Cara membuat antena pemancar 2 meteran

Blogkamarku.com - Hallo sahabat semua salam jumpa, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas sebuah artikel Cara membuat antena pemancar 2 meteran yang sangat mudah dan simpel di buat untuk anda para hobby yang bergerak dalam jalur bidang frekwensi sebagai alat komunikasi atau sebagai hobby saja.

Perlu anda ketahui bahwa fungsi dari sebuah antena adalah sebagai media  atau tugas pokok nya meradiasikan sinyal frekwensi dari pemancar ke segala penjuru dengan seorang efektif dan sedikit efisien mungkin,jadi antena dalam pemancar itu sangatlah penting dan vital guna menunjang daya pesawat agar lebih optimal.

Jadi alangkah lebih baik nya kita membuat dan menggunakan nya sesuai kebutuhan dari pemancar yang kita punya ,semisal kita punya pemancar yang beroperasi di 80 meteran atau di jalur 2 meteran,dan tentu saja kita harus menyediakan apa saja kebutuhan dari antena yang akan kita buat seperti pada kali ini yaitu Cara membuat antena pemancar 2 meteran yang beroperasi pada jalur 2 meteran.

Baca juga :
skema pemancar fm mini Full layout
Cara membuat Booster Pemancar fm 1970 dan 1971
skema pemancar fm mini Dan layout PCB Komplit
Nah pada kali ini kita akan membuat antena berjenis vertikal dan antena ini sangat cocok apabila kita terapkan dalam kondisi darurat karena mudah dalam pembuatan nya dan efektif serta efisien pada jalur 2 meteran atau 144MHz lalu bahan apa saja yang kita perlukan dalam pembuatan nya

Batang tembaga atau aluminium pipa juga dapat kita gunakan 
Kawat email ukuran 2 mm 
Kabel koaksial 50 Ohm

Sedangkan ukuran dari antena ini adalah 1,2 Meter Diameter tembaga atau pipa aluminium nya 3,1 mm dan lilitan email nya terdiri dari 7 Lilit serta diameter kumparan nya 1,2 Cm serta panjang 1 inchi ,untuk lebih jelasnya Cara membuat antena pemancar 2 meteran silahkan lihat pada gambar di bawah ini.
Cara membuat antena pemancar 2 meteran
Cara membuat antena pemancar 2 meteran

Baca juga :
Lay Out PCB Bosster Pemancar FM 25 Watt Untuk Pemancar komunitas
PCB Layout Driver Untuk Booster Pemancar Fm 25Watt
Untuk penyetelan atau cara setting nya adalah dengan mengatur atur kumparan lilitan yang terdapat di skema nya,pencanangan terdapat 2 lilit dari Titik grounding ,pencanangan dapat di ganti ganti atau tap nya kita rubah ,apabila belum mendapatkan hasil yang maksimal ,untuk kabel penghubung pada pemancar di gunakan kabel koaksial 50 Ohm yang kita kupas ,dan pada bagian intinya kita hubungkan ke tap dari lilitan, sedangkan kabel selubung nya kita hubungkan pada bagian lilitan yang terkoneksi dengan tanah atau grounding .

Untuk penyetelan lebih maksimal kita bisa menggunakan juga beban tiruan atau dummy load serta menggunakan vswr agar bisa mengetahui kekuatan dan ketepatan dalam seting antenanya supaya daya keluaran bisa maksimal bisa di pancarkan dari pemancarnya.
Nah sahabat bagaimana cukuk mudah dan simpel bukan ,Cara membuat antena pemancar 2 meteran ini,jadi semoga and a cukup terbantu dalam pembuatan nya.... semoga berhasil dan salam sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel