Mengetahui cara kerja transformator

Hai sobat dan para pengunjung seluas dalamnya kembali diblog kamarku ini,untuk anda seorang pemula atau yang baru saja mengenal dan terjun dalam bidang dunia elektronik pasti kita akan bertemu dan dengan komponen vital yang satu ini yaitu transformasi atau ada yang bilang adaptor.

Nah yu kita simak Mengetahui cara kerja transformator yang akan kita ulas dalam artikel ini yang sedikit banyak akan menjelaskan bagaimana dia bekerja, transformator bekerja dengan mengubah tegangan listrik menjadi lebih tinggi atau lebih rendah jadi kita bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.
Mengetahui cara kerja transformator
Mengetahui cara kerja transformator

Fungsinya adalah apabila kita alirkan sebuah arus Ac atau alternating curent maka pada arah sebaliknya keluar arus searah atau Direct curent atau pada transformator stepup itu sebaliknya.Dalam transformator terdapat dua bagian gulungan yaitu primer dan sekunder yang di buat oleh gulungan lilitan kawat email yang satu sama lain tidak berhubungan dan memanfaatkan gelombang magnet yang di akibatkan oleh arus dengan media inti besi sebagai jembatan nya.

Kelebihan besi adalah sebagai penghantar yang baik di bandingkan dengan inti udara untuk melakukan penurunan tegangan adalah dengan cara di bantu dengan cara melilit sejumlah kawat email untuk lilitan sekunder, semakin banyak lilitan sekunder nya maka semakin tinggi pula tegangan keluaran nya.
Baca juga :
Cara menyambung mixer ke amplifier audio
apa sih Perbedaan tape double din dan single din pada audio mobil

Beberapa jenis trafo atau transformator yang banyak di jumpai pada pesawat elektronik adalah sebagai berikut :

Transformator stepup 
Transformator stepdown
Transformator frekuensi 

Beberapa transformator lain nya banyak sekali namun kita bahas sedikit saja beberapa transformator yang saya sebutkan di atas di antara nya untuk kegunaan berbagai keperluan
Seperti stepup transformator untuk menaikan tegangan rendah menjadi lebih tinggi
Transformator stepdown biasanya di gunakan untuk kebutuhan peralatan elektronik seperti power amplifier atau peralatan elektronik rumahan seperti radio, tv tape recorder  dll.
Transformator frekuensi atau if frekuensi di gunakan untuk keperluan pada pemancar atau pada penerima pesawat radio yang banyak beredar di Indonesia baik pada jalur sw hingga fm.
Baca juga :
Persamaan transistor dan susunan kaki nya
Mengetahui apa itu Power BTL ( Bridge Tied Load )
Nah para sobat sekarang sedikit lebih tau tentang Mengetahui cara kerja transformator untuk keperluan dalam bidang elektronika bukan dan semoga sedikit pembahasan nya bisa berguna untuk para sobat semua.

Untuk penunjang transformator maka kita membutuhkan sebuah rangkaian power suplay dan anda bisa membuat nya diantaranya bisa mencoba membuatnya sendiri beberapa rangkaian berikut :

Oke sobat semoga artikel ini yaitu Mengetahui cara kerja transformator bisa bermanfaat untuk semuanya semoga sukses dan bisa membuat projek anda jadi berhasil....... Salam sukses 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

.

Iklan Bawah Artikel