Showing posts with label TIPS. Show all posts
Showing posts with label TIPS. Show all posts

Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk

12:37 0
Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang kembali di blog sederhana ini.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah cara yang cukup sederhana dalam pembuatan sebuah PCB dengan cara lengkap di artikel yang saya kasih judul Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk yang bisa anda ikuti dan semoga dengan postingan ini bisa bermanfaat dan lebih detail tentang langkah - langkah yang harus di lakukan.

Sudah beberapa hari saya tidak posting karena badan saya drop dan sakit yang mengharuskan badan saya beristirahat cukup lama karena kecapean dengan beberapa pekerjaan di dunia nyata yang mengharuskan berjalan sesuai apa yang sudah di rencanakan,mungkin juga akibat kondisi cuaca yang akhir - akhir ini banyak berubah - ubah terkadang angin dan hujan.
Baca Juga :
Membuat Power Ocl 300 Watt plus power suplay
Cara membuat Power amplifier 250watt Mono PCB dan Layout
Cara membuat suara audio keren dengan Rangkaian Super Galaxy
PCB Layout Cara membuat equalizer 10 Chanel Simple

Nah para sahabat semua,pada kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah video yang terdapat pada chanel saya dan sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang selama ini masuk tentang bagaimana cara membuat sebuah jalur PCB dengan cara yang paling simple dan paling murah dengan kualitas yang cukup bagus dan tentunya tidak ribet dalam pembuatan nya.
Baca Juga :
PCB layout rangkaian Active Suround untuk audio projek
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar
Cara membuat mini mixer layout penjelasan Routing

Owh ya jangan lupa juga bagi sobat yang bertanya silahkan layangkan pertanyaan nya ,sertakan pertanyaan nya mengenai postingan yang mana atau sertakan judul postingan ,lalu pertanyaan nya,sebab saya belum bisa jawab beberapa pertanyaan yang masuk pada postingan yang tidak relevan,dan jangan lupa ya subscirbe chanel youtube nya Blogkamarku di youtube ,agar anda bisa mengetahui update lewat video atau juga artikel di blog ini.

Dalam Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk ini saya bagi menjadi dua video dan yang pertama adalah cara - cara pembuatan dengan menggunakan lotion anti nyamuk yang cukup murah,dan pertama kita membuat jalur PCB nya dulu,lalu selanjutnya kita akan membuat bagian masking atau atas pcb sebagai panduan peletakan komponen nya.
Oke untuk lengkap nya silahkan simak video pembuatan jalur nya di video berikut ini.


Nah sekarang untuk mempermudah peletakan komponen pada bagian atas pcb anda bisa simak video yang kedua Video Cara Membuat Jalur PCB dan masking komponen dengan anti nyamuk ini simak ya video nya. dan semoga bermanfaat untuk semua nya salam sukses.......
 
 

Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar

19:17 0
Hallo para sahabat dan juga para pengunjung setia blogkamarku.com salam jumpa buat anda semua.pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah tips untuk perbaikan khususnya pada pesawat tv jenis CRT atau tabung yang mengalami kerusakan seperti tampilan nya hanya sebuah garis lurus saja pada tabung nya ,yaitu sebuah garis melintang berwarna putih,dan bagaimana Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar ini saya akan berbagi cara mengetahui penyebab dan perbaikan nya.
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar


Hal semacam ini bisa di akibatkan oleh beberapa sebab tv tabung kita menjadi rusak dan mengalami gejala seperti di atas,dan mungkin saja di antaranya adalah sudah cukup lama nya komponen akibat pemakain serta menurunnya beberapa kinerja komponen yang berkaitan tentang gejala ini,atau bisa juga di sebabkan oleh konslet dan lain sebagainya.
Baca Juga :
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara membuat mini mixer layout penjelasan Routing

Seperti yang saya alami di beberapa waktu lalu dengan menghadapi sebuah tv yang mempunyai masalah yaitu hanya tampil garis putih saja,kata yang punya sih tiba - tiba saja tv nya jadi begini ketika di hidupkan dan tidak tau karena apa,nah bagi sobat semua mungkin saja mengalami permasalahan yang sama,dan anda bisa saja mencoba memperbaiki dengan tangan anda sendiri,namun tentunya anda harus mempunyai dasar - dasar elktronik,agar tidak terjadi sebuah masalah yang bisa berakibat fatal pada diri anda.

Karena kita berurusan dengan jalur tegangan tinggi yang bisa membahayakan jiwa,jadi harus hati - hati dalam setiap perbaikan pada tv berjenis crt ini,terutama pada bagian jalur tegangan tinggi,dan pada Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar ini biasanya di akibatkan beberapa bagian  pada mesin tv yang anda perbaiki jadi jangan ngelantur ke bagian - bagian lain yang tidak ada hubungan nya.
Baca Juga :
Cara Mengatasi Kebutuhan Beda Tegangan Pada Rangkaian Audio
Cara Merangkai Active surround pada rangkaian audio
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran


Pertama tentu anda harus buka cassing tv yang akan di perbaiki,lalu selanjutnya anda buang muatan tegangan tinggi pada elco dan juga pada bagian kop flayback agar tidak terjadi hal - hal yang tidak di inginkan,lalu coba cabut dulu kaki bagain basis Horisontal untuk mengecek apakah ada jalur tegangan yang tidak normal,cek seluruh bagian catu daya.
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar

Apabila tampilan di layar hanya menampilkan garis horizontal saja maka yang patut kita curigai adalah bagian vertical yang rusak,seperti resistor putus,atau juga capasitor seperti elco pada bagian ini ada yang sudah aus,atau bocor sehingga mengakibatkan gejala seperti itu timbul seperti pada kasus pada gambar ini.
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar

kalau penggantian elco pada jalur vertical dan beberapa komponen nya masih belum membuahkan hasil,alangkah lebih baik nya anda ganti saja IC Vertical pada mesin ini,biasanya dengan mengganti ic vertical itu sudah bisa mengatasi garis pada tengah pesawat tv terutama pada jenis tv crt yang banyak mengalami nya,dengan catatan anda juga sudah tes dan ukur terlebih dahulu beberapa komponen lain nya,karena bisa saja ic vertical jebol karena komponen lain yang short dan mengakibatkan ic ini terbakar.
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar
Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar

Nah sahabat semua semoga postingan kali ini yaitu Cara mengatasi TV Tabung hanya Garis Putih di tengah Layar bisa berguna dan bermanfaat untuk anda para sahabat yang mengalami gejala yang sama,salam sukses dan selamat mencoba.

4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

09:36 0
Hallo sahabat semua salam jumpa dan apa kabar anda hari ini semoga selalu sehat dan selalu bersemangat ya,pada kesempatan ini saya ingin berbagi buat anda para pengunjung dan sahabat blog kamarku ini,yaitu 4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman,ini sangat penting bagi anda para sahabat yang ingin belajar service sendiri atau belajar service tv.
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

Karena akan sangat bahaya apabila anda tidak mengetahui cara yang aman untuk memperbaiki pesawat tv crt ini ,bisa bisa anda akan masuk rumah sakit,karena pada tv ini terdapat ratusan hingga ribuan volt yang membahayakan bagi siapa pun yang sembrono membuka tv ,untuk itu buat keamanan para sahabat semua yang ingin belajar cara service tv dengan aman maka sebaik nya anda harus membuang tegangan tinggi yang masih terdapat pada pesawat tv jenis tabung ini,meskipun anda sudah mematikan dari jalur listrik nya.
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

1.Menghubung singkatkan dengan Lampu Pijar atau Resistor
Cara pertama adalah membuang tegangan tinggi pada elco yang terdapat pada bagian power suplay tv dengan cara menghubungkan bagian kaki positif dan negative nya dengan cara di hubungkan dengan lampu pijar,agar sisa tegangan nya terserap dan hilang kelampu pijar,atau dengan sebuah bantuan resistor di hubungkan dengan kaki masing masing,maka akan ada percikan sedikit untuk membuang tegangan nya.
Baca Juga :
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran
Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya



4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

2.Menghubungkan Kop Flayback ke Ground

Cara kedua adalah dengan membuang teganggan tinggi yang berbahaya pada kop flayback agar anda aman untuk membulak balik mesin tv,adalah dengan membuat penghubung kabel yang di hubungkan ke ground pada bagian ground layar dan pada ujung nya di lilitkan pada obeng pipih atau min yang cukup panjang dan tangan anda terlindung,lalu coba buka kop flayback dengan obeng tadi maka aka nada percikan apai kecil sebagai tanda tegangan tinggi pada ground
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

3.Membuang tegangan dengan solder

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungkan 2 kaki elco yang paling besar di bagian power suplay dengan bagian colokan dari ujung solder,coba anda hubungkan pada masing – masing kaki elko tersebut secara bersamaan dan tegangan tinggi akan terserap melalui solder tersebut dan akan hilang dan anda akan aman untuk memegang bagian bagain tv di dalam nya.
Baca Juga :
cara memasang speaker protector Pada Power Mono dan stereo
Cara Merangkai Interkom dengan Komplit
Cara Mengetahui Speaker Rusak atau Tidak



4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman
4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman

4.Membuang dengan Mesin blender
Cara ke empat dari 4 Cara membuang tegangan tinggi Pada tv Tabung CRT dengan Aman ini adalah dengan mesin blender yang tidak terpakai juga bisa,ya apabila tv sudah di hidupkan maka masih menyimpan tegangan tinggi yang berbahaya,untuk menghilangkan nya ,bagian cilokan dari blender anda hubungkan dengan elko yang paling besar pada power suplay di tv,seperti cara dengan solder di atas,nah semoga cara – cara tadi bisa menjadi info yang bermanfaat untuk para sahabat semua dan salam sukses…..



Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

09:23 0
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang kembali di blogkamarku ini,
Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman dengan sahabat semua tentang sebuah kendala yang saya hadapi di beberapa waktu yang lalu yaitu sebuah tv china yang mendadak tiba – tiba saat menonton sebuah tayangan televisi menampilkan warna garis – garis buku dan warna hijau saja yang terlihat,namun suara dari tv ini masih bisa kita dengar jelas.

Nah untuk itu pad postingan kali ini yaitu Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus ,waduh gimana yak ok tiba tiba bisa rusak nih tv,walaupun saya bukan seorang yang ahli dalam bidang elektronik apalagi pada pesawat tv,mending saya beranikan diri coba memperbaiki nya dengan tangan sendiri sambil mengasah creativitas dan juga kemampuan kita.
Baca Juga :
Cara Mengatasi Kebutuhan Beda Tegangan Pada Rangkaian Audio
Cara Merangkai Active surround pada rangkaian audio
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran

Pertama saya buka dulu casing dari mesin tv ini,kalau tidak salah jenis mesin tv china ini adalah wansonic,sesudah semuanya bisa di lepas lalu pertama yang harus kita lakukan adalah menghilangkan tegangan tinggi yang biasanya terdapat pada pesawat tv jenis tabung ini,walaupun tv nya sudah kita matikan ,tapi pada bagian kop flayback dan juga pada kapasitor di bagian power suplay masih mengandung tegangan tinggi yang harus kita buang dulu.
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

Anda bisa membuang nya dengan cara menghubung singkatkan colokan listrik yang terdapat pada solder pada kaki elco yang paling besar di bagian power suplay nya,sesudah itu lalu saya lakukan pengamatan yang lebih teliti secara seksama pada bagian pcb tv ini,dengan harapan menemukan kerusakan fisik pada komponen secara kasat mata.
Baca Juga :
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon
Cara seting sound System Ruangan Sederhana
Cara merangkai Power amplifier dengan Active loudnes dan tone control



Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

Nah selanjut nya Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus ini,pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui dulu apakah dari power suplay nya masih normal semua atau ada yang drop di beberapa bagian dari tv ini,setelah saya cek satu persatu ternyata semua masih bagus dan biasanya apabila masalah pada tampilan gambar adalah pada bagaian bagain yang patut anda curigai diantaranya.
Flayback
Bagain Matrix RGB
TABUNG
Bagian Video

Saya cek bagian ABL Pada bagian Flayback dan coba memutar nya apakah ada perubahan pada layar tampilan tv,dan ternyata masih berfungsi dengan baik,akhirnya biasanya kendala seperti ini adalah berkutat pada bagian tegangan 180Volt yang menuju Bagian RGB,Saya cek dan mengganti Elco yang terdapat di samping flayback ukuran 10uf 250volt agar suplay yang menuju RGB lebih bagus.

Dan mengganti beberapa komponen diantaranya Resistor yang terlihat sudah short dan juga dioda yang berada di jalur dekat dengan Flayback,namun ternyata penggantian kali ini pada bagain jalur 180volt masih belum membuahkan hasil , tv setelah di coba masih seperti tadi yang menampilkan gambar blank hijau dan garis buku.

Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus ini saya lanjutkan ,karena belum ketemu apa sih penyebab nya,apa mungkin screen sudah short kali yah,tapi setelah di cek masih bagus kok,dan pada bagian Resisitor RGB saya cek satu –satu  dan pada jalur 180v yaitu 3 buah Resistor agak besar  masih bagus tidak menemukan masalah,tapi saat di cek di resistor kecil nya ,kok tidak ada dan kayak nya putus,lalu saya ganti saja dengan resistor baru.
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

Dan akhirnya permasalahan dari Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus saya temukan penyebab utama nya yaitu pada 3 buah Transistor RGB yang bertype C2482 yang agak besar,saran saya ganti saja semua nya agar lebih awet dan lebih stabil,karena ketika saya cek ukur terdapat tr yang putus,lalu saya coba hidupkan dan ternyata TV sudah normal dan garis garis serta warna hijau nya lenyap.
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus
Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus

Saya coba hidupkan untuk waktu yang cukup lama,apakah terjaadi perubahan atau masalah lain nya,tapi syukur masih terus berjalan normal,dan semoga Cara atasi TV China gambar garis – garis warna Hijau tapi suara bagus ini bisa bermanfaat dan bisa mengatasi permasalahan tv yang anda hadapi saat ini …salam sukses…






Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

09:21 0
Hallo sahabat semua salam jumpa,sebuah pemancar pada jalur frekwency fm tentunya banyak di jadikan sebagai ajang uji coba oleh beberapa sahabat atau rekan yang hoby membuat pemancar – pemancar baik buat uji coba atau juga buat bikin sebuah studio mini atau komunitas dan ada juga yang menggunakan sebagai jalur komunikasi atau sebagai brik – brikan ,apalagi pada beberapa decade tahun tahun sekitaran 90an.

Tak lengkap rasanya apabila sebuah pemancar fm tanpa penguat,dan apabila kita ingat pada beberapa tahunan yang lalu,saat saat para briker lagi rame rame nya,banyak menggunakan pendorong atau booster sebagai tambahan untuk membuat daya output power yang di keluarkan agar lebih besar dan jangkauan nya tentu akan mempunyai radius lebih jauh,bahkan ada dari mereka yang hanya menggunakan sebuah booster yang berdaya 25 sampai 30 watt bisa menempuh antar kota.
Baca Juga :
skema pemancar fm mini Dan layout PCB Komplit
Cara atasi listrik sering anjlok dengan rangkain soft start
Cara membuat Komponen Masking Pada PCB dengan sangat Mudah
skema audio compressor dan layout Komplit


 Jadi pada prinsipnya pembahasan postingan kali ini yaitu Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 ini sebuah rangkaian tambahan untuk mendorong pemancar yang anda punya supaya beberapa kali lipat lebih besar dari output pemancar yang kecil,yang sebelum nya sudah di kuatkan dengan rangkaian Buffer atau penyangga yang terdapat pada pendorong sesudah Oscilator.

Untuk Oscilator nya anda bisa membuat dengan jenis – jenis yang anda punya,apakah menggunakan PLL atau juga yang manual di putar pada koker seperti pada masa jaya brik brikan karena menggunakan pemancar yang banyak beredar di pasaran ,yaitu pemancar mini fm ,seperti buatan ronica atau Saturn.
Baca Juga :
fungsi audio processor pada sound system
Lay Out PCB Bosster Pemancar FM 25 Watt Untuk Pemancar komunitas
PCB Layout Mixer audio Pencampur input dari berbagai sumber sinyal audio
PCB Layout Driver Untuk Booster Pemancar Fm 25Watt

Walaupun saat ini kedua transistor Final pada booster ini sangat mahal dan jarang,karena memang sangat langka di jumpai,pada komponen yang second pun harganya masih sangat mahal,untuk 1970 dan 1971 ini bisa berharga di atas seratus ribu,jauh sekali ya di banding pada masa – masa jaya waktu kebelakan yang hanya sekitar 7 ribu an,kalau kita koleksi dan jual pada saat ini mungkin bisa jadi untung ya.

Rangkaian ini saya dapat dari beberapa teman yang saat itu experiment dan merubah rubah booster mereka agar menjadi lebih kuat dan bagus,jadi saya buka kembali dan saya buat gambarnya pada Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 ini,dan saya bagikan buat sahabat yang ingin bernostalgia ingin membuat nya.

Penampakan dari booster ini adalah menggunakan dua buah final yang berfungsi untuk menguatkan dari 1970 dan di kuatkan lagi dengan 1971,anda juga bisa menggunakan booster lanjutan nya dengan final yang lebih besar ,seperti pada beberapa booster yang pernah saya posting sebelum nya,jadi silahkan anda cari pada lable elktro.

Untuk yang penasaran bagaimana layout nya bisa anda lihat pada gambar berikut ini.
Bagain atas atau layout nya seperti ini
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

Untuk jalur penghubung atau jalur tembaganya silahkan di simak.
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971

Untuk membuat nya,adalah lebih baik anda di balik yaitu komponen langsung di tempatkan di atas tembaganya,jadi tembaga adalah menghadap ke atas,jangan lupa di kasih pendingin yang besar sesuai ukuran PCB nya.

Daftar Komponen Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
Komponen :
Transistor
C1970 & C1971 = ( 1X )
Trimer
30 – 60PF ( 3X )
Capasitor
104NF ( 4X )
39PF ( 1X )
SPUL & RFC ( Lihat di PCB )

Oke sahabat semoga pembahasan mengenai Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971 Bisa bermanfaat ,salam sukses



Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer

16:39 0
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali,Pertama saya ucapkan terima kasih atas kunjungan dan juga apresiasi dari para sahabat yang sudah Banyak bertanya pada blog ini,baik melalui kolom komentar,atau juga yang sudah Posting pertanyaan di Chanel Youtube saya,oh iya buat para sahabat semua untuk memotivasi saya terus update blog ini agar lebih bersemangat silahkan ya subscribe chanel youtube saya juga yaitu blogkamarku chanel,atau anda bisa lihat pada bagian sidebar blog ini di kolom tombol chanel youtube,mungkin jawaban nya saya bisa buat lewat video atau juga lewat artikel yang akan saya posting di blog ini.

Juga yang sudah bergabung di fans page blogkamarku dan bertanya,mungkin saya akan jawab satu satu,apabila saat santai dan tidak terlalu repot dalam kegiatan off lain saya yang banyak menyita waktu,maklum saja saya adalah seorang Kuli karyawan swasta yang hobby menulis di saat – saat waktu luang dari pekerjaan dan kegiatan.
Baca Juga :
Cara Membuat Charger Aki Motor dan Mobil yang simple
Cara membuat Handphone Charging Buat Motor Sederhana
Membuat Rangkaian Power Suplay 3 sampai 30 Amper Sederhana

 Pada kali ini kita akan membuat sebuah rangkaian audio yaitu Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer,yup kali ini kita akan membuat nya dalam type mono,jadi kalau anda ingin membuat untuk powerberjenis stereo maka tinggal buat saja rangkaian ini menjadi 2 buah,yaitu untuk bagaian kiri dan kanan,tapi kalau untuk amplifier yang berjenis mono,anda tinggal buat saja seperti rangkaian di bawah ini.
Baca Juga :
Cara Membuat Crossover aktif 3 way
Membuat Radio FM dengan Tuner suara Bagus
Membuat rangkaian pengaman untuk power amplifier

Nah untuk bagaian atau gambar komplit dari Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer ini silahkan anda perhatikan gambar di bawah ini.
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer

Untuk bagaian masking layer atau penempatan dan nilai komponen nya anda bisa membuatnya seperti pada gambar.
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer

Lanjut pada gambar jalur penghubung nya anda bisa membuat nya seperti pada gambar yang sudah saya buat seperti pada gambar berikut.
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer
Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer

Untuk daftar komponen nya anda bisa menyiapkan kebutuhan nya sebagai berikut :
TRANSISTOR : C945 ( 3Buah )
POTENSIO : B50K ( 5 Buah )
ELCO : 10UF/25V ( 8 Buah )
CAPASITOR : 220NF ( 4 Buah ) / 22nf – 100nf – 470pf (1 Buah )
Resistor :
6k8 ( 4 X )
4k7 ( 5X )
220K ( 3X )
470 & 33K ( 1X

Untuk Catu daya bisa menggunakan regulator 12 v yang teregulasi dengan baik agar terhindar dari dengung dan noise ,oke sahabat itulah Cara Membuat Tone Control Mono Subwoofer untuk pelengkap koleksi dan tambahan audio yang bisa anda buat sendiri ,selamat mencoba dan salam sukses…


Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran

16:33 0
Hallo sahabat semua dan para pengunjung setia blog ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah rangkaian dan juga Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran,yup pada kali ini kebetulan saya lagi iseng bongkar – bongkar sebuah active speaker yang mampir di meja saya karena sudah rusak dan terbakar karena short,karena sudah cukup lama juga saya belum sempat lihat apa saja daleman dari active speker ini.

Karena penasaran dan juga melihat apa saja sih yang ada di dalam nya ,jadi langsung aja deh saya buka bagian bagaian nya,speaker active ini menggunakan speaker 4 Inch dan box nya tidak terlalu besar pada kedua sisinya,mungkin merk nya bukan merk – merk yang sudah punya nama besar,kalau tidak salah namanya GMC ,Karena penasaran sambil cek apa sih kerusakan nya akhirnya saya preteli bagian bagaian yang terdapat di speaker aktif ini.
Baca Juga :
rangkaian audio amplifier PCB 30 Watt mono komplit
tonecontrol 5 Potensio dengan Bass Bost
PCB Layout speaker aktif mini
skema audio compressor dan layout Komplit

Ternyata eh ternyata dalaman dari active speaker ini sangat sedikit dan simple sekali ,karena pcb dan juga power nya tidak terlalu besar dan ternyata bukan berjenis stereo melainkan mono yang di modif agar kelihatan seperti stereo,nah disinilah Banyakk para konsumen yang terkecoh,atau mungkin karena pertimbangan harga yang cukup murah kali ya,maka speker ini di buat dengan mode mono.
Baca Juga :
layout amplifier Mono 25 Watt
modifikasi power amplifier 400 watt safari agar lebih nendang
PCB Layout Mixer audio Pencampur input dari berbagai sumber sinyal audio

Terdapat dua buah PCB pada dalaman active ini yang paling utama untuk tone control dan yang kedua adalah sebuah PCB Power suplay SMPS yang menggantikan Fungsi dari adaptor regulator yang di buat untuk mencatu power yang berjenis symetris pada model aslinya,namun kita bisa membuat modifikasi dengan sebuah power suplay biasa yang menggunakan power suplay symetris dengan trafo sebagai stepdown nya seperti pada Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran ini
Baca Juga :

Bagi para sahabat yang ingin membuat nya,kebetulan saya sudah clone dari PCB aslinya yang terdapat di active speaker ini dan saya sudah gambar,untuk cara penempatan atau susunan rangkaian nya yang terdiri dari PCB power suplay dan Modul kit yang sudah saya gambar ,untuk anda yang ingin merakit nya bisa mengikuti cara menyusun nya seperti Pada Gambar Berikut ini.
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran

PCB dan layout Kedua nya sudah pernah saya Posting di blog ini,jadi apabila anda ingin membuat nya,anda tinggal membuat PCB tersebut dan menggunakan panduan yang sebelum nya di artikel rangkaian tersebut,Pada gambar di perlihatkan jalur input kita bisa masukan kedua sumber audio dengan cara kita kasih tahanan dulu pada L dan R nya sebesar 47Ohm lalu langsung di masukan pada jalur input.

Dan pada bagian keluaran speaker di bagi atau di split mmenjadi 2 bagain yang menyerupai stereo padahal hanya di bagi saja di keluaran speaker,dan anda cukup menggunakan 2 buah speaker 4 Inch dan juga tweter untuk nada treble nya,nah sahabat semoga Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran bisa bermanfaat dan selamat mencoba membuat nya.



Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur

16:28 0
Hallo sahabat semua salam jumpa dan kembali lagi di blog kamarku.com
Pada kesempatan ini kita akan membuat sebuah kreasi dari susunan Lampu LED yang sangat keren dan cantik apabila kita sudah bisa membuat nya,memang Lampu Led di kenal dengan pancaran cahaya yang sangat cantik serta banyak sekali kreasi yang bisa kita buat dengan led ini di antaranya sebagai Hiasan lampu baik untuk aksesoris rumah atau juga di tempatkan pada kendraan anda.

Banyak beredar di pasaran beberapa kit dan juga rangkaian Led Yang sudah jadi di pasaran dan kita bisa membeli nya sesuai keinginan yang kita inginkan ,tapi kita juga bisa membuat dengan tangan sendiri dan mungkin rasanya akan berbeda apabila kita berhasil membuaatnya,seperti di artikel postingan kali ini yaitu Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur,jadi kecepatan running atau berjalan nya lampu led ini kita bisa atur ,bisa cepat atau menjadi lebih lambat.
Baca Juga :
cara memasang speaker protector Pada Power Mono dan stereo
Mengenal Dioda Led dan Peruntukan nya
Cara memperbaiki lampu neon jenis TL Dan PLC yang Rusak

Untuk membuat rangkaian ini sebenarnya cukup mudah dan juga tidak terlalu banyak komponen yang kita butuhkan ,bahkan anda yang baru belajar atau seorang pemula saya yakin cukup mudah kok dalam pembuatan nya dan anda bisa mengikuti panduan pada postingan kali ini apabila anda cukup kesulitan,yang pertama tentunya anda harus menyiapkan bahan – bahan untuk kebutuhan membuat running LED ini.
Baca Juga :
cara merangkai power amplifier Sound system Rumahan
cara merakit power supply 12 volt PCB & Layout
Cara atasi listrik sering anjlok dengan rangkain soft start

Oke langsung saja untuk membuat nya anda bisa menggunakan PCB yang sudah bolong – bolong atau juga membuat nya dengan metode cetak yang anda bisa,apabila anda kesulitan untuk membuat PCB nya anda bisa baca di beberapa artikel tentang pembuatan PCB yang cukup mudah di postingan saya terdahulu silahkan anda cek ya.

Lanjut kita pada pembahasan Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur ini ,yu kita langsung simak pada penampakan secara keseluruhan nya sperti pada gambar berikut ini.
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur


Untuk layer masking komponen anda bisa mencetak pada bagian atas PCB nya seperti pada gambar berikut ini.
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur

Untuk jalur penghubung setiap komponen anda bisa menggunakan jalur yang sudah saya rdisain dari beberapa kit yang beredar di pasaran,dan penampakan nya seperti berikut ini.
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur
Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur

Lanjut kita mempersiapkan Daftar komponen apa saja yang kita butuhkan dalam Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur ini.

Daftar Komponen :
Dioda LED
20 Buah ( warna silahkan terserah yang anda inginkan )
DIODA
1N4001 ( Satu Buah )
Resistor
180 Ohm ( 1 Buah )
CONDENSATOR
Elco 45uf  - 22uf /25v ( masing – masing 1 buah )
Capasitor 22 nf ( 1 Buah )
TRIMPOT / VR
20K
IC
4017 & 555 ( Masing – masing 1 Buah )

Nah  semoga Pembahasan kali ini tentang Cara membuat Running LED Yang Bisa di atur ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba …salam sukses


Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya

09:01 0
Hallo sahabat salamjunpa kembali.apa kabar anda hari ini,semoga selalu sehat dan semangat selalu,pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sebuah layout atau Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya,yup banyak sekali teman – teman yang bertanya,sebenarnya bagaimana membuat sebuah pemancar yang bisa memancarkan audio dengan kualitas stereo.

Karena Pada Kebanyakan mungkin masih bingung dan pusing membuat pemancar fm yang bisa mengeluarkan suara berkualitas dan tentunya dengan mode mono,tapi tentunya bagi anda yang sudah paham betul dan ahli di bidang pemancar tidak akan kesulitan dan sudah di luar kepala,namun tentu berbeda apabila anda seorang pemula yang ingin membuat sebuah pemancar yang bagus,nah untuk itu di artikel ini saya akan sedikit menjelaskan susunan dan apa saja rangkaian yang kita butuhkan untuk membuat nya dengan yang paling sederhana saja.
Baca Juga :
skema audio compressor dan layout Komplit
Lay Out PCB Bosster Pemancar FM 25 Watt Untuk Pemancar komunitas
PCB Layout Mixer audio Pencampur input dari berbagai sumber sinyal audio

 Pada kebanyakan rangkaian yang beredar di internet dan juga yang sudah jadi di pasaran,seperti pemancar keluaran ronica atau Saturn kebanyakan hanya menjual bagian bagaian tertentunya saja seperti hanya bagian oscilator dan buffer,sedangkan bagian lain nya ,akan di jual secara terpisah,nah untuk membuat sebuah pemancar fm yang bisa mengeluarkan kualitas suara audio stereo maka di butuhkan beberapa rangkaian pembantu.

Di sini akan di jelaskan rangkaian apa saja yang kita butuhkan,namun minus tanpa rangkaian power supalay atau legulator ,karena rangkaian ini pernah saya bahas di beberapa artikel di sebelum nya,jika anda belum paham silahkan anda buka – buka lagi artikel yang pernah saya posting sebelum nya.
Baca Juga :
PCB Layout Driver Untuk Booster Pemancar Fm 25Watt
pcb layout pemancar radio fm Jarak Jauh
Membuat Radio FM dengan Tuner suara Bagus

 Oke selanjutnya pada Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya ini sbagai ilustrasi silahkan para sahabat simak gambar ilustrasi yang sudah saya buat untuk memudahkan anda mengetahui penempatan setiap rangkaian dalam membuat sebuah pemancar yang berjenis stereo,jadi susunan anya adalah seperti ini.
Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya
Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya

Rangkaian ENKODER STEREO >> Rangkaian OSCILATOR FM & BUFFER >> Rangkaian BOOSTER FM

Rangkaian ENKODER STEREO
Rangkaian ini sebenarnya banyak sekali dan tergantung dari kulaitas seperti apa yang kita butuhkan tugas utama nya adalah sebagai Sampling audio dan membuat sinyal suara yang terdapat di dua kanal R dan L di gabungkan atau di sampling menjadi 1 Buah sinyal suara pada keluaran nya berjenis MPX AUDIO

Rangkaian OSCILATOR FM

Rangkaian Oscilator adalah rangkaian yang bertugas mengunci dan memancarkan sebuah sinyal frekwency pada frekwency yang kita inginkan dan banyak sekali macam nya seperti,Ocilator Colfit dan yang menggunakan Kristal serta PLL dan lain – lain pembahasan secara lengkap nya mungkin kita bahas lain waktu,di sini kita menggunakan yang banyak beredar di pasaran saja yaitu yang menggunakan koker sebagai penentu frekwency,kalu anda ingin membuat nya anda juga bisa membuat nya sendiri seperti yang pernah saya bahas di artikel di blog ini.

Rangkaian BOOSTER
Rangkaian ini bertugas menguatkan sinyal yang sebelum nya keluaran dari Oscilator dan di kuatkan oleh beberapa rangkaian Buffer dan di nasukan pada rangkaian booster ini,Besar kecil output dari pemancar di tentukan oleh final transistor dari booster ini,disini saya hanya menggunakan yang umum di pakai dan berdaya sedang saja,kalau kurang puas anda bisa membuat atau menambahkan rangkaian booster lain nya seperti pada beberapa rangkaian booster yang pernah saya posting.

Nah sahabat silahkan perhatikan gambar ilustrasi nya ,dan semoga postingan Cara Membuat Pemancar FM Stereo Sederhana dan susunan nya ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda,mungkin untuk sekedar eksperimen atau membuat pemancar lokalan untuk ngebrik dan juga studio komunitas yang akan anda buat,terimakasih atas kunjungan nya dan salam sukses




Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon

11:25 0
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamat datang di blog ini
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah komponen yang banyak sekali di gunakan pada projek elektronika,seperti pada beberapa rangkaian yang sudah saya posting di artikel – artikel sebelum nya,dan komponen yang satu ini memang sangat di butuhkan sekali untuk berbagai keperluan pada peralatan elektronik.

Nah komponen yang akan kita bahas dalam artikel ini yaitu  Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon,nah ngobrolin tentang komponen resistor memang banyak sekali sebenarnya jenis nya,seperti resistor film, resistor SMD, Resistor Kapur dan resistor jenis lain nya yang banyak dan panjang sekali kalau di bahas bisa panjang lebar,namun pada kesempatan kali ini kita hanya focus kan saja pada jenis resistor yang berjenis karbon.
Baca Juga :
Cara seting sound System Ruangan Sederhana
Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0
Cara merangkai Power amplifier dengan Active loudnes dan tone control

Resistor jenis karbon memang paling umum dan banyak di gunakan pada peralatan elektronik dan biasanya berwarna Kuning atau coklat dan dari segi ukuran nya ada yang ¼ - ½ watt dan sebagainya,Paling umum di gunakan biasanya menggunakan 4 buah warna atau gelang warna pada tubuh resistor ini,dan untuk membacanya di awali dari warna yang paling dekat pada ujung nya.

Namun ada juga yang menggunakan gelang warna lebih dari 4 dan tentu saja cara penghitungan atau membacanya sedikit berbeda,namun kita coba mempelajari yang paling mudah dulu dengan membaca yang 4 warna dulu,dan cara membaca nya cukup mudah dengan cara kita menghapal dulu susunan warna dan nilai angka nya dari mulai warna hitam 0 – sampai warna putih 9.
Baca Juga :
Cara Merangkai Interkom dengan Komplit
cara memasang speaker protector Pada Power Mono dan stereo
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor

 Untuk susunan warna dan panduan angka nya bisa melihat pada gambar ilustrasi,dan cara menghitung nya adalah Warna ke satu angka pertama >Warna Kedua Nilai angka kedua > warna gelang ketiga mewakili Perkalian seperti pada ilustrasi gambar pada post Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon ini.

Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon

Nah sekarang perhatikan Contoh Ukuran warna 100 Ohm dan 2k2 Ohm pada gambar yang saya sertakan dan cara membaca nya,cukup mudah bukan ,coba anda berlatih membacanya,dan hapal susunan warna nya,semakin banyak berlatih akan semakin gampang anda menentuka nilai komponen resistor ini.
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon
Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon

Sebenarnya banyak Jenis Resistor karbon ini yang umum dan lumrah dengan ukuran – ukuran yang standard di gunakan dalam merangkai peralatan elektronik baik audio ataupun peralatan lain nya,nah untuk memudahkan dalam setiap perakitan dalam membuat berbagai projek terutama yang di ulas di dalam blog ini,untuk anda yang pemula atau yang belum paham,di gambar saya sudah siapkan sebuah gambar kumpulan ukuran resistor yang paling umum di gunakan beserta kode warna gelang serta nilai ukuran nya.

Nah sahabat semua semoga Postingan kali ini yaitu Mengenal Kode Warna dan ukuran Resitor Karbon ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda,untuk jenis resistor lain nya mudah – mudahan bisa bisa kita posting di artikel lain nya ….salam sukses





Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout

11:18 0
Hai sahabat salam jumpa di blog kamarku ini,kembali di kesempatan ini ,yu kita membuat sebuah efek gitar buat kebutuhan sekedar iseng atau juga mengasah keterampilan hobby anda,dengan Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout yang sudah saya siapkan bagi para sahabat yang ingin berkreasi membuat efek gitar sendiri.

Di beberapa postingan terdahulu sudah banyak juga jenis – jenis efek gitar lain yang pernah saya posting dan anda bisa mencari di lable elektro atau juga di lable audio untuk melihatnya,sebenarnya asik juga ya kalau kita bisa membuat sendiri efek gitar ini dengan tangan kita sendiri,dan rasanya beda banget kalau kita berhasil membuat nya,di bandingkan dengan membeli yang sudah jadi.
Baca Juga :
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board
Cara seting sound System Ruangan Sederhana
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB

 Memang kalau di bandingkan dengan harga – harga efek yang sudah jadi harganya cukup mahal dan bisa merogoh kocek ratusan ribu bahkan bisa mencapai jutaan lho kalau memang efek nya yang lumayan sulit dan limited edition,tapi bagi anda yang suka dengan ngoprek atau otak atik secara sendiri biasanya cukup gatal untuk bisa membikin dengan tangan kita sendiri bukan,nah pada posting kali ini kita akan Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout
Baca Juga :
rangkaian audio amplifier PCB 30 Watt mono komplit
pcb layout Namec Tone Control
skema audio compressor dan layout Komplit
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout
Rangkaian efek gitar yang akan kita buat cukup sederhana dan cukup mudah meskipun anda adalah seorang pemula,karena komponen yang akan kita gunakan masih banyak dan umum di gunakan jadi tidak terlalu susah untuk mencarinya,tapi sebelum nya tentu saja anda harus membuat PCB nya terlebih dahulu,oleh karena itu anda bisa menggunakan panduan layout PCB Seperti gambar di atas.
Untuk Masking penempatan komponen nya anda bisa menggunakan panduan gambar berikut dan anda bisa mencetak nya pada bagian atas PCB
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout

Untuk Jalur Penghubung atau jalur tembaganya anda bisa membuat nya seperti pada gambar di atas.
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout
Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout

Untuk daftar dalam Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout ini adalah sebagai berikut :

Daftar Komponen :
Ic Opamp : CD4070
Potensio
B10K
B50K
A100K
Dioda
1n4148 ( 2 Buah )
1n4001 ( satu buah )
Transistor
MPSA13
Elco
22uf/16
100uf/16
Capasitor
100nf ( 4 Buah )
10nf
2,2nf
Resistor
100k ( 2buah )
10k ( 2buah )
100
470k

Nah sahabat semua selamat Membuat Efek gitar fnord stombox PCB dan Layout ini semoga bermanfaat dan salam sukses



Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board

11:11 0
Hallo sahabat semua ,kembali di blogkamarku.
Mempunyai sebuah efek gitar bagi seorang gitaris sebuah keharusan dan kebanyakan para gitaris dari mulai gitaris dunia mempunyai berbagai macam koleksi dan tentunya berbagai karakter sound yang di timbulkan dari efek gitar mobil – mobilan atau stombox ini memang mempunyai karakter secara tersendiri.

Walau pada saat ini sudah banyak sekali efek gitar yang menggunakan prosesor atau digital efek,tapi bagi sebagian orang tetap mempertahankan dan lebih suka memilih efek jenis ini dengan alasan bahwa suara dan karakter dari efek stombox memang berbeda,tidak sedikit dari musisi sering bekerja sama dengan para builder DIY efek untuk membuat costum dan signatur stombox nya secara tersendiri.
Baca Juga :
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB
Cara membuat Power Suplay Symetris 12 Dengan Transistor
Layout PCB Cross Over 3 way dengan IC 741

 Seperti pada kesempatan kali ini sahabat juga bisa membuat sebuah efek dengan tangan anda sendiri ddan bisa merasakan seperti apa karakter suaranya,serta untuk melengkapi efek gitar koleksi anda ,jadi anda bisa mencoba membuat Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board ini,untuk pembuatan nya juga tidak terlalu banyak membutuhkan biaya serta hanya sedikit saja komponen yang harus kita siapkan dan selanjutnya kita bisa rakit efek nya.
Baca Juga :
Cara membuat Power Suplay Untuk Gitar Effect
Cara membuat efek Gitar Blue Clipper Dan amstrong
Cara Membuat Power AMPLIFIRE TDA 2004 PCB layout

 Untuk membuat sebuah efek gitar dengan bagus anda bisa mencari atau meyediakan komponen yang berkualitas bagus,karena dengan penggunaan komponen yang biasa atau kurang berkualitas ,seperti yang pernah saya alami maka hasilnya agak kurang dari expektasi dan selalu ada kekurangan,lebih baik anda menggunakan kualitas yang terbaik agar hasil maksimal,seperti penggunaan komponen resistor berjenis resistor Film ,dan capasitor MPK atau MKM yang Bagus serta elco dan power suplay yang bersih.

Nah langsung saja pada penampakan Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board ini silahkan anda lihat di gambar ini dan nilai setiap komponen yang di butuhkan.
Penampakan atas sebagai berikut.

Penampakan untuk bagian mask atau penempatan komponen silahkan di cek ya.
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board

Untuk jalur pada tembaganya silahkan anda membuatnya dengan pola jalur berikut ini.
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board
Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board

Daftar Komponen Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board 
Potensio
100k ( Linear )
500k ( Logaritmik )
TRANSISTOR
BC547B
BC337
Capasitor
100nf
10nf
22nf
Elco
47uf/16v
10uf/16v
Dioda
1n4001
Resistor
4,7k
82k
470k
260k
1m
10k
22k
2m

Oke sahabat semoga anda berhasil membuat Layout PCB efek gitar Grease Box Pedal Board ini dan terima kasih atas kunjungan nya,sampai ketemu di postingan selanjut nya, salam sukses



Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0

17:52 0
Hallo salam jumpa sahabat dan selamat datang kembali di blog sederhana ini,pada kesempatan ini kita akan belajar memperbaiki sebuah kabel usb atau juga memperbaiki  conector berjenis USB ,namun tentu saja agar dapat memperbaiki sebuah kabel yang menggunakan usb sebagai konektor nya maka kita harus tahu dulu Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0

Koneksi USB memang sudah menjadi standard sebuah komunikasi data baik pada laptop ,harddisk atau penghubung media file satu perangkat dan lain nya agar bisa saling terhubung dan bisa kita gunakan,koneksi usb sampai saat ini menjadi sebuah media komunikasi antara port yang hampir terdapat pada peralatan elktronik dan multi media.

Lalu bagaimana apabila komunikasi antara port tidak berjalan sebagai mana mestinya,nah ini mungkin di akibatkan oleh sebuah masalah keruksakan yang terjadi pada penghubung data tersebut,bisa terjadi masalah di antara konektor nya yang sudah rusak atau kotor dan tidak terhubung,atau juga kabel penghubungnya ada yang terputus seperti yang pernah saya alami.
Baca Juga :
Cara merangkai Power amplifier dengan Active loudnes dan tone control
Cara Membuat Arus Dc 12 dan 5 Volt dari Arus Ac 220v
Layout Pcb Power stereo 2x 75 watt OCL



Nah untuk bisa memperbaiki sebuah kabel data yang menggunkan USB Sebagai penghubung nya maka kita harus ketahui data pin dan juga standard yang umum banyak di gunakan oleh karena itu sekarang kita coba ketahui Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0,agar bisa memperbaikinya.

Untuk membetulkan sebuah kabel data maka alangkah lebih baik anda menggunakan alat ukur yaitu avo meter untuk mengetahui apakah setiap pin kabel penghubung ada yang putus,coba kita ukur satu persatu setiap kabel nya,nah pada usb standard biasanya terdapat 4 buah kabel,jadi coba kita cek satu satu apakah terdapat jalur yang putus.
Baca Juga :
Layout PCB Membuat Tone Control stereo dengan IC 4558
Cara Merangkai Interkom dengan Komplit
cara memasang speaker protector Pada Power Mono dan stereo

 Untuk itu maka kita harus tau pin dan fungsi dari masing – masing kabel penghubungnya ,nah untuk itu sebagai panduan kita bisa melihat data pin usb yaitu

Pin 1 – Sebagai jalur + 5Volt ( Jalur sumber daya voltage )
Pin 2 – Port Data – ( Komunikasi data )
Pin 3 -  Port Data + ( Komunikasi data )
Pin – Sebagai Jalur Ground ( Ground 5Volt Voltage )


Untuk lebih jelas nya anda bisa melihat pada ilustrasi gambar yang sudah saya buat ,dan masing masing warna kabel penghubung port sesuai standard yang biasa banyak di gunakan seperti pada warna yang lain nya silahkan simak gambar nya.
Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0
Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0

Pada Port Male dan Female atau laki dan perempuan nya sama saja ,maka anda harus lebih perhatikan setiap jalur penghubung nya,nah coba anda ganti dengan kabel baru yang masih bagus dan mengikuti jalur atau susunan pin yang sudah di bahas di atas,maka masalah kita bisa selesai dan kabel penghubung bisa di gunakan kembali,dan semoga pembahasan Data Pin Usb dan Susunan warna kabel 2.0 ini bisa bermanfaat untuk anda para sahabat semua

Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB

17:38 0
Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamat dating,untuk anda para sahabat yang suka otak atik atau suka merangkaia perangkat audio dan pelengkap buat berlatih gitar tentunya sudah tidak asing bukan mengenal perangkat gitar efek stombox atau efek mobil mobilan,dan kali ini kita akan membuat sebuah rangkaian gitar efek yang di kalangan luar sudah di kenal dengan sebutan efek full tone OCD.

Nah pada kali ini kita akan belajar Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB,untuk kebutuhan para sahabat yang suka main gitar,danjuga melengkapi koleksi gitar efek yang anda punya,oh iya buat sahabat semua juga yang ingin mengoleksi beberapa koleksi rangkaian efek gitar bisa membuat dengan sendiri dengan beberapa rangkaian yang sebelum nya pernah di bahas di blog ini diantara nya
Baca Juga :
Cara membuat Power Suplay Untuk Gitar Effect
Cara membuat efek Gitar Blue Clipper Dan amstrong


Efek stombox atau efek mobil – mobilan memang di kenal dengan beberapa kelebihan nya di bandingkan dengan efek digital yang sekarang sudah banyak  dan beragam,selain mempertahankan karakter vintage atau klasik,karena pada efek gitar stomboks kita bisa ber kreasi sendiri dengan beberapa jenis rangkaian nya yang cukup sederhana dan bisa menggonta ganti jenis Op amp dan juga transistor final yang mempunyai karakter berbeda – beda.
Baca Juga :
Cara Membuat Power AMPLIFIRE TDA 2004 PCB layout
cara merangkai power amplifier Sound system Rumahan


Nah Pada Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB ini bisa anda buat tanpa kesulitan karena menurut saya rangkaian nya cukup sederhana dan juga tidak terlalu jelimet rangkaian nya,dengan mengatur pada tiga potensio  yakni Drive-Tone dan Volume anda bisa mengatur sesuai dengan karakter sound yang anda inginkan dan juga dengan tersedia switch 1 dan 2 bisa anda bisa memilih karakter suara nya.

Seperti biasa anda bisa sediakan sebuah baterai kotak untuk menguji rangkaian yang anda buat ini,serta jangan terburu buru untuk membuat nya agar tidak terjadi kesalahan ,dan juga sediakan semua komponen yang di butuhkan pada rangkaian ini.

Oke lanjut kita pada Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB,untuk gambar layout full dan juga gambar penampakan full nya silahkan simak gambar berikut ini.
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB

Untuk rangkaian masking atau untuk panduan penempatan silahkan anda buat gambar sesuai gambar berikut ini.
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB

Nah untuk jalur rangkaian atau jalur tembagasilahkan silahkan anda buat jalur nya seperti pada gambar yang sudah saya buat berikut ini.
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB
Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB

Untuk daftar komponen nya silahkan simak di bawah ini.
Potensio :
Drive – 500k ( Logaritmis )
Tone – 25k ( Linear )
Volume – 100k ( Linear )
Ic : TL 082 ( atau Persamaan nya )
Transistor : 2N7000 ( Dua Buah )
Dioda: ( 1N4001 ) /1 Buah
Capasitor : 100nf / 3 buah 
22nf – 1nf – 68nf – ( 1buah )
220pf – ( 2buah )
Elco :
10 uf/25v – ( 3Buah )
Resistor :
18k
10k (5Buah )
2,2k ( 2 Buah )
150k
33k
22k
1m
470k
39k
Naha sahabat itulah Cara Membuat Gitar Efek Full tone OCD sendiri layout PCB semoga berhasil dan salam sukses