Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA

Hallo sobat dan sahabat blogkamarku apa kabar ? salam jumpa kembali di blogkamarku, sahabat mungkin sudah pada tahu apa itu pemancar fm, yah pemancar fm adalah sebuah pemancar yang bekerja pada bidang frekwensi yang standard kita lihat di radio – radio konvensional antara 88 – 108 Mhz, FM Kepanjangan Dari Frekwency Modulation.

Kalau kita bandingkan jangkawan pemancar fm memang tidak sejauh pemancar - pemancar yang bekerja pada jalur SW atau MW Karena jalurnya yang tegak lurus,untuk informasi yang lebih lengkap tentang pemancar fm sobat akan dengan mudah mencari nya, baik melalui penelusuran pencarian di internet atau sobat bisa mencari lebih spesifik di wikipedia.

Namun pada kesempatan posting kali ini saya akan membagikan sebuah rangkayan yang sudah cukup lama atau bisa di kategorikan jadul, dan Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA mungkin kini sudah sangat sulit sekali untuk mencari nya, maka dengan itu dalam ke isengan dan ngisi waktu bengong saya di rumah, mencoba untuk me redisain beberapa rangkayan ataupu pcb yang sempat beredar di indonesia.


Mungkin buat anda para sobat yang sempat mencicipi kejayaan analog elektronik pada sekitar di bawah tahun 90an, kita tidak sulit menemukan komponen atau pcb rangkayan apa saja, karena mudah sekali kita temukan di beberapa toko elektro di daerah anda.

Pada saat ini dengan berkembangnya Era elektronik digital dan revolusi peralatan yang lebih di persimple,Pcb yang dulu sempat jaya akan sangat sulit kita temukan, paling dari sisa - sisa koleksi pribadi para Hobyst elektronik yang masih tersisa atau tersimpan di laci seperti


Baca : PEMANCAR RADIO ATAU TRANSMITTER FREKWENSI 27MHZ


Nah untuk itu saya ingin menyimpan sebagai arsip atau juga sebagai kenangan dari masa - masa kejayaan tersebut melalui postingan - postingan seputar PCB dan rangkayan elektronik lain nya pada blogkamarku.ini.

Dari beberapa Pcb yang sudah di kenal di pasaran itu saya redisain ulang untuk memudahkan sahabat dan sobat pengunjung blog ini, terutama anda yang hoby dengan utak - atik elektronik agar lebih mudah dan bisa mencoba membuat nya juga, sambil bernostalgia kembali.

pada kesempatan kali ini saya akan membagi deain layout dan juga PCB Serta nilai komponen dan penempatan nya juga, oh ya sobat semua, rangkayan yang kita buat ini sangat bagus apa bila sebelum nya kita pasang dulu Rangkayan :

Baca :ENKODER UNTUK PEMANCAR FM

Sebelum masuk pada rangkayan oscilator nya, namun tidak pun tidak apa - apa oke kita lanjutkan saja dengan melihat layout nya sebagai berikut.

Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA
Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA
Dan ini adalah versi Copy nya supaya lebih jelas

Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA
Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA
Dan di bawah ini adalah penjelasan komponen apa saja yang kita perluka :

Transistor
  1. FCS 9013
  2. FCS 9018
  3. C 930 X 2
  4. C 2053
  5. C 1971
RFC / COIL
  1. Koker 8mm
  2. kawat 0,4
  3. kawat 0,8mm 9 lilit spasi 3mm buat 2 buah
  4. R.330 Ohm dililit kawat full, kawat 0.2 Buat 2 Buah
  5. 13 lilit kawat 0,8 sapsi 3 mm di buat 2 buah
Variable Resistor
  1. 1 Buah 10k
Dioda
  1. IN 4001
Capasitor
  1. 1nF 4 Buah
  2. 22 pf 3 Buah
  3. 12 pf 2 Buah
  4. 10 nf 2 Buah
  5. 5 pf 2 Buah
  6. 100 nf 1 Buah
  7. 30 pf 1 Buah
  8. 2 pf 1 Buah
  9. Elko 1 uf 1 Buah
  10. Elko 47 uf 1 Buah
Resistor

  1. 15k x 3
  2. 47 x 2
  3. 150 x 2
  4. 22k x 2
  5. 5k6 x 2
  6. 15k
  7. 1k x 2
  8. 120
  9. 220
Silahkan sobat perhatikan penempatan komponen nya dan perhatikan baik - baik jangan sampai tertukar, dan pastikan dalam membuat nya jangan terburu - buru cek satu persatu dari rangkayan oscilator dan buffer serta boster nya apakah sudah bekerja dengan baik dan tidak ada masalah, semoga berhasil dan tetap semangat dan berkresi ya.....
terima kasih sudah mampir dan semoga artikel Membuat Pemancar Radio FM 15 WATT SIGMA ini bermanfaat untuk anda ,namun saya ingatkan ini tidak menjadi ukuran bahwa pemancar tersebut betul - betul mengeluarkan daya sebesar 15 watt pada kenyataan nya, banyak faktor yang mempengaruhinya, semoga bermanfaa......^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel