Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy

07:56
Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy
Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy
Hallo sahabat salam jumpa, semoga anda semua selalu semangat dan terima kasih sudah mampir dan berkunjung di web ini, pada kesempatan ini saya ingin berbagi sebuah permasalahan yang banyak di temui oleh para hobiest rakit merakit elektronik.

Permasalahan yang sering timbul adalah dimana kita ingin membuat sebuah PCB  dengan kualitas yang cukup bagus dan jalur tembaga yang bagus tanpa terkikis, short atau bahkan yang paling banyak kasus ketika kita membuat nya dengan metode transfer photocopy dengan bantuan autan atau soffel adalah jalur yang tipis dan keropos .
Baca juga :
Mengetahui Fungsi Photoresist Dry Film untuk Pembuatan PCB
Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk
Cara memperbaiki lampu neon jenis TL Dan PLC yang Rusak



Lalu bagaimana Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy ini, nah langkah nya cukup mudah kok coba anda praktek kan tip berikut ini.
Siapkan bahan bahan berikut ini.

1.PCB Polos (Pertinax atau fiber fr4)
2. Autan atau soffel  (anti nyamuk)
3. Layout yang sudah di Photocopy
4.Pelarut PCB
5.Minyak Goreng

Tempel layout yang sudah di Photocopy pada pcb bagian tembaga, jangan lupa bagian jalur atau yang hitam nya harus nempel pada tembaga yang sudah di bersih kan dengan abu gosok dan sabun lalu kering kan terlebih dahulu.
Baca juga :
Mengetahui Cara Kerja transformator
Cara membuat Komponen Masking Pada PCB dengan sangat Mudah
4 Cara membuat jalur pcb dengan Mudah
10 Langkah membuat PCB Dengan HVS Biasa dengan Cepat

Selanjutnya Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy, kasih autan atau sofel bagian atas kertas, jangan terlalu basah atau di campur air karena bisa mengakibatkan jalur layout mleber saat di gosok.

Beri secukupnya saja asal basah, lalu lapisi pada Bagian atas dengan plastik atau mika yang cukup keras tpi tipis, dan gosok dengan perlahan oleh benda tumpul, seperti koin,sendok atau gunting juga bisa, kalau belum jelas silahkan lihat video nya yang sudah saya buat di chanel youtube saya blogkamarkuchanel.

Kalau sudah nempel, angkat perlahan, supaya hasil bagus Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy ini maka lebih baik layout di Photocopy agak tebal agar tinta bisa menutup dengan baik.

Langkah terakhir adalah ketika semua sudah selesai, dan kertas sudah hilang pada layout atau tembaga dan tersisa jalur hitam nya saja, olesi semua jalur hitam nya dengan #Minyak Goreng, maka ini akan menutup pori pori pada bagian hitam nya dan melindungi saat  peleburan, nah langkah  terakhir Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy ini adalah dengan melarutkan nya dengan pelarut Pcb.... Silakan  di coba dan salam sukses

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »