Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup


Blogkamarku.com-Hallo sahabat serta agan agan semua salam jumpa dan selamat datang di blog kamarku ini, pernahkah anda menemukan sebuah masalah ketika dalam merakit sebuah modul MP3 tiba tiba kok saat di buka volume potensio agak besar mendadak si modul itu meredup atau mati dan terkadang nyala kembali.
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup

Nah seperti pada pembahasan kali ini yaitu Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup bisa anda coba seperti yg dulu sempat saya alami juga karena keteledoran dan tidak memperhatikan beberapa hal penting yg harus nya di lakukan , untuk menghindari kesalahan

Namun tentunya bagi anda yang sudah ahli tentu sangat gampang dan saya kira tidak terlalu penting tulisan ini,mungkin ini sangat cocok untuk para pemula seperti saya.

Modul MP3 yang ada di pasaran memang banyak sekali pilihan nya dan harga nya pun beragam,dari yang mahal-mahal dan yang sedang saja bahkan mungkin ada yang cukup murah apabila anda para sahabat pintar mencari penjual yang bersahabat , contoh nya anda juga bisa berbelanja di beberapa toko online,mungkin ada yg menjual kisaran 35 sampai 60 Ribu.

Permasalahan yang harus kita cermati bagaimana Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup ini adalah dengan cara mengamati dulu dan kita ketahui jenis modul nya, apakah sudah tersedia atau terpasang sebuah IC regulator yang biasanya berbentuk kecil atau komponen SMD .
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup

Apakah membutuhkan daya sekitar 12 Volt atau 5 Volt itu bisa kita bedakan dengan IC yang terpasang pada modul ,dan bahkan ada juga yang belum di lengkapi dengan IC regulator.
Baca Juga :
Cara pasang Power mini PAM 8403 Berikut hasil ulasan nya
ukuran potensio untuk power amplifier dan perbedaan suara potensio 50k dan 100k
cara pasang volume pada power dengan rangkaian Master Mixer stereo
Sering kali kondisi modul MP3 player mati hidup ini disebabkan oleh rusaknya IC dan bisa mengakibatkan Mati total,coba sahabat ukur tegangan keluaran nya dengan Avi meter dengan skala pengukuran DC volt,kalau normal dan tidak ada masalah kita lanjutkan ke pemeriksaan bagian power suplay nya apakah mengeluarkan tegangan stabil atau biasanya tidak normal atau kurang Amper.

Gejala seperti ini pernah saya alami dan ternyata kasus nya sungguh sangat simpel mungkin sahabat bisa mengambil tips dari kasus yang saya alami,jadi ceritanya seperti ini :
Untuk tegangan saya kasih 12 Volt dari 1.Buah trafo dengan arus 1 Amper CT lalu selanjutnya di stabilkan dengan dioda 2 Amper dan satu buah elko ukuran 4700 uf 25 v ,dan selanjutnya saya menggunakan IC regulator penyetabil tegangan 12 v yaitu IC 7812 lalu saya bagi untuk kebutuhan modul MP3 dan juga power amplifier yang cukup mini yaitu Power PAM dengan daya 5 Volt.
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup
Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup

Untuk kebutuhan itu dari 12v saya turunkan dulu di sesuaikan dengan kebutuhan dari power ini dengan menggunakan IC regulator 7805 baru saya masukan pada suplay power nya, ketika di hidupkan di volume kecil normal normal saja tanpa kendala, namun pada saat volume di arah jarum 11 ternyata modul MP3 player mati hidup dan kayak kurang tenaga gitu.
Baca juga :
Mini amplifier Mono TEA 2025B Sederhana Layout PCB
5v amplifier Audio Layout Komplit Karya Wicaxlab
passive tone control circuit pcb Guitar
Akhirnya saya lepas dan kali ini penasaran ya udah saya kasih suplay masing masing dengan trafo terpisah,jadi pada power satu dan pada modul satu
Tapi dengan di kasih regulator yang sama,dan saat di coba, hasilnya masih sama saja, ya udah akhirnya saya coba cek kembali apa sih masalah nya dan bagaimana Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup kayak gini.

Percobaan pun di lakukan dengan coba coba aja dan berharap mendapatkan hasil yang maksimal,lalu selanjutnya saya coba lepas tuh IC 7812 di regulator dan saya pasang langsung dan ternyata ekh kok berhasil ya...wah senang banget di coba full pun ga ada gangguan sama sekali.

Ternyata dari ketidak Tahuan saya juga waktu itu,karena sebelumnya saya pasang merk lain dan kali ini di modul MP3 nya sudah terpasang IC regulator yang fungsi nya menurunkan sesuai kebutuhan dan bentuk nya beda jadi ga tahan.

Ternyata dengan mengumpankan langsung tanpa di beri IC regulator langsung dari 12volt sudah cukup mengatasi permasalah ini,dan gejalanya tidak kembali timbul dan ternyata ini juga bisa mengatasi untuk modul yang lain nya seperti modul bluetooth juga bisa kita atasi juga mendapat kan masalah yang sama.

Oke sahabat semuanya semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang kebetulan mengalami hal yang sama dengan Cara mengatasi modul MP3 player mati hidup yang saya sudah alami ini .. semoga berhasil dan salam sukses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel