stereo RCA in dan out.
Main Out dan Monitor
Out terpisah dengan jack 1/4" balance, Digital Out 44.1 kHz S/ PDlF RCA. headphone out .
Pan dan balance terpisah, Pre-fader listen/Solo in place, dan Mute/Buss (switcable). Eq 3-band per chanel dengan high/low shelving dan mid bandpass.
LED indikator 8 segmen pada stereo master.
Fader 60mm.
integrated audio
interface USB, Plug and Play dengan Mac OSX and Windows
Multimix 16 USB ini adalah layaknya sebuah mixer dengan semua kelayakan fasilitasnya.
Menggabungkan converter USB 

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »