Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

09:21
Hallo sahabat semua salam jumpa,sebuah pemancar pada jalur frekwency fm tentunya banyak di jadikan sebagai ajang uji coba oleh beberapa sahabat atau rekan yang hoby membuat pemancar – pemancar baik buat uji coba atau juga buat bikin sebuah studio mini atau komunitas dan ada juga yang menggunakan sebagai jalur komunikasi atau sebagai brik – brikan ,apalagi pada beberapa decade tahun tahun sekitaran 90an.

Tak lengkap rasanya apabila sebuah pemancar fm tanpa penguat,dan apabila kita ingat pada beberapa tahunan yang lalu,saat saat para briker lagi rame rame nya,banyak menggunakan pendorong atau booster sebagai tambahan untuk membuat daya output power yang di keluarkan agar lebih besar dan jangkauan nya tentu akan mempunyai radius lebih jauh,bahkan ada dari mereka yang hanya menggunakan sebuah booster yang berdaya 25 sampai 30 watt bisa menempuh antar kota.
Baca Juga :
skema pemancar fm mini Dan layout PCB Komplit
Cara atasi listrik sering anjlok dengan rangkain soft start
Cara membuat Komponen Masking Pada PCB dengan sangat Mudah
skema audio compressor dan layout Komplit


 Jadi pada prinsipnya pembahasan postingan kali ini yaitu Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 ini sebuah rangkaian tambahan untuk mendorong pemancar yang anda punya supaya beberapa kali lipat lebih besar dari output pemancar yang kecil,yang sebelum nya sudah di kuatkan dengan rangkaian Buffer atau penyangga yang terdapat pada pendorong sesudah Oscilator.

Untuk Oscilator nya anda bisa membuat dengan jenis – jenis yang anda punya,apakah menggunakan PLL atau juga yang manual di putar pada koker seperti pada masa jaya brik brikan karena menggunakan pemancar yang banyak beredar di pasaran ,yaitu pemancar mini fm ,seperti buatan ronica atau Saturn.
Baca Juga :
fungsi audio processor pada sound system
Lay Out PCB Bosster Pemancar FM 25 Watt Untuk Pemancar komunitas
PCB Layout Mixer audio Pencampur input dari berbagai sumber sinyal audio
PCB Layout Driver Untuk Booster Pemancar Fm 25Watt

Walaupun saat ini kedua transistor Final pada booster ini sangat mahal dan jarang,karena memang sangat langka di jumpai,pada komponen yang second pun harganya masih sangat mahal,untuk 1970 dan 1971 ini bisa berharga di atas seratus ribu,jauh sekali ya di banding pada masa – masa jaya waktu kebelakan yang hanya sekitar 7 ribu an,kalau kita koleksi dan jual pada saat ini mungkin bisa jadi untung ya.

Rangkaian ini saya dapat dari beberapa teman yang saat itu experiment dan merubah rubah booster mereka agar menjadi lebih kuat dan bagus,jadi saya buka kembali dan saya buat gambarnya pada Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 ini,dan saya bagikan buat sahabat yang ingin bernostalgia ingin membuat nya.

Penampakan dari booster ini adalah menggunakan dua buah final yang berfungsi untuk menguatkan dari 1970 dan di kuatkan lagi dengan 1971,anda juga bisa menggunakan booster lanjutan nya dengan final yang lebih besar ,seperti pada beberapa booster yang pernah saya posting sebelum nya,jadi silahkan anda cari pada lable elktro.

Untuk yang penasaran bagaimana layout nya bisa anda lihat pada gambar berikut ini.
Bagain atas atau layout nya seperti ini
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

Untuk jalur penghubung atau jalur tembaganya silahkan di simak.
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

Untuk membuat nya,adalah lebih baik anda di balik yaitu komponen langsung di tempatkan di atas tembaganya,jadi tembaga adalah menghadap ke atas,jangan lupa di kasih pendingin yang besar sesuai ukuran PCB nya.

Daftar Komponen Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Komponen :
Transistor
C1970 & C1971 = ( 1X )
Trimer
30 – 60PF ( 3X )
Capasitor
104NF ( 4X )
39PF ( 1X )
SPUL & RFC ( Lihat di PCB )

Oke sahabat semoga pembahasan mengenai Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 Bisa bermanfaat ,salam sukses



Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »