Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt

Blogkamarku.com – Hallo sahabat semua selamat datang dan salam jumpa
Pada sebuah projek elektronik ,membuat sebuah catu daya atau power suplay memang sangat di perlukan sebagai penyuplay tegangan dan memberikan daya agar perangkat elektronik yang kita buat bisa bekerja ,maka hampir pada semua perangkat elektronik pasti membutuhkan rangkaian power suplay terutama pada perangkat perangkat elektronik audio kebutuhan rumah,selain bekerja untuk menurunkan tegangan atau sebagai step down power suplay juga mengubah tegangan AC menjadi DC.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt  dengan satu buah trafo atau adaptor saja,dimana rangkaian ini berguna jikalau dalam perakitan perangkat elektronik yang kita buat atau rangkaian nya membutuhkan beberpa teganggan yang berbeda Volt nya,sebagai contoh misalkan anda membutuhkan tegangan 12 Volt untuk Modul Mp3 dan 5 Volt untuk tegangan Power yang anda buat,maka kebutuhan kita jadi dua tegangan.
Baca Juga :
portable headphone amplifier PCB Layout
class d amplifier Apex PCB D2000
Untuk mengatasi hal itu maka kita bisa membuat nya dengan satu power suplay tapi mampu memberikan beberapa keluaran tegangan yang di butuhkan,dan sebenar nya mungkin anda yang sudah ahli sudah hafal betul jadi kita bisa tambahkan beberapa IC regulator teganggan sesuai dengan kebutuhan saja.

Tapi buat anda yang baru belajar atau pemula anda bisa melihat atau membuat yang sedehana dulu seperti Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt yang akan kita bagi dua kebutuhan tegangan saja yaitu 12Volt dan 5 Volt.

Baca Juga :
Power Class D Mini PAM 8610 yang Mungil Berkualitas
Membuat Power Mini amplifier Gain Clone dengan LM1875 dan TDA 2005

Rangkaian ini menggunakan Trafo atau Adaptor dengan tegangan Symetris serta bisa menggunakan adaptor Single Supplay dengan menggunakan 4 dioda,namun pada layout yang  kita buat sedangkan untuk penampakan dari Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt seperti pada gambar berikut ini.
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt 

Untuk panduan dalam pemasangan komponen anda bisa menggunakan pola atau tata letak komponen seperti pada layout yang sudah di buat untuk pola gambar nya seperti berikut ini.
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt 

Untuk membuat pola jalur anda bisa menggunakan pola layout untuk bagian tembaganya seperti pada gambar berikut ini,dan anda bisa mencetak atau membuat dengan metode yang sahabat anggap paling mudah.
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt
Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt 

Sedangkan Untuk Daftar Komponen nya anda bisa Membuat List dan Menyiapkan nya untuk Pembuatan Dari rangkaian ini :


    • Trafo   : Double atau Engkel 1 / 2 Amper
    • Dioda  : 1 atau 2 amper ( 1N5402 ) / 2 Buah
    • IC        : LM7812 / LM7805
    • Elco     : 4700/50Volt 

Nah sahabat semoga pembahasan kita kali ini yaitu tentang Cara Membuat Regulator Dc 12Volt dan 5 Volt  bisa bermanfaat untuk para sahabat semua selamat mencoba dan salam sukses….




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

.

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel