Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741

10:39
Hallo sahabat semua dan para sahabat pengunjung serta DIY audio semua.
Selamat datang kembali di blog kamarku ini,pada kesempatan kali ini kita akan kembali membuat sebuah rangkaian untuk kebutuhan peralatan audio abaik untuk rumahan atau juga bisa di terapkan untuk sound lapangan,Sebenarnya sebagai Orang audio atau anda yang paham di bidang elektro karena sebenarnya rangkaian ini adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting apabila kita mau seting peralatan audio sound system untuk lapangan.

Nah pada postingan kali ini yaitu , Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741 yang lumayan cukup mudah sih untuk kita buat ,karena penggunaan komponen yang cukup mudah di jumpai di pasaran dan tidak terlalu ribet juga untuk kita buat ,karena menggunakan sebuah IC Audio yang lumayan cukup populer sering di gunakan.

Yang penting buat anda yang ingin membuatnya jangan terlalu terburu – buru dan ingin cepat selessai,pastikan dulu semua sudah betul kita rangkai dan menempatkan komponen pada tenempatan yang tertera pada keterangan PCB Bagian atas nya.
Baca Juga :
Cara membuat Power Suplay Untuk Gitar Effect
Cara Membuat Power amplifire Mini 1 watt Mono
Cara Membuat Power AMPLIFIRE TDA 2004 PCB layout



Oke sebelum lebih jauh mengulas atau membuat nya sedikit informasi bagi anda yang belum paham atau masih asing dengan fungsi dari Cross Over ini buat apa dan penempatan nya bagai mana saya akan menjelaskan nya sedikit saja buat gambaran para sahabat yang belum mengerti dari rangkaian yang akan kita buat ini.

Fungsi Cross Over adalah :
Memisahkan sinyal audio dari masing masing kanal,baik kanal kiri atau kanal kanan,dan di proses serta di bagi jadi beberapa bagain sinyal audio sesuai dengan peruntukan nya, seperti memisahkan sinyal audio bernada tinggi,maka akan di pisahkan menjadi kanal out high,serta nada tengah menjadi midle aout dan nada rendah menjadi low out,dan biasanya tergantung dari jenis Cros over,apakah 2 way atau hanya memecah nya menjadi dua ,yaitu high dan low saja,atau juga ada yang di bagi tiga atau 3 way seperti pada rangkaian yang akan kita buat ini.

Masing – masing dari sinyal yang sudah di pisahkan seperti pada Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741 ini maka jalur keluaran nya akan di bagi menjadi 3 bagian,yaitu untuk nada tinggi,nada menengah dan nada rendah,tahap selanjutnya sinyal tersebut akan di kuatkan pada penguat akhir yaitu dengan bantuan sebuah Power Amplifire.
Baca Juga :
Beberapa Jenis Power amplyfire yang umum di gunakan
subwoofer filter PCB Biffet layout 
rangkaian audio amplifier PCB 30 Watt mono komplit

Sesuai dengan kebutuhan kita maka ,pada bagian akhir kita membutuhkan 3 buah power amplifire,untuk masing – masing sinyal,dan pada hasil akhir nya adalah output dari setiap power akan di distribusikan pada setiap speaker yang akan kita dengar lewat pendengaran kita.

Cross Over sendiri terbagi dari 2 jenis yang umum beredar di pasaran yaitu berjenis Pasif dan aktive,nah yang akan kita buat ini termasuk dari Crossover yang berjenis aktif karena di bangun oleh beberapa rangkaian aktive,buat sahabat yang ingin membuat Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741 ini anda bisa menggunakan Desain Berikut ini,yang sudah saya sertakan juga nilai pada setiap komponen nya juga,untuk masking dan jalur penghubung tembaga nya.

Ini adalah penampakan secara keseluruhan dari rangkaian elektronik yang akan kita buat
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741

Pada Gambar ini adalah masking atau panduan penempatan serta nilai setiap komponen pada sisi atas jalur PCB
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741

Untuk membuat jalur tembaga penghubung nya anda bisa menggunakan jalur hitam putih ini dengan menggambarnya dengan manual atau di baut dengan cara cetak,silahkan cari cara cara membuat PCB yang sudah saya posting sebelumnya.
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741

Nah para sahabat pada Postingan ini saya tidak sertakan skema nya,karena sudah saya tempatkan pada penampakan pcb nya serta nilai komponen agar memudahkan pembuatan nya,semoga postingan kali ini yaitu Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741 bisa bermanfaat dan selamat mencoba.






Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »