Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio

19:13
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamatdatang serta selamat bergabung buat anda yang baru saja berkunjung di blogkamarku ini,dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah layout buat pelengkap dalam perakitan sebuah mixing console audio yang tentunya akan mempercantik dan memperindah serta selain itu tentunya tidak melupakan fungsi utamanya yaitu sebuah sinyal indicator audio pada output mixer yang bertugas apakah sinyal audionya over atau tidak.

Sebenarnya Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio ini banyak cara yang kita bisa lakukan dengan menerapkan apakah per bar led dispalay ini satu keeping rangkaian saja agar lebih memudahkan pemasangan nya ,jadi kalau dua bar kita hanya tinggal menambahkan saja satu rangkaian lagi.

Atau bisa juga kita buat dengan menggunakan komponen aktif nya dengan transistor dan lain nya,tidak seperti rangkaian ini menggunakan IC sebagai komponen utamanya,namun apabila ingin yang satu rangkaian sudah terdapat dua bar sinyal display Vu nya anda bisa menggunakan rangkaian ini,mungkin hanya membutuhkan beberapa penyesuaian saja pada box nya,lebih bagus lihat dulu apakah pas dengan box mixer yang anda punya.

Pada rangkaian ini menggunakan 10 Buah led indicator sinyal suara pada masing masing kanal,jadi total nya ada sekitar 20 LED ,dan 2 buah IC sebagai komponen utamanya,untuk penggunaan warna lampu led nya anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan namun biasanya di bagi dengan 3 warna sebagai indicator yang umum nya tediri dari Merah,Kuning dan Hijau,namun terserah juga kalau mau pakai warna lain nya.
Baca Juga :

Cara Pasang Trafo yang tidak terdapat 220 Volt Pada rangkaian Elektronik
Cara Pasang Instalasi Sound System 4 Speaker Pasif
Speaker terbaik untuk Sound system lapangan

Anda bisa mengatur trimpot yang ada pada bagian kanal R+L untuk mengatur sensitifitas dari lampu ini,sedangkan pada bagian input nya anda bisa hubungkan pada output audio pada master mixer out sebelum di umpankan pada rangkaian lain nya,atau bisa juga kita pasang pada power amplifier pada jalur speaker dan di pasang di box amplifier agar kelihat lebih cantik.
Baca  Juga :

Cara mengatasi tweter soundsystem sering putus
Cara memilih tweter terbaik untuk Sound system lapangan
Memahami Apa Fungsi DCO Pada Power Amplifire

Oke sahabat semua nah untuk Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio ini anda bisa melihat penampakan secara full nya seperti berikut ini.
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio

Sedangkan untuk bagian masking komponen nya anda bisa membuat nya pada bagian atas PCB dengan Cara yang sudah saya posting di lain artikel ,jadi silahkan anda cari dan semoga berhasil dalam pembuatan nya,layout nya seperti pada gambar berikut ini.
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio

Untuk bagian jalur penghubung nya anda bisa membuat nya mengikuti pola atau juga menggambar dengan cara atau desain sendiri seperti pada gambar berikut ini.
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio
Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio

Nah sahabat semua itulah Cara Membuat Led Vu Display Untuk Mixer audio yang cukup mudah kita terapkan pada aksesoris seperti mixer audio agar lebih keren dan semoga postingan ini bermanfaat untuk anda semua ….salam sukses……



Hallo selamat datang para pengunjung dan sahabat semua"salam kenal

Saya adalah seseorang yang Hoby tentang Dunia Audio - Musik - Elektro dan internet marketing - semoga artikel yang saya posting ini bermanfaat untuk anda salam sukses..^_^

Artikel Terkait

Previous
Next Post »