Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier

17:05
Hallo sahabat semua,salam jumpa dan selamat dating
Tak lengkap rasanya apabila kita mempunyai sebuah power amplifier yang sudah susah payah kita rakit namun tidak di lengkapi dengan aksesoris penunjang dari kinerja amplifier ini,walaupun sebenarnya tidak pakai juga tidak apa – apa ,namun biasanya sering kita jumpai pada power power yang buatan pabrikan atau memang kebutuhan dari box yang sudah kita beli maka kita membutuhkan rangkaian yang satu ini sebagai rangkaian pendukung nya.

Yup rangkaian ini adalah rangkaian yang berfungsi sebagai indicator dimana saat power hidup dan juga sebagai signal indicator dari sinyal suara yang di hasilkan agar bisa kita pantau dengan baik pada panel depan dari amplifier yang kita buat ,nah yang ingin membuatnya bisa dengan mudah dan tidak terlalu susah untuk pembuatan dan juga kebutuhan komponen yang tidak terlalu banyak anda sudah bisa memoraktekan Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier ini.

Baca Juga :
Layout PCB Audio Distributor 5 way Untuk Sound System audio
Layout PCB Audio Distributor 4 Way Komplit
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio
Cara Pasang Instalasi Sound System 4 Speaker Pasif

Kita hanya membutuhkan beberapa komponen saja dan hanya menggunakan transistor sebagai komponen aktif nya dengan type C828 atau anda bisa menggantinya dengan seri persamaan yang lain nya,ada beberapa kendala dari sahabat yang sudah membuatnya dari rangkaian ini dan tidak berjalan sebagaimana mestinya,itu di karenakan hanya persoalan simple yaitu terbalik masang diode LED nya ,nah semoga sahabat semua bisa lebih teliti dalam pembuatan nya karena salah sedikit bisa jadi rangkaian tidak bisa ber fungsi sebagai mana mestinya.
Baca Juga :
Fungsi Trafo Pada Rangkaian Elektronik
Membuat VU Display Sederhana Untuk Power Amplifire
Cara Menentukan Impedansi dan Daya Pada Loundspeaker
Cara Menbuat Mixer audio dan susunan Rangkaian nya

Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier bisa anda praktekan dan bisa mengikuti panduan layout pada PCB yang sudah saya buat,seperti pada gambar yang sudah di buat berikut ini.
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier

Untuk bagian masking komponen dan penataan tempat komponen nya seperti pada gambar berikut.
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier

Untuk bagian pola penghubung jalur dari tiap – tiap komponen nya anda bisa menggunakan pola jalur seperti pada gambar berikut ini.
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier
Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier

Daftar Komponen :
Resistor
15k / 2 Buah
10k / 1Buah
47k / 1 Buah
Dioda
1n4002/2Buah
ZD15V/1Buah
Transistor
C828 / 2Buah
Dioda LED/3 Buah ( Merah-kuning – Hijau )

Semua Komponen di kali dua,karena pada layout itu untuk penggunaan pada mode stereo jadi kita membuat pada dua kanal audio,dan gunakan Power suplay di regulasi dengan baik 12V dan hubungkan pada bagian in audio pada keluaran dari power jalus Speaker atau bisa juga pada main out.

Nah sahabat semua semoga Cara Membuat Led Signal Clip dan Indicator amplifier ini bermanfaat untuk anda semua ,salam sukses




Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »