skema pemancar fm mini Full layout

15:32
Hallo sahabat salam jumpa dan selamat datang.
Banyak para hobiest yang bergelut di bidang frekwency tentu sudah sangat tidak asing dengan otak atik dan experiment di jalur frekwency Fm,yang tentu dengan kelebihan dan juga kekurangan yang terdapat di jalur ini,beberapa kelebihan yang sangat di sukai oleh para builder pemancar di jalur ini adalah suara yang di hasilkan sangat bagus dan jelas setara dengan kualitas dari CD Player.

Dan bagi anda para sahabat yang ingin bernostalgia di jalur ini maka saya ingin berbagi sebuah skema pemancar fm mini Full layout,yang sudah saya desain dan gambar untuk memudahkan anda yang ingin mencoba – coba atau belajar membuat sebuah pemancar yang bekerja di jalur fm.

Untuk pembuatan nya pun saya rasa cukup mudah dan juga menggunakan komponen yang tidak terlalu banyak serta cukup mudah kita dapatkan di pasaran karena masih banyak yang menjual komponen – komponen nya,dan daya jangkau yang bisa di billing lumayan lah untuk pemancar mini,dengan setingan yang tepat saya rasa akan mencapai jarak yang cukup jauh,terutama dengan matching antenna dan swr yang baik.
Baca Juga :
pesawat radio fm layout dan PCB
pemancar mini fm untuk menyadap suara
Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap

Nah pada skema pemancar fm mini Full layout ini memang masih menggunakan jenis oscilator yang masih sederhana ,bukan dengan menggunakan system lock dan masih manual,tapi saya rasa cukup untuk dasar kita belajar sebelum membuat yang lebih complex dan juga rumit,pada rangkaian ini sudah di lengkapi dengan input microphone dan juga jalur input untuk sinyal audio yang akan kita pancarkan pada frekwensi yang di inginkan.

Seperti biasa anda bisa membuat bagian oscilator fm yang sering di pakai pada jalur pemancar fm yang sudah saya posting di beberapa postingan mengenai pemancar fm ,atau anda bisa membuatnya dengan menggulung sebuah kawat email berdiameter 0,2 mm pada koker 0,8 sebanyak 3 lilit.
Baca Juga :
Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

Sedangkan untuk lilitan L1 dan L2 anda bisa membuat nya dengan kawat email 0.7 sebanyak 5 lilit sepasi renggang seperti pada pemancar buatan ronica yang beredar di pasaran dan banyak di pakai oleh para breaker fm pada umum nya.

Pada rangkaian ini menggunakan sebuah IC Regulator 7809 untuk penurun tegangan pada bagian audio atau pre amp mic dan unntuk bagian lain nya anda bisa lihat pada gambar,usahakan untuk member pendingin pada ic regulator,dan pada saat pemancar ini kita hidupkan maka pada rangkaian sudah di sediakan indicator apakah tegangan power suplay sudah masuk dengan di tandai nyala nya led indicator pada on air.

Untuk sinyal audio anda bisa atur pada trimer yang bernilai 10k yang terdapat pada rangkaian ini ,sebagai pengatur level audio sinyal yaitu mengurangi dan menambahkan,nah sekarang skema pemancar fm mini Full layout ini anda bisa lihat langsung penampakan komplit nya pada gambar berikut ini.
skema pemancar fm mini Full layout
skema pemancar fm mini Full layout

Untuk anda para sahabat semua yang ingin membuat sebuah masking layout dari skema pemancar fm mini Full layout ini bisa mencetak pada bagian atas pcb nya gambar pola berikut ini.
skema pemancar fm mini Full layout
skema pemancar fm mini Full layout

Sedangkan untuk membuat pola jalur penghubung atau jalur tembaga pada bagain bawah pcb anda tinggal mencetak nya pola gambar berikut pada pcb polos yang banyak di jual di pasaran dan membuat pola berikut ini pada bagian pcb nya.
skema pemancar fm mini Full layout
skema pemancar fm mini Full layout

Nah sahabat semua semoga postingan kali ini yaitu skema pemancar fm mini Full layout bisa anda buat dengan mudah dan bermanfaat,semoga berhasil dan salam sukses….





Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »