Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika


Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang kembali di blog sederhana ini,pada kali ini saya ingin berbagi sebuah Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika yang sangat mudah di lakukan apa bila anda mengetahui cara pemasangan nya dengan betul dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja,seperti pada penjelasan yang saya tulis di artikel ini.

Sebuah modul MP3 sekarang cukup banyak di jual di pasaran dan dari harga nya pun beragam dari mulai di atas 30.000 an atau bisa lebih mahal mungkin tergantung lokasi dan kualitas kali ya...namun buat anda para sahabat yang baru belajar saya sarankan untuk menggunakan yang cukup lumayan saja,tidak terlalu mahal dan tidak murahan, biasanya berkisar antara harga 35.000 sampai 40.000 lah seperti yang bisa kita lihat harga nya di beberapa toko online.

Biasanya banyak merk nya tapi kebanyakan sih Rayden yang di jual umum,tapi ga tau kalo di tempat para sahabat semua, mungkin ada merk lain nya yang lebih bagus lalu apa saja sih keperluannya untuk praktek Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika ini.

Oke langsung saja yang pasti kita membutuhkan sebuah modul MP3 dong dan selanjutnya kebutuhan lain nya,ya udah kita bikin list dulu apa saja kebutuhan nya:
Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika
Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika

1.Mp3 modul player

2.Power suplay ( Bisa trafo atau switch ingin seperti Casan hp )

3.tone control ( optional bisa di pake atau tidak seperti untuk pengaturan bass treble atau balance )

4.Power amplifier untuk mendorong modul ini agar bisa terdengar di speaker dong ( bisa daya kecil atau besar tergantung sobat punya nya yang mana )

5.Solder dan timah untuk menyolder

6.Kabel sesuai dengan kebutuhan.

Oke langkah selanjutnya Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika ini adalah memberi tegangan dengan power suplai,bisa dengan trafo yang sudah di kasih regulator seperti IC 7812 dioda dan Elco atau bisa menggunakan Casan bekas hp yang paling bagus gunakan yang punya arus minimal 1 Amper.

hubungkan jalur Vcc + atau positif pada jalur + modul begitu juga dengan jalur ground nya kita hubungkan juga.

Lalu sekarang hubungkan jalur out put dari modul MP3 player ini ke bagian input power amplifier atau jalur input tone control ,jangan lupa juga pasang jalur input pada modul di solder pada Jack RCA untuk kebutuhan audio input dari perangkat lain seperti hp dll.

Jangan lupa hubungkan juga jalur antena pada antena yang sobat punya seperti antena telescopic radio,Oh ya untuk lebih detailnya sobat bisa melihatnya di Chanel you tube saya dengan nama Chanel Blogkamarku nanti akan di buatkan detail pemasangan nya,jangan lupa subscribe ya.

Nah apabila semua sudah terpasang dengan betul coba cek ulang jangan sampai terbalik dalam pemasangan nya,lalu coba anda hidupkan dan hubungkan dengan jalur listrik dan power amplifier serta coba buka volume pada amplifier atau tone control anda apakah sudah terdengar suaranya....

Kalau sudah benar maka suaranya akan terdengar di speaker dan anda bisa coba dengan mencoba membaca flashdisk nya pada modul ini,Nah sahabat semuanya semoga Cara merakit modul MP3 pada rangkaian elektronika ini bisa bermanfaat buat anda dan selamat mencoba

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel