Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar.

07:26
Hallo sahabat salam jumpa kembali, kembali pada kesempatan kali ini saya tidak akan membagikan layout namun kali ini pada penanggulangan perbaikan pada power yang sudah sangat umum dan banyak di jadikan sebagai power amplifier rumahan karena daya nya yang sedang, bahkan bisa juga di buat sebagai amplifier lapangan dengan melakukan beberapa modifikasi pada rangkaian nya ini.
Nah pada kesempatan ini hampir sama dengan permasalahan yang terjadi dengan apa yang pernah saya hadapi, dimana sebuah power amplifier OCL ini mengalami permasalahan yang terkadang untuk kita yang masih belajar cukup di bingung kan, kira kira apa sih penyebab  nya, nah pada kesempatan ini saya ingin berbagi Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar.
Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar.
Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar. 

Meskipun memang tidak semua permasalahan ini bisa dengan cara ini, namun setidaknya anda bisa coba dan mungkin saja permasalahan nya di sebabkan oleh masalah yang sama, permasalahan amplifire ini pada mula nya baik baik saja namun mungkin karena umur dan juga waktu yang menyebabkan komponen jadi rusak.
Baca Juga :
Cara memilih tweter terbaik untuk Sound system lapangan
Memahami Apa Fungsi DCO Pada Power Amplifire
Membuat VU Display Sederhana Untuk Power Amplifire

Ketika di hidupkan tidak cukup lama resistor kapur sudah sangat panas, dan apa bila di diamkan resistor kapur yang letaknya berdampingan dengan transistor final, langsung terbakar dan gosong, saya coba mengganti nya dengan yang baru juga sama, kembali terbakar, lalu power saya matikan dan kita coba untuk mengukur transistor driver dan final yaitu 2n3055 dan MJ2955 dengan avo meter, ternyata komponen ini baik baik saja.

Selanjutnya pemeriksaan selanjutnya pada transistor yang lain nya yaitu d313 dan pasangan nya karena bisa saja permasalahan ini di akibatkan oleh transistor ini dan pasangan nya ada yang short atau jebol salah satu, lanjut pada pengecekan dan ternyata ini juga masih baik baik saja tanpa terlihat ada permasalahan
Baca Juga :
Cara membuat PCB tidak keropos dengan Photocopy
Cara melapisi bagian tembaga PCB agar awet
Cara Menentukan Impedansi dan Daya Pada Loundspeaker
Wah lumayan juga nih cari cari kesana kesini, kok belum ketemu juga di sebelah mana ya yang menyebabkan power ini pada bagian resistor kapur nya selalu terbakar terus, tanpa kenal lelah lalu akhirnya setiap komponen yang di curigai saya cek ulang karena kecurigaan pada bagian lain.

Untuk mengetahui Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar.
Yang perlu anda curugai dan lakukan pengukuran adalah:

Transistor final
Transistor VAS
Cek elko yang di curigai/kembung
Cek Dioda /semua nya
Cek Resistor 

Sesudah di lakukan pengukuran akhirnya permasalahan ini dapat di atasi dan ternyata di akibat oleh adanya beberapa resistor yang sudah turun kapasitas nya dan ada juga yang mati, serta ini di akibatkan ada dioda yang mati mengakibatkan arus menjadi besar dan mengakibatkan resistor kapur jadi sering terbakar.

Permasalahan komponen :
Resistor yang short
Dioda ada yang jebol atau shor
Nah semoga Cara atasi power OCL 150 watt Resistor kapur sering terbakar. Ini bisa membantu dan bisa mengatasi permasalahan anda sahabat semua.... Salam sukses 

Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »