PCB RADIO PENERIMA AM

Hai sobat jumpa kembali  dan selamat datang , dan kali ini saya akan membahas membuat sebuah radio penerima pada jalur AM atau amplitude modulation,dan kali ini saya akan bagi sebuah layout PCB Yang pada masa beberapa tahun yang lalu sempat populer juga di kalangan hobiest atau yang suka dengan otak atik dalam rangkayan elektronik.

yap kali ini saya akan share sebuah PCB RADIO PENERIMA AM  yang beberapa waktu lalu di produksi oleh beberap produsen pcb seperti Ronica atau saturn dan menggunakan sebuah varco atau variable condensator sebagai pengarah gelombang nya, agar lebih melengkapi koleksi layout pcb pada blog ini maka saya redrawing atau di gambar kembali, sebagai koleksi buat sobat semua.



Pada saat sekarang ada jenis komponen termasuk susah di cari oleh sobat semua, amun bukan berarti bahwa menjadi penghalang buat kita dalam berkreasi untuk membuat sebuah penerima yang cukup lumayan sederhana dan bisa juga sebagai penerima untuk komunikasi anda yang suka berkomunikasi pada jalur AM ini,namun sebelum nya saya akan berbagi dulu apa itu Jalur AM ini.

Jalur AM ini banyak di pilih dan di sukai oleh para hobiest atau yang berkomunikasi di jalur ini karena berbagai kelebihan yang antara lain adalah sebagai jembatan komunikasi yang cukup jauh bahkan bisa mencapai beberapa puluh kilo meter dengan daya pemancar yang kecil saja.

Frekwensi AM Bekerja pada bidang frekwensi 500Hz sampai 1600KHz dan panjang gelombang 1600Khz sampai 30000Khz.
Gelombang Am ini akan semakin tinggi dari pagi hari menuju siang sampai malam akan semakin tinggi pula,namun tentunya beberapa kekurangan pada jalur ini adalah sinyal modulasi yang tentunya tidak seperti kualitas pada jalur FM, Oke sobat yang penasaran chekit out penampakan Berikut ini.

PCB RADIO PENERIMA AM
PCB RADIO PENERIMA AM
Dalam rangkaian ini kita sudah bisa langsung mendengarkan hasilnya dari sebuah penerima pada jalur AM ini karena di dalam nya sudah berikut atau di lengkapi sebuah amplifire berdaya kecil yang di bangun oleh sebuah Opamp Ic LM 386 Sebagai penguat audio.

Sedangkan untuk Maching dan tuning Frekwensi pada jalur yang di inginkan dibangun oleh sebuah Varco Plastik dengan ukuran 50 pf yang bisa anda cari di toko - toko elektronik, atau mungkin kalau agak susah anda bisa menggunakan bekas radio yang sudah rusak dan kita pergunakan lagi.

Untuk membangun sebuah penerima AM ini cukup simple dan hanya dengan sedikit komponen dan tidak terlalu banyak dalam penggunaan komponen nya, utuk daftar Komponen yang harus anda persiapkan yaitu sebagai berikut :

Resistor : 5 Buah

  1. 470
  2. 10
  3. 1k5 2 buah
  4. 100k
VR / Potensio : 5 K
VC VARCO : 500PF

Capasitor :
  1. 50nf
  2. 100nf
  3. 20nf
  4. 10nf
Opamp : IC LM 386 - IC ZN 414

Elko : 
  1. 220uf 2 Buah
  2. 10 uf
  3. 1 uf
Dioda IN4148 / 2 Buah

Untuk Membuat Lilitan atau Spul anda bisa menggunakan kawat email ukuran 0,3 mm di lilit pada sebuah ferit sebanyak 45 lilit dan lebar diameternya 14mm , dan selalu hati - hati dalam pembuatan nya, karena ini juga berpengaruh dalam hasil akhirnya.

Oke sahabat semua silahkan anda berkreasi dengan layout di atas,mohon maaf saya belum bisa posting skema layoutnya dan mudah - mudahan bisa menyusul di postingan yang lain.

terima kasih sudah mampir dan membaca postingan PCB RADIO PENERIMA AM ini semoga bermanfaat buat anda semua dan sampai jumpa di postingan yang lain nya, tetap berkreasi dan keep happy and always smile Cheeeerrrrz ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel