alat alat servis hp wajib buat belajar service

Hallo sahabat semua ,salan jumpa kembali di blog ini,pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai apa saja alat alat servis hp wajib buat belajar service yang harus minimal anda kuasai atau kita punya,tapi tidak harus wajib juga sih,yang penting ada kemauan kok.
Oke kita langsung saja ya apa saja kah yang harus kita persiapkan untuk belajar service dasar ,dan dengan berlatih tentu anda akan menjadi seorang yang mahir.
Peralatan Servis Ponsel ini beberapa saya rangkum di antara nya adalah.
alat alat servis hp wajib buat belajar service
alat alat servis hp wajib buat belajar service

Obeng Khusus 
Bentuk dan ukuran kepala baut pada ponsel berbeda dengan bentuk baut biasa. Karena itu, untuk melepas atau mengencangkan baut ponsel dibutuhkan obeng khusus. Sepaket obeng khusus terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran mata (ujung) obeng.
Pinset (Penjepit)
Pinset digunakan untuk mengungkit, menjepit, menta. ataupun memasang komponen ponsel yang berukuran kecil
(mikro).

BGA (Ball Grid Array) 
Plat Alat ini digunakan untuk mencetak kaki-kaki lC yang telah rusak. Bahan yang dibutuhkan untuk mencetak kaki-kaki ic adalah timah cair.

Tool-set 'Siemens' 
Berbeda dengan pabrikan ponsel lainnya, bentuk bautdan klip casing ponsel pabrikan Siemens hanya dapat dibuka mengunakan toolkit Siemens. Sebagai catatan, pada jenis ponsel Siemens keluaran terbaru sudah tidak membutuhkan toolset Siemens lagi.
 Baca Juga :
mesin hp dan bagian - bagian komponen penunjang nya
Mengetahui Cara Kerja transformator
Lampu Duduk dan Lup
Lampu duduk diperlukan untuk memberi penerangan saal melakukan pengecekan atau perbaikan ponsel. Selain itu memudahkan pemasangan komponen-komponen ponsel yang berukuran kecil dibutuhkan lup atau kaca pembesar. Unt kebutuhan para teknisi, saat ini sudah tersedia beberapa ini lampu duduk yang dilengkapi dengan kaca pembesar.
alat alat servis hp wajib buat belajar service
alat alat servis hp wajib buat belajar service

Multimeter 
Multimeter atau multitester atau AVO meter digunakan untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan listrik. Multi-meter terdapat dua macam, yaitu multimeter digital dan analog.
Perbedaan keduanya terletak pada tampilan nilai yang terukur. Pada multimeter digital, besaran atau nilai terukur ditunjukkan oleh LCD (liquid cristal device)
sedangkan pada multimeter analog ditunjukkan oleh jarum. Pada servis ponsel, multimeter digunakan untuk mendeteksi kondisi rangkaian dan komponen-komponen ponsel, apakah normal atau tidak. ' Pengecekan seperti ini perlu dilakukan untuk mengetahui letak kerusakan (hardware) ponsel. Dengan kata lain, kita sudah mengetahui secara pasti letak kerusakannya sebelum mengganti dengan komponen yang baru.

Solder Uap (Heat Blower) 
Solder uap digunakan untuk melelehkan timah solder pada kaki-kaki komponen agar proses penggantian komponen ponsel (khususnya IC) lebih mudah. Selain itu, solder uap dapat digunakan untuk membersihkan sisa timah yang menutupi lubang kakikaki komponen. Cara mengangkat komponen dengan cara mengembuskan udara panas yang keluar dari solder uap pada bagian kaki-kaki komponen yang disolder. Kemudian, dari arah yang berbeda, komponen digerak-gerakkan secara perlahan menggunakan pinset agar mudah dilepas. Setelah komponen diangkat, bersihkan sisa timah yang menutupi lubang kaki komponen menggunakan ujung pinset(proses blow).

Solder Elemen (Filamen) 
Berfungsi menyolder kaki-kaki komponen. Energi panas solder elemen (filamen) diperoleh dari listrik yang mengakibatkan filamen pemanas membara sehingga ujung metal solder dapat melunakkan timah patrian.

Mobile Phone Test Box atau Penjepit PCB 
Alat dapat menjepit PCB ponsel sehingga pengecekan dan perbaikan PCB lebih mudah dilakukan. Pengecekan dan perbaikan tersebut untuk mengatahui apakah jalur-jalur dan komponen ponsel dapat bekerja dengan benar. Setelah hasil pengecekan sempurna, PCB dapat dipasang kembali pada bodi ponsel.

Power Supply Tester 
Alat ini berfungsi sebagai pengganti catu daya ponsel (baterai) yang dapat diatur sesuai kebutuhan tegangan ,operasional ponsel. menghasilkan tegangan searah guna berbagai pengujian pada ponsel

Tornado box 
Alat ini digunakan untuk memperbaiki kerusakan software ponsel. Tornado box dapat digunakan setelah dilakukan penginstalan software UFSx Torando pada PC. Kerusakan soft' ware ponsel yang dapat diatasi menggunakan software dan hardware Tornado antara lain ponsel pabrikan Motorola, Sony Ericsson, Samsung, dan Nokia (versi DCT3, DCT4, dan DCTL).

Griffin Box 
untuk memperbaiki kerusakan software penggunaannya hanya terbatas untuk Ponsel Nokia (versi Dcn . DCT4, dan DCTL).

Kabel Data 
Kabel data merupakan alat penghubung antara PC dan ponsel yang digunakan untuk keperluan perbaikan software ponsel dan aplikasi download fitur ponsel seperti ringtone, wallpaper, atau sejenisnya.

Kabel Flash 
Serupa dengan kabel data, hanya saja kabel flash kompati dengan peralatan flasher, seperti Tornado box, Griffin box, atau Phoenix Black box.

Frequency Counter 
Alat untuk mendeteksi besaran frekuensi terutama kerusakan pada sinyal RF (radio frekuensi) yaitu bagian penerima dan pembangkitan frekuensi pada semua jenis ponsel.
Dan masih banyak tool aplikasi sesuai dengan kebutuhan dari handphone yang kita perbaiki.
Untuk tool nya anda bisa googling dan cari di internet banyak bertebaran
Sedangkan untuk bahan - bahan pelengkap nya anda bisa simak di bawah ini.
Baca Juga :

Kode Negara Iphone asal pabrik pembuatan nya

alat alat servis hp wajib buat belajar service
alat alat servis hp wajib buat belajar service

Bahan Servis Ponsel 

Timah 
Bahan ini digunakan untuk menyolder komponen ponsel. Terdapat dua macam timah, yaitu timah padat dan cair. Timah padat digunakan untuk menyolder kaki-kaki komponen pada lempeng PCB ponsel, sedangkan timah cair digunakan untuk mencetak ulang kaki IC atau jalur rangkaian yang rusak.

Songka (Arpus) 
Bahan cair ini dapat digunakan untuk melunakkan patrian timah sehingga dapat melindungi komponen dari suhu panas yang berlebih pada saat proses blow.

Pasta solder (Lotfet) 
Lotfet dapat digunakan untuk membersihkan ujung metal solder dan melunakkan patrian timah. Selain itu, pasta solder sering digunakan untuk memasang komponen agar tidak bergerak dari dudukannya (PCB) sebelum disolder.

Cairan Pembersih IPA (Iso Propanol Alkohol) 
Dapat digunakan untuk membersihkan karat dan bekas songka (arpus) yang tertinggal di permukaan PCB.
Oke sahabat semua semoga pembahasan kali ini yaitu mengenaialat alat servis hp wajib buat belajar service ini bisa bermanfaat dan menambah informasi para sahabat yang ingin terjun lebih dalam dan menjadi seorang ahli dalam memperbaiki handphone...selamat belajar dan salam sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel