Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

10:45
Hai sahabat semua dan juga para pengunjung salam jumpa kembali.
Apa kabar anda semua,semoga selalu sehat ya,terima kasih untuk para sahabat atas kunjungan dan apresiasi nya serta yang banyak sekali mengirimkan beberapa pertanyaan seputar apa yang di bahas pada blog ini,pertama saya ingin minta maaf kalau saya tidak cepat merespon dan tidak selalu terus online dan berada di depan komputer untk menjawab para sahabat semua,harap maklum karena saya hanyalah seorang karyawan yang harus membagi waktu antara pekerjaan dan menyalurkan hobby saya menulis dan berbagi.

Sekarang saya ingin berbagi Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor yang cukup mudah anda buat,mumpung ada waktu yang lumayan senggang di waktu malam sebelum tidur,dan mudah mudahan bisa membantu para sahabat yang mencari informasi dan ingin membuat sebuah power supalay berjenis symetris untuk kebutuhan projek elktronik yang anda buat sebelum nya.

Power suplay kali ini yang akan kita buat bisa memenuhi kebutuhan sebuah rangkaian yang memang harus di suplay dengan sebuah PS yang berjenis Symetris,lalu apa sih perbedaan power suplay biasa dengan power suplay symetris,secara sederhana saja ya saya jelaskan sebelum nya,jenis symetris adalah jenis power supalay yang bisa mengeluarkan dua arus atau supaly berjenis Plus – Min dan CT ,Biasanya untuk rangkaian yang membutuhkan pasokan power plus – min – dan Ct.
Baca Juga :
tonecontrol 5 Potensio dengan Bass Bost
pcb layout Namec Tone Control
PCB Layout speaker aktif mini

Berbeda dengan jenis power suplay biasa yang hanya terdapat dua pin aoutput  saja yaitu pin Plus dan Ground saja,pada penerapan nya jenis power suplay ini bisa kita jumpai pada power berjenis OCL atau Otl Juga ada,yang membutuhkan Power +24v – ( -24v & CT atau Ground ).
nah untuk Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor ini cukup simple karena kita hanya akan menggunakan 2 buah transistor saja yang lumayan cukup murah dan membutuhkan anggaran sedikit.

Transistor yang kita gunakan yaitu berjenis TIP 31 / TIP32 atau juga menggunakan BD139 & BD 140 Serta menggunakan 2 buah dioda berzenis zener 12v sesuai pada arus akhir yang kita butuhkan yaitu arus yang mempunyai tegangan 12 volt.
Baca Juga :
skema audio compressor dan layout Komplit
layout amplifier Mono 25 Watt
power supply simetris sederhana dan gampang di buat
rangkaian power supply 12 volt 5 ampere Sederhana

Nah Untuk Daftar Komponen nya cukup sedikit maka anda bisa mempersiapkan dan membelinya terlebih dahulu,sebelum membuat nya serta membuat PCB untuk penempatan setiap komponen nya ini.

Daftar Komponen
Diaoda : 1n4002 / 4 Buah
Elco : 1000uf/16 v / 2 buah
Elco : 100uf/16 v/4 buah
Resistor : 1k / 2 Buah
Dioda Zener : 24volt /2 Buah
Transistor : TIP31/TIP32 ( 1Buah ) atau persamaan nya

Sekarang kita lanjut  Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor ini dengan penampakan secara menyeluruh nya pada gambar full nya berikut ini.
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

Untuk bagian masking komponen nya silahkan bisa anda gunakan patokan berikut ini.
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

Untuk Jalur PCB nya silahkan anda buat dengan jalur seperti pada bagain hitam putih berikut ini.
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

Nah sahabat semua semoga Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor ini semoga bisa membantu dan bermanfaat ...salam sukses




Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »